√Ciri-Ciri Kucing Anemia©

Diposting pada

Apakah anemia pada kucing? Anemia atau Anemia / anemia secara harfiah berarti tanpa darah. Anemia kucing adalah kucing yang mengalami penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin atau keduanya. Anemia pada kucing bukanlah penyakit itu sendiri, melainkan hasil dari proses patologis lain yang terjadi pada kucing.

Ciri-Ciri-Kucing-Anemia

Seperti halnya manusia, kucing dapat dan sering menderita anemia. Kondisi ini, yang dikenal sebagai anemia kucing, adalah hasil dari jumlah rendah sel darah merah yang mengarah pada penurunan kadar oksigen di seluruh sistem kucing. Anemia dapat disebabkan oleh kehilangan darah atau produksi sel darah merah yang tidak memadai.

Dalam beberapa kasus, tubuh memproduksi sel darah merah dengan cepat, tetapi tidak cukup cepat untuk mengatasi kehilangannya. Diperlukan tiga hingga lima hari bagi sumsum tulang untuk merespons kehilangan darah dengan memproduksi sel darah merah baru.

Anemia seringkali merupakan akibat dari penyakit ginjal, yang menyebabkan kekurangan hormon erythropoietin. Ketika kadar erythropoietin berkurang, sumsum tulang menerima lebih sedikit rangsangan untuk menghasilkan sel darah merah.

Anemia kucing juga dapat disebabkan oleh kutu atau parasit lainnya. Beberapa kucing menderita penyakit ini setelah mengalami kehilangan darah yang parah, baik karena trauma atau karena penyebab internal, seperti pendarahan ulseratif atau tumor. Tes lain mungkin termasuk apusan darah untuk mempelajari sel darah merah dewasa (perkembangan sel darah merah yang menunjukkan anemia regeneratif) dan parasit.

Tes-tes lain mungkin termasuk biopsi sumsum tulang (mencari sel-sel abnormal dan sel-sel darah merah baru), urinalisis dan profil-profil biokimia (studi-studi kesehatan kucing umum dan penentuan penyakit pada organ-organ lain), pemeriksaan tinja (mencari parasit) dan tes-tes virus (kucing) virus leukemia dan virus imunodefisiensi kucing).

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Ciri-Ciri Kucing Rabies©

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri kucing anemia, antara lain sebagai berikut:


1. Kucing mengalami infeksi

Infeksi yang dirasakan oleh kucing seperti ini biasanya disebabkan oleh parasit. Parasit dalam tubuh seperti: cacing, parasit darah dan protozoa. Parasit dari luar tubuh seperti kutu, caplak dan caplak. Parasit tubuh seperti cacing yang biasanya menyerang saluran pencernaan kucing ini juga dapat menyebabkan perdarahan di dalam tubuh.

Jika infeksinya berlebihan, itu akan menyebabkan penurunan jumlah darah merah disertai dengan penurunan zat besi yang merupakan elemen penting untuk pembentukan darah. Meskipun parasit yang berada di luar tubuh juga dapat menyebabkan anemia, tetapi jika infeksi yang mereka derita sangat berlebihan dan parah.


2. Kucing akan lebih tenang dan malas

Untuk pecinta kucing, Anda harus sering waspada dan juga memantau kucing, memperhatikan perubahan yang terjadi pada kucing peliharaan Anda, seperti perilaku dan rutinitas kucing yang terlihat berbeda dan kucing berarti Anda perlu perhatian.


3. Kucing merasa lemah dan lesu

Kucing aktif yang biasa bermain rutin seperti menggaruk dan menggaruk sekarang malas melakukannya karena tubuh mereka terasa lemah dan sangat lesu karena sebagian darah mereka berkurang.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Penyakit Kulit Pada Kucing Anggora©

4. Kucing yang mengurangi nafsu makan

Tanda yang sangat mudah dilihat ketika kucing memiliki penyakit seperti anemia. Bukan hanya karena kucing menderita anemia atau kekurangan darah, kucing malas makan, tetapi juga dapat disebabkan oleh mulut dan gigi kucing yang sakit atau juga dapat menyebabkan penyakit yang sangat serius, seperti gagal ginjal.


5. Kucing mengalami penurunan berat badan

Karena kucing kurang nafsu makan dan minum, kucing juga menurunkan berat badan. Kali ini, pemilik kucing Anda harus menyediakan vitamin untuk menambah nafsu makannya lagi.


6. Kucing memiliki napas pendek atau abnormal

Kucing itu mungkin terkejut ketika kehilangan banyak darah. Kami merekomendasikan bahwa jika Anda mengalami kesulitan bernapas, disarankan agar sesak napas untuk kucing dibawa ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan sesuai dengan rekomendasi mereka.


7. Kucing Kurang asupan air

Kucing tidak hanya merasa malas makan sendirian, tetapi saat kucing tidak enak badan, ia juga bisa malas untuk minum. Yang dia inginkan adalah istirahat dan tinggal di kandangnya. Dia tidak hanya mengalami anemia, tetapi dia juga mengalami dehidrasi.


8. Gusi pada kucing mengalami perubahan warna

Kesulitan yang dihadapi kucing bisa dilihat dari warna gusi. Saat kucing mengalami anemia atau kehilangan darah, gusinya menjadi pucat atau putih. Sementara itu, jika gusi berwarna lain seperti: kuning berarti kucing diketahui memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan fungsi hati dan jika gusi berwarna merah, kucing kekurangan oksigen dalam darahnya.


9. Rambut kucing yang teksturnya telah berubah

Kucing yang mengalami masalah kesehatan seperti kekurangan darah akan stres dan akan berdampak pada fisik mereka, karena tekstur rambut mereka yang akan berbeda mungkin lebih kasar ketika dipegang.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Penyebab Bulu Kucing Rontok©

10. Muntah dan diare

Dinilai oleh penyebab anemia kucing karena apa, jika kucing itu anemia karena berasal dari virus atau bakteri yang akan menyerang sistem organik, maka kucing mungkin muntah dan juga diare.


11. Ada darah di anus kucing

Pada bagian saluran pencernaan, bisa juga berdarah jika kucing mengalami anemia, hal ini dapat didasarkan pada keguguran atau setelah melahirkan, yang menyebabkan kucing kehilangan banyak darah dan darah tetap diusus.


12. Pendarahan hebat disertai luka terbuka

Pendarahan hebat juga dapat menyebabkan anemia karena penurunan darah karena pendarahan. Luka terbuka juga menyebabkan darah mengalir terus menerus. Maka segera dirawat atau dibawa ke dokter hewan.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “12 Ciri-Ciri Kucing Anemia yang Wajib Tahu dan Dihindari

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: