√Tanda Tanda Demensia Kucing©

Diposting pada

Demensia Kucing – Kenali Tanda-Tandanya dan Pengobatannya – Tidak seorang pun dari kita ingin memikirkan penyakit yang datang bersama usia tua termasuk yang muncul pada hewan peliharaan kita. Sebagian besar orang tua hewan peliharaan tidak menyadari bahwa anjing dan kucing yang lebih tua dapat mengembangkan demensia, seperti yang dapat dilakukan orang.

Tanda Tanda Demensia Kucing

Sementara sedikit penelitian yang telah dilakukan pada subjek, penting untuk memahami tanda-tanda demensia kucing, serta pilihan perawatan potensial.


A. Apa itu Kucing Demensia?

Sindrom Disfungsi Kognitif Feline (CDS) sebanding dengan demensia atau penyakit Alzheimer pada manusia. Tidak diketahui berapa banyak kucing yang mengalami CDS, tetapi risikonya meningkat begitu kucing berusia 10 tahun atau lebih. Spesialis hewan juga tidak yakin mengapa demensia muncul pada beberapa kucing dan bukan yang lain, tetapi faktor genetik kemungkinan memainkan peran.


B. Tanda dan gejala demensia kucing

Tanda-tanda demensia pada kucing umumnya mulai ringan, secara bertahap memburuk dari waktu ke waktu. Ini dikenal sebagai penurunan kognitif. Gejala kucing demensia dapat meliputi:


  1. Suara Melolong atau Aneh

Vokalisasi meningkat atau berlebihan telah diamati pada kucing dengan CDS. Ini mungkin terkait dengan kebingungan umum atau disorientasi lingkungan mereka, terutama dalam gelap.

Jackson Galaxy, AKA Cat Daddy, menawarkan anekdot terkait tentang salah satu kucing senior sebelumnya: “Ketika lampu mati di malam hari sebelum tidur, [dia] akan mulai berteriak seperti anjing laut yang terluka … Saya merasa ‘anjing lautnya di bawah’ adalah sebuah cerminan dari rasa takut yang paling mendasar yang berbatasan dengan penyiksaan.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Penyakit Pada Kuku Kucing©

Hubungannya dengan wilayahlah yang terancam. Dan saat itulah saya menyadari pasti itu lebih dari sekedar ‘kehilangan penglihatan’ yang terjadi. Pada hewan mangsa mana pun pada umumnya dan kucing khususnya kehilangan mojo teritorial itu berubah menjadi panik dalam sekejap. ”


  1. Buang Air Kecil atau Besar Di Luar Kotak Sampah

Kebiasaan kotak kotoran bisa berjalan di pinggir jalan dengan kucing demensia. Karena kucing sangat cerewet menggunakan kotak kotoran yang bersih, pertama-tama pastikan masalahnya tidak berasal dari kotak kotoran yang kotor. Jika kucing Anda buang air kecil atau besar di tempat-tempat aneh di sekitar rumah, ini mungkin merupakan tanda penyakit.


  1. Kecemasan, Lekas Marah, dan atau Gelisah

Anda mungkin menemukan bahwa kucing senior gelisah di malam hari, terutama jika ia kehilangan penglihatannya. Dia mungkin menjadi gelisah atau bingung ketika semua orang pergi tidur. Dan secara umum, dia mungkin terlihat rewel atau mudah marah. Ini bisa jadi karena tidak mengenali anggota keluarga atau merasa stres bahkan dalam kondisi paling normal sekalipun.


  1. Menjilat Berlebihan atau Kurang Perawatan

Kucing kurang lebih cermat dalam merawat diri mereka sendiri. Perhatikan jika Anda melihat kucing menjilati dirinya sendiri atau benda lain secara berlebihan (bahkan Anda!). Di ujung lain dari spektrum, biasanya memprihatinkan jika ia telah berhenti atau mengurangi perawatan dirinya sendiri.


  1. Kehilangan Selera Makan

Sayangnya, kucing dengan CDS mungkin lupa makan. Jika Anda memperhatikan makanan kucing Anda sering tidak tersentuh atau berat badan kucing Anda turun, ini adalah tanda yang pasti bahwa ia perlu mengunjungi dokter hewan.


  1. Peningkatan Tidur atau Perubahan dalam Siklus Tidur

Akhirnya, perhatikan apakah kucing senior Anda tidur lebih dari biasanya, tampak lamban, atau menunjukkan perubahan dalam siklus tidurnya.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Ciri-Ciri Kucing Stres©

C. Diagnosis dan Pengobatan Demensia Kucing

Jika Anda melihat salah satu gejala di atas pada kucing Anda, berapa pun usianya, buat janji dengan dokter hewan. Semua tanda-tanda demensia kucing dapat dikaitkan dengan penyakit atau kondisi lain, terutama buang air kecil atau besar di luar kotak kotoran.

Dokter hewan Anda kemungkinan akan melakukan pemeriksaan fisik, melakukan tes darah, dan melakukan ultrasonografi dan sinar-X. Begitu ia mengesampingkan penyakit yang terkait dengan gejala yang ditunjukkan, mereka mungkin menentukan bahwa kucing Anda menderita CDS.

Seperti halnya demensia dan penyakit Alzheimer pada manusia, tidak ada obat untuk demensia kucing. Namun, Anda dapat meningkatkan kualitas hidup kucing dengan banyak cara:

  • Bicaralah dengan dokter hewan Anda tentang menerapkan diet khusus dan seimbang untuk meningkatkan fungsi kognitifnya
  • Memuat nutrisi dan suplemen yang dikenal untuk mendukung kesehatan otak: vitamin B12, SAMe (S-adenosyl-L-metionin), vitamin E dan C, selenium, flavonoid, beta karoten, karotenoid, Omega-3, dan karnitin
  • Mulai (atau lanjutkan) rutinitas olahraga dan bermain harian, yang dapat membantu memperlambat perkembangan penurunan kognitif
  • Buat dia tetap terstimulasi dengan mainan catnip, teka-teki makanan, rumput kucing, dan tempat menonton jendela
  • Jadikan “dasar” lebih mudah diakses, seperti menambahkan mangkuk makanan dan air ekstra atau kotak sampah tambahan di sekitar rumah
  • Biarkan lampu menyala atau colokkan lampu malam untuk kucing Anda jika ia tampak bingung atau cemas di malam hari

D. Bisakah Mencegah Kucing Demensia?

Anda mungkin dapat menangkal demensia kucing dengan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperkaya kesehatan kognitifnya. Saat kucing Anda berusia 10 tahun, bicarakan dengan dokter hewan tentang diet seimbang dan berikan suplemen. Jika Anda belum membuat rutinitas bermain interaktif harian, mulailah sekarang.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Kucing Terkena Virus©

Jika kucing Anda didiagnosis menderita CDS, Anda berhak merasa sedih atau tertekan. Ingatlah bahwa dengan perawatan dan perhatian yang tepat, kucing dengan demensia masih dapat memiliki kehidupan yang bahagia dan memuaskan.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “Demensia Kucing – Kenali Tanda-Tandanya dan Pengobatannya

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *