√Sakit Mata Pada Kucing©

Diposting pada

Kucing memang menjadi salah satu dari banyak jenis hewan yang dipelihara. Hewan ini memiliki karakteristik unik dibandingkan dengan kebanyakan hewan lain. Dengan wajah lucu, kucing sering membuat orang jengkel untuk mencubitnya. Itu wajar, mengingat kucing yang selalu menunjukkan ekspresi polosnya. Selain itu, kucing yang telah dilatih dengan terampil cenderung gesit dan cerdas. Inilah alasan mengapa banyak orang menginginkannya.

Jenis-Sakit-Mata-Pada-Kucing

Di Indonesia sendiri, mayoritas kucing asli atau spesialisasi lokal di negara mereka sendiri bahkan melihat mereka berbaring. Banyak yang merindukan atau bahkan tidak menyukai orang ini sama sekali. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa, di luar, kami menemukan banyak kucing dalam keadaan yang agak mengkhawatirkan. Salah satunya adalah kondisi mata yang sangat disayangkan bagi semua pecinta kucing. Jenis-jenis nyeri mata pada kucing akan disebutkan dalam artikel ini, yang akan dijelaskan pada saat yang sama tentang penyakit tersebut.

Sebelum mempertimbangkan jenis penyakit mata pada kucing, Anda perlu mengetahui mayoritas nyata orang Indonesia tentang kucing. Tidak semua orang menyukai kucing, terkadang ada orang yang tidak suka kucing sama sekali, ada orang yang benar-benar membencinya, ada orang yang terbiasa dengan kucing dan bahkan penggemar nyata. Nah, bagi mereka yang sering ditemui di lingkungan sekitar, orang lebih suka kucing dengan ras bulu tebal seperti penyebaran Angora dan Persia. Tapi itu berbeda dari pecinta kucing sejati yang suka semua jenis.


1. Konjungtivitis

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan konjungtivitis? Penyakit ini juga dikenal sebagai rongga konjungtiva pada kucing. Jenis penyakit mata ini adalah penyakit yang dapat menyebabkan iritasi, biasanya disebabkan oleh alergi terhadap serbuk sari, rumput, dll., Atau infeksi virus, dari bakteri ke jamur.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Penyakit Mata Pada Kucing©

Bagian pasti mata akan meradang dan kondisi ini juga dikenal sebagai mata merah muda. Keadaan ini sangat sering dialami oleh kucing yang menunjukkan tanda mata kucing berlari, bengkak hingga kucing merasa mata dan gatalnya buruk.


2. Mata yang menyakitkan

Jenis lain dari sakit mata yang terjadi pada kucing, yang merupakan mata yang menyakitkan, adalah penyakit kucing dalam bentuk sobek yang berlebihan. Selain itu, mata kemudian menutup seperti kantuk dan ketika disentuh di sekitar mata, mereka merasakan sakit dan terpeleset saat terkena cahaya. Ini juga akan mengubah perilaku kucing, karena dapat menggaruk matanya dan menggosok matanya.

Sedangkan di sudut dalam mata akan terbentuk kelopak tambahan yang biasa disebut kelopak ke-3 atau membran nikatif. Penyebab penyakit ini adalah lesi pada kornea, termasuk glaukoma dan uveitis.


3. Cacing mata pada kucing

Mata juga dapat menangkap cacing, inilah yang sering dialami kucing. Namun, cacing di mata berbeda dengan cacing yang menyerang lambung, yaitu bersentuhan dengan nama Thelazia californiensis atau bisa disebut Thelaziasis. Penyakit ini tidak hanya bisa menyerang kucing, tetapi juga anjing, domba, kambing atau sapi.

Tanda-tanda yang dapat diketahui saat kucing terinfeksi penyakit ini adalah mata berair, saluran air mata akan terlihat seperti cacing putih dan akan lebih sensitif terhadap cahaya. Penyakit ini dapat berkembang menjadi konjungtivitis seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya.


4. Virus herpes kucing

Penyakit mata kucing sekarang adalah herpesvirus kucing. Penyakit ini juga dikenal sebagai FHV-1 yang biasanya menginfeksi kucing muda dan akan menghilang, kemudian muncul kembali ketika kucing diimunisasi. Kedua mata kucing akan memiliki pandangan yang cukup jelas dan menawan. Namun, dalam semua kasus, anak-anak kucing ini akan bernafas seperti pilek dan kemudian sariawan.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Calicivirus Pada Kucing©

5. Oklusi Nasolacrimal

Nasolacrimal oklusine adalah penyakit mata kucing yang dipicu oleh penyumbatan sistem pengeringan air mata pada kucing, biasanya air mata ini dilepaskan oleh kucing melalui sistem sekresi yang kemudian dapat digunakan kembali sebagai pelumas di mata kucing. Namun, itu tidak bekerja dengan baik. Dengan demikian, dalam kondisi seperti itu, air mata kucing tidak alami dan kelopak mata yang menyebabkan rasa sakit atau cacat anatomi dapat menghalangi jaringan mata kucing.


6. Mata kecil sebelah

Mata kecil satu sisi pada kucing tidak biasa, dan itu sering terjadi. Anda harus tahu bahwa mata kecil satu sisi ini disebut mata kucing. Jelas bahwa penyakit ini dapat diamati secara fisik, di mana kondisinya sisi asimetris atau kecil mata kucing.

Penyebab penyakit ini adalah hasil dari epidemi bakteri
Chlamydia. Kemudian, jika penyakit dibiarkan sendiri, situasinya memburuk dan menjadi menular ke kedua mata dan bisa meluas.


7. Mata muncul dengan cekung

Penyakit ini ditandai dengan kondisi mata kucing yang akan muncul akibat glaukoma. Mulai sekarang, mata kucing dengan kondisi ini akan menyebabkan abses / penyumbatan di bagian belakang mata.


8. Tumor mata

Untuk penyakit mata pada kucing lain, yaitu tumor mata. Ini biasanya cukup serius dibandingkan dengan penyakit lain. Tumor mata pada kucing menyebabkan rasa sakit luar biasa yang bisa berakibat fatal.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “ 8 Jenis Sakit Mata Pada Kucing Harus Dipahami

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: