√kucing Sehat©

Diposting pada

Memiliki hewan peliharaan sekarang telah menjadi hobi yang dibuat oleh banyak orang dari semua lapisan masyarakat. Salah satu hewan peliharaan yang banyak dimiliki saat ini adalah binatang kucing.

Ciri-Ciri-Hewan-kucing-Sehat

Kucing adalah hewan yang sangat imut dan bisa menjadi penghibur bagi pemiliknya. Dalam proses memelihara ternak seperti kucing, tentu saja harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan kucing.

Kondisi kucing yang sehat dapat dilihat melalui beberapa ciri fisik dan psikologis yang disajikan oleh kucing. Berikut adalah 11 karakteristik kucing sehat yang harus dipahami oleh masing-masing pemilik kucing dan dapat menjadi referensi agar proses perawatan dapat dilakukan dengan benar.


1. Bersihkan bulu agar tidak rontok

Hal pertama yang bisa membuat kucing sehat adalah ketika bulunya terlihat bersih dan tidak mengalami kerontokan. Kucing yang sehat akan membersihkan bulunya sendiri secara teratur. Kondisi rambut yang menderita kerontokan rambut bisa menjadi tanda bahwa ada parasit atau jamur yang menginfeksi permukaan kulit pada kucing.


2. Mata, hidung, dan mulut yang terlihat sehat.

Kondisi lain yang juga dapat mengindikasikan kesehatan kucing adalah kondisi di mana mata, hidung dan mulut kucing berada dalam kondisi yang sangat baik. Mata yang sehat akan cerah dan tidak akan menemukan kotoran.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Proses Pertumbuhan Pada Kucing©

Hidung yang sehat tidak terlihat terlalu basah dan tidak terlihat terlalu kering dan dalam kondisi bersih tanpa ada tanda-tanda jamur. Mulut kucing yang sehat tidak bau dan mengeluarkan air liur terlalu banyak, yang tidak terkontrol.


3. Bersihkan telinga

Kondisi bagian tubuh selanjutnya yang bisa menunjukkan kucing dalam kondisi sehat adalah telinga yang bersih. Selain bersih, telinga kucing juga harus berfungsi dengan baik sehingga saat kucing dipanggil, kesehatannya segera merespons panggilan itu. Kucing yang sehat tidak menggaruk telinga atau menggelengkan kepalanya sebagai tanda masalah telinga dan kepala.


4. Aktif dan gesit

Selain terlihat dari beberapa gejala fisik yang disebutkan di atas, karakteristik kucing sehat juga akan diketahui melalui perilaku aktif dan lincah ketika mereka diundang untuk bermain. Selain memiliki model perilaku lincah, kucing yang sehat tentunya juga akan memiliki nafsu makan yang baik sehingga tubuhnya terlihat besar. Kotoran anak anjing atau kucing juga akan menunjukkan kondisi sehat yaitu kucing kecoklatan.


5. Gusi dan gigi yang sehat

Bagian tubuh lain yang juga dapat menunjukkan bahwa kondisi kucing sehat tanpa masalah kesehatan terlihat pada gusi dan gigi yang sehat. Gigi kucing harus berwarna putih tanpa noda dan tentu saja kuat atau padat. Gusi yang sehat ditunjukkan dalam warna merah muda tanpa darah yang berasal dari gusi.


6. Ketentuan umum

  • Nafsu makan normal. Kucing yang sakit umumnya cenderung makan lebih sedikit dari biasanya.
  • Suhu tubuh antara 37 dan 39,2 derajat Celcius. Kucing dengan suhu tubuh yang lebih tinggi atau lebih rendah kemungkinan besar telah terinfeksi kucing.
  • Mulut tidak berbau.
  • Kotoran kucing padat dan baunya tidak terlalu kuat. Terkadang kotoran yang sedikit berair tidak berarti kucing sakit, mungkin karena perubahan jenis makanan atau jenis makanan baru yang tidak cocok untuknya.
  • Agile dan suka bermain. Jika kucing yang biasanya gesit tiba-tiba menjadi pendiam, banyak tidur dan lebih malas, kucing itu mungkin sakit.
Baca Juga Artikel Lainnya :  √Mengawinkan Kucing Persia Dengan Kucing Kampung©

7. Ekspresi wajah bahagia dan selalu terjaga

Kucing yang sehat ditandai oleh ekspresi wajah yang tampak bahagia dan selalu waspada. Wajah bahagia kucing ditandai oleh mata kucing yang terlihat cerah dan tidak terlihat murung. Selain itu, kucing yang sehat juga akan dipelihara dengan selalu memperhatikan lingkungannya sehingga tahu jika ada musuh atau hal-hal yang dapat membuatnya takut dan terkejut.

Anda mungkin melihat kucing Anda tiba-tiba melompat ketika benda-benda di rumah Anda jatuh atau benda tak dikenal yang tiba-tiba ada di dekatnya. Sebaliknya, kucing yang sakit akan terlihat sedih dengan mata dan telinga melankolis yang tidak lurus. Kucing yang sakit umumnya mengabaikan apa yang mengelilinginya.


8. Ramah dan tenang di dekat manusia

Kucing yang sehat umumnya akan tenang ketika dipegang atau digosok oleh manusia. Dia akan mendengkur dan disapu oleh pemiliknya sebagai tanda bahwa dia merasa nyaman berada di dekat pemiliknya.

Sebaliknya, kucing yang sakit akan mengalami perubahan radikal untuk menjadi lebih agresif ketika dipegang oleh pemiliknya. Sifat agresif disertai dengan kondisi fisiknya yang menurun. Karena itu, jika Anda melihat perubahan tiba-tiba pada sifat kucing Anda, itu bisa menjadi tanda bahwa kucing Anda mengalami rasa sakit di tubuhnya.


9. Membersihkan secara teratur

Kucing yang sehat akan selalu terlihat bersih dengan bulu mengkilap dan akan terlihat bersih meskipun tidak pernah dimandikan. Menurut beberapa ahli, kucing memang salah satu hewan terbersih dan paling sedikit bakteri atau kuman yang ada di tubuhnya. Sebaliknya, jika Anda melihat bulu binatang berantakan kucing Anda dengan mata kosong dan air mata keluar, itu adalah tanda bahwa kucing Anda dalam kondisi sakit.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Kucing Penakut©

10. Makan dan minum dalam porsi yang cukup

Kucing normal akan selalu makan dengan porsi yang tepat sesuai dengan umur dan ukurannya. Ini akan mengikuti Anda di mana-mana jika Anda tidak memberinya makan sesuai dengan jadwal yang biasanya Anda makan. Selain itu, akan terus berisik jika Anda tidak segera memberikan makanan yang disukainya.

Sebaliknya, kucing yang sakit makan porsi yang lebih kecil dari kucing yang sehat atau bahkan tidak makan sedikit. Selain itu, kucing yang sakit akan merasa lemah dan lembut dengan rambut yang mudah rontok saat kita memegangnya.


11. Buang air dengan normal

Kucing yang sehat secara teratur akan menghilangkan kotoran sebagai kotoran padat dengan sedikit air. Selain itu, warna normal kotoran kucing adalah kuning. Jika kucing Anda mengalami diare, biasanya ada banyak air dalam tinja dan warnanya akan berubah menjadi hitam atau bahkan berdarah.

Semoga kucing Anda masih sehat, ya? Sampai jumpa di artikel selanjutnya, terima kasih.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “11 Ciri-Ciri Kucing Sehat Harus Dipahami

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Baca Juga :


Share this: