√Penyebab Kucing Cacingan©

Diposting pada

Cacing adalah penyakit pada kucing yang dapat dengan mudah melihat karakteristiknya. Ada 4 jenis cacing yang bisa menyerang kucing, yaitu cacing gelang, cacing hati, cacing pita dan cacing tambang. Cacing ini hidup dalam pencernaan kucing dan mereka mengambil nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh kucing, sehingga kucing kekurangan nutrisi dalam makanan.

Penyebab-Kucing-Cacingan

Karena kucing adalah hewan yang suka menjilat seluruh tubuh mereka, bakteri, kuman, dan cacing dapat dengan mudah lolos ke dalam tubuh mereka. Faktanya, wajar bagi kucing untuk memiliki cacingan karena, menurut penelitian oleh Cornell University, 45% pencernaan kucing adalah parasit, tetapi Anda harus mewaspadai cacingan dalam jangka panjang.


Penyebab Kucing Cacingan

Penyebab Kucing Cacingan

Ada beberapa penyebab terjadinya kucing cacingan, antara lain sebagai berikut:


1. Makanan Kucing Tidak Bersih dan Tidak Higienis

Karena salah satu cara cacing masuk ke tubuh kucing melalui makanan adalah menjaga makanan yang diberikan agar tetap bersih dan higienis. Jika Anda sering memberi daging atau daging mentah lainnya, Anda harus berhati-hati dengan daging mentah yang mengandung cacing atau telur cacing.


2. Makan Kutu yang Mengandung Telur Cacing

Saya telah membahas di atas bahwa kucing sangat senang membersihkan diri dengan menjilati diri mereka sendiri, well, secara tidak sengaja, kutu ini dimakan oleh kucing, sehingga telur cacing yang ditemukan pada kutu ini masuk dan menetaskan cacing di tubuh kucing.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Mengatasi Kucing Stres©

3. Cacing Telur atau Cacing

Ada berbagai jenis cacing yang dapat menyebabkan cacing kucing, seperti:

  1. Dipylidium caninum, cacing yang masuk ke kutu yang dimakan kucing,
    Ddibothriocephalus latus, cacing yang ditemukan pada ikan air tawar dan ular yang hidup di air,
  2. Cacing Spirometra mansonoides, seperti cacing Ddibothriocephalus latus, juga hidup pada tubuh ikan air tawar dan ular yang hidup di air.
  3. Echinococcus, cacing yang masuk melalui daging mentah atau busuk dimakan oleh kucing,
  4. Taenia Taeniaeformis, masuk melalui daging atau makanan yang tidak bersih dan tidak higienis.

4. Lingkungan Kotor

Jika Anda memelihara kucing di rumah, jangan hanya membersihkan kandang, tempat tidur, dan taman bermain. Namun, seluruh lingkungan rumah Anda juga harus bersih, karena cacing yang menyerang kucing Anda mungkin berasal dari karpet di rumah Anda yang belum dibersihkan dalam waktu lama.


5. Kucing Terinfeksi

Ibu kucing yang menderita cacingan pasti akan menularkan penyakit kepada anak-anaknya melalui susu yang diminum anak kucing. Selalu berhati-hati dan rawat kucing yang baru lahir agar mereka tidak menularkan penyakit ke keturunannya.


Cara Mengobati Kucing Cacingan

Cara Mengobati Kucing Cacingan

Setelah Anda mengetahui penyebab dan tanda-tanda cacing kucing, Anda juga harus bisa merawat kucing yang menderita cacing. Ada berbagai cara untuk mengobati cacing kucing secara alami atau tradisional dan ada juga yang perlu menggunakan obat dokter. Inilah caranya:


1. Bawang Putih

Siapa sangka peralatan dapur yang sering kita temui bisa mengobati cacing kucing. Dalam kandungan bawang putih, ada banyak nutrisi dan juga antiseptik dan antibakteri yang bisa menghilangkan cacing di tubuh kucing. Untuk menggunakan bawang putih, Anda harus menghaluskannya terlebih dahulu, lalu mencampurnya dengan makanan kucing.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Memelihara Kucing Agar Tidak Terkena Toxo©

2. Biji Labu

Untuk merawat kucing dengan biji labu, pertama-tama Anda bisa menghaluskan biji labu menjadi bubuk, kemudian mencampurnya ke dalam makanan kucing. Lakukan ini secara teratur sehingga efeknya terlihat.


3. Cuka Sari Apel

Selain biji bawang putih dan labu, ternyata cuka sari apel juga mampu mengobati cacing usus pada kucing, Anda bisa mencampurkan 1 hingga 2 sendok makan cuka sari apel dengan 1 gelas air hangat. Lakukan secara teratur.


4. Berikan Obat Resep yang Dianjurkan Dokter

Jika tiga cara di atas untuk mengobati cacingan pada kucing tidak berhasil, Anda harus pergi ke dokter hewan terdekat. Karena untuk menentukan obat yang tepat untuk cacing kucing, kita harus terlebih dahulu melihat cacing mana yang berada di dalam tubuh kucing. Misalnya untuk cacing pita, obat yang sesuai adalah epsiprantel dan praziquantel. Selain cacing gelang, obat-obatan yang diberikan adalah milbemycin oxime dan pirantel palm.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “5 Penyebab Kucing Cacingan dan Cara Mengobatinya

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: