√Penyebab Kucing Muntah©

Diposting pada

Pernahkah Anda bertemu kucing yang muntah? Kebanyakan pecinta kucing pasti pernah mengalami kejadian seperti itu. Karena kucing muntah adalah kasus umum pada kucing.

Penyebab-Kucing-Muntah

Intensitas kucing yang biasanya muntah sekitar 4 hingga 5 kali sebulan. Dan penyebabnya hanyalah hal biasa. Tetapi jika intensitasnya lebih tinggi dari itu, penyebabnya mungkin bakteri atau virus yang menyebabkan rasa sakit pada kucing.

Ada beberapa jenis muntah pada kucing, muntah normal pertama. Lalu ada juga kucing yang muntah disertai diare. Ada muntah disertai cairan kuning dan akhirnya muntah disertai cacing. Dengan begitu banyak muntah pada kucing, tentu saja ada banyak penyebab.

Ada beberapa penyebab kucing munta yang harus diketahui oleh sang pemilik, antara lain:


1. Bulu tertelan

Anda harus memahami bahwa salah satu kebiasaan umum kucing adalah menjilat tubuh mereka. Kebiasaan ini diambil agar tubuh kucing bebas dari parasit atau kotoran di bulunya. Namun saat melakukan aktivitas ini, beberapa bulu yang jatuh juga menjilat dan masuk ke mulutnya.

Jika pintu masuk telah mencapai volume tertentu yang pada akhirnya mempersempit ruang untuk makanan di perut, maka hal yang biasa adalah kucing meludahkan makanannya.


2. Rasa kenyang

Penyebab berikutnya muntah kucing adalah karena kenyang makanan. Demikian juga, jika manusia kenyang, ada mual dan beberapa orang akan muntah. Bahkan jika kucing, jika kenyang juga akan muntah dan Anda tidak perlu khawatir jika penyebabnya demikian.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Parasit Pada Kucing©

3. Alergi makanan

Kepekaan terhadap jenis makanan tertentu juga dapat menyebabkan kucing muntah. Anda harus memperhatikan menu makanan yang diberikan kepada hewan lucu ini. Cara mudah untuk mendeteksi menu makanan mana yang menyebabkan alergi dan muntah pada kucing adalah dengan mencoba menu makanan satu per satu.


4. Sedang hamil

Saat kucing hamil, hormon estrogen akan meningkat. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan asam lambung tinggi. Inilah yang membuat kucing cenderung mengalami mual dan muntah.


5. Keracunan makanan

Penyebab muntah pada kucing yang bisa mengancam jiwa adalah keracunan. Salah satunya adalah keracunan makanan. Jika kita lupa memberi makan kucing dan itu sangat lapar. Sudah pasti ia akan menemukan makanannya sendiri dan tempat sampah adalah tempat favorit.

Makanan kadaluarsa yang telah terkontaminasi zat tertentu dapat menyebabkan keracunan kucing. Bawa segera ke dokter hewan jika Anda pikir penyebab muntah kucing Anda adalah keracunan.


6. Keracunan minuman

Yang paling umum dalam hal ini adalah kucing yang meminum air yang digunakan untuk mencuci pakaian atau piring. Karena air sangat mudah dijangkau kucing di rumah dan di luar rumah. Ini bisa terjadi ketika kita lupa memberi kucing air bersih.


7. Parasit

Muntah kucing tidak hanya dalam bentuk makanan yang baru saja dimakan, tetapi juga bisa dalam bentuk atau mengandung cacing. Salah satu penyebab muntah cacing kucing adalah adanya parasit dalam sistem pencernaan, terutama lambung. Parasit ini bisa datang dalam bentuk telur cacing yang tidak sengaja dimakan atau dimakan oleh kucing. Jika parasit telah mencapai usus, biasanya juga merupakan penyebab muntah dan diare pada kucing.


8. Makan kertas

Terkadang kucing lapar memakan segala yang ada di sekitarnya, termasuk kertas yang berserakan. Karena kertas bukan makanan, itu pasti akan menyebabkan masalah perut. Mual dan muntah adalah reaksi umum ketika kucing makan sesuatu yang bukan makanan.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Penyakit Kulit Pada Kucing Anggora©

9. Makan plastik

Sama seperti kertas, plastik bisa dimakan oleh kucing kita. Biasanya berupa mainan plastik kecil. Benda-benda ini akan sulit bagi kucing untuk ditelan sehingga kucing akan secara spontan meludah. Jika kita mengantarkan makanan tepat waktu, hal seperti itu tidak akan pernah terjadi.


10. Virus Panleukopenia

Jika kucing Anda muntah disertai cairan kuning, jangan anggap remeh. Infeksi virus adalah salah satu penyebab muntah pada kucing kuning. Perawatan segera di dokter hewan sangat dianjurkan. Karena itu diperlukan analisis menyeluruh terhadap virus yang menjadi penyebab dan obat yang tepat untuk mengatasinya.


11. Penyakit hati

Muntah cairan kuning juga bisa disebabkan oleh masalah dengan hati kucing. Jika Anda melihat hewan peliharaan Anda mengalami hal ini, jangan panik dan bawa kucing ke klinik hewan. Untuk penyakit hati, biasanya diperlukan beberapa langkah peninjauan. Pastikan kucing tidak stres dengan lebih memperhatikan kucing karena sering menggosok bulu.


12. Kerusakan usus

Ini menyebabkan muntah berbeda dengan penyebab di atas. Yaitu muntah yang berwarna merah atau coklat. Memang, unsur darah dimuntahkan oleh kucing. Infeksi bakteri akut merusak sistem pencernaan dan, pada skala tertentu, dapat merusak usus kucing.


13. Peradangan pankreas

Kasus seperti ini sangat jarang, pankreas yang terasa sakit dapat membuat kucing muntah dalam bentuk cairan berwarna hijau gelap.


14. Efek obat-obatan

Jika kucing Anda sakit, salah satu solusinya adalah memberinya obat. Namun, tidak semua kucing memberikan respons positif terhadap senyawa obat yang masuk. Dalam beberapa kasus, respons terhadap penolakan akan terlihat oleh kucing yang memuntahkan senyawa obat.


15. Keracunan dengan menyemprotkan nyamuk

Jika kita menggunakan obat anti serangga dan memelihara kucing, lebih baik waspada. Karena gas yang disemprotkan dapat dihirup oleh kucing kita dan menyebabkan reaksi muntah. Jadi berhati-hatilah jika kita menggunakan semprotan pengusir nyamuk. Jika ini jenis luka bakar, kucing cenderung memakannya karena baunya, kucing dapat mengidentifikasi apakah itu bukan makanan.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Tanda Tanda Demensia Kucing©

16. Keturunan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik juga dapat menyebabkan muntah pada kucing. Tetapi masih ada rangsangan seperti alergi makanan tertentu atau perubahan suhu kamar.


17. Terpapar benda tumpul

Pusing di kepala bisa membuat kucing muntah. Penyebabnya adalah benda tumpul terkena. Begitu kami bertemu setelah kepala kucing ditabrak sandal, beberapa saat kemudian jalan mulai menjadi tidak stabil atau kehilangan keseimbangan dan akhirnya bereaksi terhadap muntah.


18. Kualitas makanan

Saat ini, ada banyak produk makanan untuk kucing, tetapi Anda harus memperhatikan komposisi nutrisinya. Kualitas gizi yang buruk dapat membuat kucing muntah.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “18 Penyebab Kucing Muntah yang Wajib Tahu dan Dihindari

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: