√Penyebab Kucing Tidur Terus©

Diposting pada

Meskipun kucing adalah hewan yang paling menyerupai manusia, pada kenyataannya, hewan ini lebih rentan terhadap penyakit. Selain itu, jika kucing tidak makan satu hari, ia akan langsung jatuh sakit. Apalagi jika tiba-tiba kucing terus tidur dan tidak mau makan, kita semakin khawatir kucing itu terkena penyakit.

Penyebab-Kucing-Tidur-Terus

Cukup rumit untuk mengetahui mengapa kucing terus tidur dan memilih untuk tidak makan. Biasanya kucing akan terlihat lemah dan lesu, bahkan meongannya akan terdengar lembut dan melankolis. Jika memang begitu, kita harus hati-hati merawat kucing, mungkin ada yang salah dengan kucing.

Berikut ini terdapat 12 penyebab kucing tidur terus, antara lain sebagai berikut:


1. Pengaruh genetik

Beberapa orang berpikir bahwa kucing adalah hewan nokturnal. Nocturne adalah makhluk hidup yang aktif di malam hari.

Namun, kucing sebenarnya adalah makhluk crepuskuler. Ini berarti kucing efektif di pagi hari atau malam hari untuk mencari makan.

Akibatnya, kucing tidur sepanjang hari kecuali saat mereka mencari makanan.


2. Hemat energi

Kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan, tetapi kucing juga memiliki sisi psikis predator.

Ini menunjukkan bahwa kucing menghabiskan waktunya untuk berburu mangsa dan berlari, bahkan jika kucing itu hewan peliharaan.

Kucing pemangsa menghabiskan energinya untuk berburu lebih dekat dengan mangsa.

Untuk alasan ini, kucing perlu menghemat dan menghemat energi agar tidak cepat habis, salah satu tindakan yang mereka tunjukkan adalah melalui pola tidur panjang.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Mengobati Scabies Mulut Pada Kucing©

3. Kucing hamil

Kucing yang sering tidur bisa menjadi pertanda bahwa kucing itu hamil.

Ini sering terjadi, kucing yang sedang hamil akan memiliki lebih banyak waktu untuk tidur daripada kucing yang tidak hamil.


4. Nyeri atau gangguan lainnya

Anak kucing atau kucing 3 bulan atau lebih tua tidur lebih lama dari kucing yang lebih tua, ini karena hormon pertumbuhan akan dilepaskan ketika kucing beristirahat.

Secara umum, kucing yang lebih tua juga memiliki waktu tidur lebih lama daripada kucing dewasa, hal ini disebabkan proses penuaan yang mereka alami.

Pola tidur panjang pada kucing adalah normal. Namun, jika kucing Anda terus-menerus tidur melewati waktu ia seharusnya tidur, ini bisa menjadi tanda bahwa kucing itu sakit.

Jika waktu tidur kucing Anda yang lama juga disertai dengan tanda bahwa kucing Anda lemah dan tidak nafsu makan, Anda mungkin perlu membawa kucing ke dokter hewan untuk dirawat.


5. Hujan atau cuaca dingin

Kondisi cuaca juga dapat mengganggu tidur kucing. Kucing menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur ketika cuaca dingin atau ketika musim hujan tiba.


6. Anemia pada kucing

Anemia juga dapat menyerang kucing dan menyebabkan kucing tidur terus menerus. Jika kucing Anda menderita anemia, segera periksa gusinya.

Jika gusi kucing Anda lebih pucat dari biasanya, Anda harus sadar bahwa kucing itu mungkin anemia.

Bawa kucing ke dokter hewan segera, perawatan yang terlambat dapat menyebabkan kucing mati.


7. Bosan

Kucing juga bisa bosan. Entah Anda bosan karena tidak ada yang mau bermain dengannya, atau Anda bosan dengan makanan yang Anda beri makan kucing. Jika kucing bosan, ia akan lebih banyak tidur dan bahkan tidak mau menyentuh makanan.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Penyakit Mata Pada Kucing©

8. Bosan makanan

Sama seperti manusia, kucing akan bosan jika semua makanan, jadi dia tidak mau makan dan memilih untuk tidur. Berikan kucing makanan yang bervariasi. Agar kucing tidak bosan, jangan berikan makanan yang sama selama beberapa hari terus menerus.


9. Nafsu makan berkurang

Kucing yang kekurangan vitamin kehilangan nafsu makan dan memilih untuk tidur. Lihat dan saksikan kucing diberi makan. Jika kucing tidak merasa senang makan, segera berikan vitamin yang cukup.

Karena metabolisme kucing tidak terlalu baik, banyak penyakit pencernaan dapat terjadi karena masalah sepele. Penyakit pencernaan juga menjadi salah satu penyebab tidur kucing yang tidak mau makan. Segera berikan perawatan yang disesuaikan dengan penyakit kucing!


10. Mengalami Sakit

Ini adalah alasan paling umum ketika kucing terus tidur. Kucing yang sakit akan kesulitan makan dan muntah sehingga mereka akan memilih untuk tidur. Tubuhnya juga akan lemah sehingga makanan tidak masuk ke tubuhnya.

Kucing muda 3 bulan atau lebih tua tidur lebih lama dari kucing dewasa atau kucing yang lebih tua karena hormon pertumbuhan dilepaskan saat istirahat. Kucing yang lebih tua pada umumnya juga memiliki durasi tidur yang lebih lama daripada kucing dewasa karena proses penuaan yang dialami kucing.

Pada dasarnya, pola tidur lama memang salah satu hal normal bagi kucing. Namun, jika hewan kucing Anda tidur terus menerus dan melampaui waktu yang seharusnya, itu bisa menjadi tanda bahwa kucing sakit. Jika waktu tidur kucing disertai dengan tanda-tanda bahwa kucing itu lunak dan tidak terkait, mungkin sudah saatnya membawa kucing ke dokter hewan terdekat di kota Anda.


11. Masalah makanan

  1. Makanan tidak higienis
Baca Juga Artikel Lainnya :  √Anemia Pada Kucing©

Ini biasanya terjadi pada hewan ras murni. Bibit kucing yang merasa makanannya telah tercampur kotoran akan cenderung malas makan dan memilih untuk tidur. Untuk kucing asli, hewan akan terbiasa mencari makanan di tong sampah. Tetapi untuk ras kucing, tidak bisa diberi makan.


  1. Makanan panjang

Makanan yang tahan lama dan berbau tidak enak cenderung mengurangi selera kucing dan memilih untuk tidur. Makanan lama akan terasa hambar dan tidak segar karena aroma kucing yang kuat. Karena itu mereka akan menolak aliran dan memilih untuk mengabaikannya.


12 Penyakit mulut

Coba periksa mulut kucing. Itu bisa berupa cedera mulut. Mulut kucing yang terluka atau sakit dapat membuatnya sakit dan terus tidur dan kehilangan nafsu makan juga. Baca juga tentang: fungsi kumis pada kucing

Selain terluka di mulut, bau mulut pada kucing juga bisa menyebabkan kucing tidur dan tidak makan. Beri kucing banyak minum dan periksakan ke dokter hewan jika penyebabnya bau mulut.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “12 Penyebab Kucing Tidur Terus yang Wajib Dihindari

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: