√Penyakit Pada Kuku Kucing©

Diposting pada

Kucing adalah jenis hewan peliharaan yang populer di masyarakat karena perilaku dan bentuknya yang menyenangkan.

Penyakit-Pada-Kuku-Kucing

Bagi pemilik kucing, memperhatikan kebiasaan kucing adalah salah satu proses perawatan kucing yang harus dilakukan untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan. Kebiasaan kucing yang sering menggunakan kukunya untuk mengikis pasir, menggaruk benda tertentu dapat menyebabkan masalah pada bagian tubuh ini. Berikut ini beberapa penyakit kuku kucing yang bisa terjadi karena berbagai sebab yang harus diketahui masing-masing pemilik kucing dalam penjelasan di bawah ini.


1. Kuku yang patah

Kuku yang patah pada kucing sebenarnya bukan kondisi yang berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, ketika kuku patah menyebabkan cedera pada area jari di mana kuku berada, itu harus dipertimbangkan dengan benar. Kuku yang patah dapat muncul pada kucing karena tekanan fisik ketika kucing memiliki sesuatu yang terkena atau disentuh oleh sesuatu. Kuku yang patah juga dapat mencegah kucing melindungi dirinya dari pemangsa atau musuh lingkungan.


2. Bartonellosis

Bartonellosis adalah jenis penyakit kuku pada kucing yang disebabkan oleh infeksi bakteri Bartonella hensela. Penyakit menular ini dapat menular ke manusia atau kucing lain jika mereka tergores langsung dari kucing yang terinfeksi. Kucing dengan bartonellosis dapat dilihat dari perilakunya, yang menggaruk, sering menggigit atau bahkan menjilati kuku atau cakar mereka karena gatal-gatal yang disebabkan oleh infeksi bakteri.


3. Peradangan pada kuku

Penyakit atau masalah kesehatan lain yang dapat terjadi pada kuku kucing adalah munculnya peradangan pada kuku kucing. Peradangan kuku dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti adanya darah beku di bawah kuku kucing. Kondisi radang seringkali menyebabkan kondisi kuku hitam. Untuk menghindari terjadinya masalah kuku hitam yang tidak disebabkan oleh kotoran, kegiatan pemotongan kuku kucing harus dilakukan dengan benar dan teratur. Memotong kuku kucing adalah salah satu cara untuk menjaga kucing tetap bersih dan mencegahnya dari berbagai penyakit.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Tanda Tanda Demensia Kucing©

4. Infeksi jamur pada kuku kucing

Jenis penyakit kuku kucing berikutnya adalah infeksi jamur. Infeksi jamur pada kuku kucing dapat menyebabkan pertumbuhan kuku yang buruk atau penampilan yang kotor. Infeksi jamur pada kuku kucing sering terjadi karena aktivitas kucing bermain atau menggaruk tanah yang kotor. Untuk menghindari kondisi ini, selalu periksa kebersihan kuku kucing dan berhati-hatilah dan bersihkan kotoran yang mengendap di area tersebut.


5. Infeksi cacing pada kuku kucing

Kuku pada kucing sering digunakan untuk menggaruk atau memegang benda yang mungkin mengandung cacing, terutama tanah di tempat yang kotor. Aktivitas menggaruk tempat yang kotor menyebabkan kucing mengalami infeksi cacing yang dimulai dari kukunya. Kurap dan cacing tambang adalah jenis cacing yang dapat menginfeksi kucing dan menular ke manusia.

Ini adalah beberapa jenis penyakit kuku kucing yang perlu diketahui setiap pemilik kucing. Untuk menghindari beberapa penyakit yang disebutkan di atas, kebersihan dan perawatan kucing harus diperhitungkan, terutama pada kuku.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “5 Penyakit Pada Kuku Kucing yang Harus Dipahami

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: