√Kumis Bagi Kucing©

Diposting pada

Kucing memang binatang yang lucu, yang membuat orang marah. Perilakunya yang unik membuat banyak orang merasa terhibur. Bagi pecinta kucing, memperhatikan kesehatan dan memberikan perawatan adalah hal yang paling penting. Di sisi lain, sebagai kekasih, tentu saja, Anda harus memahami segalanya tentang kucing. Satu hal yang perlu Anda pahami adalah tentang kumis kucing. Tahukah kamu

Fungsi-Kumis-Bagi-Kucing

Semua kucing pasti memiliki kumis seperti yang diketahui. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kucing identik dengan kumis. Ini juga yang membuat kucing lucu dan imut. Tidak heran banyak memelihara kucing, berteman di rumah. Banyak orang tidak yakin apa fungsi kumis kucing. Kumis pada hewan yang sering disebut memiliki 7 kehidupan juga dikenal sebagai “Vibrissae” atau rambut taktil. Kumis memiliki banyak fungsi dan sangat sensitif terhadap rangsangan atau sentuhan.

Ukurannya yang cukup tebal dibandingkan dengan bulu, kumis kucing dapat terhubung ke ujung saraf reseptor yang akarnya lebih dalam dari bulu.

Banyak orang masih mencari fungsi kumis pada kucing. Lihat segera diskusi dan daftar lengkap di bawah ini:


1. Navigasi

Fungsi kumis pada kucing pertama adalah navigasi. Kumis hewan bertaring ini cukup sensitif untuk membantunya mendeteksi perubahan di udara sekitar. Kemampuan ini menyebabkan kucing bernavigasi di lingkungan yang gelap.


2. Sebagai penyesuaian

Selain navigasi, fungsi kumis kucing lain adalah penyesuaian. Moncong kumis rupanya juga membatu kucing untuk menentukan apakah akan memasuki lubang kecil atau tidak. Secara detail, moncong kumisnya hampir sama besar dengan lebar tubuh kucing. Inilah yang memungkinkan kucing masuk lubang.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Efek Samping Parasetamol Pada Kucing©

3. Berburu

Fungsi kumis kucing memang cukup beragam, dan salah satunya sangat berguna untuk menentukan mangsa atau berburu. Kumis karpal adalah kumis yang ditemukan di bagian bawah pergelangan tangan kucing dan digunakan untuk berburu.


4. Lindungi mata

Nah, yang terpenting adalah melindungi mata. Tidak hanya bulu mata melindungi mata, tetapi kumis juga berperan dalam melindungi kedua mata. Kumis di mata juga memiliki fungsi sendiri, yaitu untuk membantu kucing saat berburu mangsa di daerah rumput atau medan yang lebat. Kumis memicu kelap-kelip pada kelopak mata jika ada cabang atau semak yang berpotensi masuk ke mata.


5. Menunjukkan kondisi

Fungsi Kucing Kumis, untuk mengetahui bagaimana kondisi dan suasana hati kucing dapat dilihat dari posisi kumisnya. Jika kumis menggantung bebas di kedua sisi, itu adalah tanda bahwa kucing sedang santai. Untuk membuatnya lebih mudah bagi pemiliknya untuk mengenali dan mengetahui bagaimana keadaan kucing itu.


6. Sensitivitas

Fungsi ini merupakan tindakan yang disayangkan jika Anda sengaja atau tidak sengaja memotong kumis yang sangat berharga untuk kucing. Alasannya adalah bahwa hal itu dapat menghambat kemampuan untuk berburu dan mengganggu proses navigasi lingkungan.


7. Sistem digitalisasi

Sistem pemindaian kucing berperan berkat kumisnya. Inilah alasan fungsi terpenting kumis kucing, yaitu berfungsi sebagai sistem pemindaian atau yang sering disebut lingkungan pemindaian. Yang lebih menarik, kucing itu rupanya tidak perlu menyentuh objek dengan kumis untuk mendeteksi objek tersebut. Saraf dasarnya dapat mendeteksi gerakan kecil udara yang dapat membuat kumis bergetar.


8. Mendeteksi bau

Menariknya, kumis pada kucing juga berguna untuk mendeteksi bau di sekitar mereka. Fakta lain adalah bahwa kumis kucing sangat penting untuk menyeimbangkan kucing. Tanpa kumis, kucing akan sulit walaupun hanya berjalan lurus dan berlari lebih sedikit.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Vaksin Pada Kucing©

9. Lindungi kerusakan

Diberikan jika kumis sangat penting untuk kucing. Memang, kucing memiliki semacam mekanisme pertahanan untuk melindungi kumis mereka dari kerusakan. Dapat dilihat saat kucing marah atau akan berkelahi, kumis akan ditarik untuk menghindari kerusakan dari perkelahian.


10. Deteksi perubahan udara

Fungsi selanjutnya, kumis pada kucing, sangat sensitif dan dapat digunakan sebagai alat untuk mendeteksi perubahan cuaca atau udara sekitar. Saat kucing dalam keadaan gelap, kucing bisa merasakan benda yang ada di dekatnya. Menggunakan kumis, kucing dapat mendeteksi objek melalui angin di tempat gelap.

Setelah mengetahui beberapa fungsi kumis kucing di atas, tentunya rasa penasaran tidak lagi ada di pikiran semua orang. Karena kucing selalu dikaitkan dengan kumis yang lucu. Beberapa orang menggoda kucing dengan kumisnya tetapi tidak tahu apa fungsinya. Demikian, fungsi kumis pada kucing yang telah disampaikan, berharap artikel ini dapat memberikan informasi baru tentang kucing. Bacaan yang bagus dan semoga bermanfaat.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “10 Fungsi Kumis Bagi Kucing Harus Dipahami

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: