√Cara Supaya Kucing Tidak Kencing Sembarangan©

Diposting pada

Kucing yang buang air kecil tanpa perawatan dapat terjadi karena berbagai alasan. Kucing tidak lagi menggunakan kotak kotoran untuk buang air kecil karena mereka stres, memiliki masalah kesehatan tertentu, atau karena kotak kotoran jarang dibersihkan.

Cara-Supaya-Kucing-Tidak-Kencing-Sembarangan

Faktanya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar kucing Anda bisa menggunakan kotak kotoran saat kencing dan tidak mencemari karpet atau rumah Anda.

Ganti kotak pasir yang baru, bersihkan kotak pasir yang teratur, mainkan kucing di dekat kotak pasir, tambahkan lebih banyak kotak pasir dan hal-hal lain dapat dilakukan untuk menghindari kebiasaan buruk.

Terus baca artikel tentang tips agar kucing tidak buang air kecil sembarangan, kali ini kami menawarkan solusi terbaik untuk Anda.


1. Bersihkan kotak pasir lebih sering

Ingatlah bahwa kucing adalah hewan yang puas dengan kebersihan, sehingga mereka tidak akan suka menggunakan kotak pasir kotor dan lebih suka buang air kecil sembarangan jika ingin buang air kecil.

Selain mengganti pasir di dalam kotak setiap hari, Anda juga harus membersihkan kotak pasir dengan air hangat dan sabun tanpa aroma atau soda kue seminggu sekali, kemudian mengeringkan dan menambahkan dengan pasir baru yang juga harus dilakukan untuk menjaga kucing di apartemen.


2. Tambahkan kotak pasir

Sebaiknya sediakan juga beberapa kotak pasir di luar jumlah kucing yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki 2 kucing, sediakan sekitar 3 kotak pasir karena jika kotak pasirnya terlalu kecil atau bahkan kurang, kucing tersebut akan menolak menggunakan kotak pasirnya.


3. Pastikan kotak pasir mudah diakses

Jika akses ke kotak pasir sedikit sulit dijangkau atau jika kucing kesulitan masuk, itu juga membuat kucing buang air kecil tanpa perawatan.

Untuk alasan ini, pastikan untuk meletakkan kotak pasir yang mudah diakses sehingga saat kucing sedang terburu-buru buang air kecil, ia bisa langsung menggunakan kotak pasir.

  • Pastikan kotak kotoran diletakkan di area di mana manusia dan hewan lain dapat terlihat dengan mudah sehingga kucing dapat melarikan diri dengan mudah karena kucing tidak suka dipojokkan.
  • Untuk kucing yang lebih tua, berikan kotak pasir dengan sisi rendah sehingga bisa masuk dan keluar dengan mudah, karena proses pertumbuhan kucing akan mengurangi kelincahan kucing.
  • Tempatkan kotak pasir di tempat kucing bisa buang air kecil.
Baca Juga Artikel Lainnya :  √Gigi Kucing Lepas©

4. Periksa kualitas pasir

Kucing juga tidak menggunakan kotak kotoran jika mereka tidak suka tekstur atau bau pasir atau karena ada terlalu banyak kotak kotoran.

Pasir dangkal dengan tekstur lembut atau menjadi jenis pasir terbaik untuk kotak pasir kucing Anda dan Anda juga dapat memberikan beberapa jenis pasir lain sehingga kucing dapat memilih jenis pasir yang disukai untuk mengatasi kucing yang sulit.

  • Berikan pasir pilihan dengan menempatkan dua kotak pasir berdampingan diisi dengan berbagai jenis pasir. Di malam hari, periksa sampah mana yang digunakan kucing.
  • Beri pasir rendah karena sebagian besar kucing menyukai kotak pasir dengan ketinggian sekitar 2,5 hingga 5 cm pasir.

5. Periksa ketidaknyamanan kotak pasir

Beberapa kucing juga akan buang air kecil sembarangan dan tidak akan menggunakan kotak kotorannya saat mereka tidak menyukai bentuk atau ukuran kotak kotorannya.

Selain itu, pangkalan kotak pasir atau liner juga bisa membuat kucing tidak nyaman sehingga tidak ingin menggunakan kotak pasir.

Lepaskan liner dan kotak pasir untuk melihat apakah kucing tidak kencing di kotak pasir.

Pastikan juga ukuran kotak pasir tidak terlalu kecil agar nyaman digunakan, yang juga termasuk dalam tips membuat kucing betah.


6. Double Tip

Anda bisa menggunakan ujung ganda untuk mencegah kucing buang air kecil sembarangan.

Sensasi yang dihasilkan dari ujung ganda akan mengganggu kaki kucing sehingga tidak lagi kencing di daerah tersebut.

Cobalah menempelkan titik ganda pada beberapa tepi furnitur dan area lain yang sering digunakan untuk buang air besar.


7. Bersihkan dengan pembersih yang mengandung enzim

Bersihkan urin kucing sesegera mungkin, yang sangat penting untuk mencegah kucing buang air kecil sembarangan di area yang sama.

Gunakan produk pembersih yang mengandung enzim, bukan produk pembersih yang mengandung amonia.

Pembersih yang mengandung amoniak hanya akan membuat kucing buang air kecil lebih terbuka karena mereka akan menganggap bahwa bau amoniak adalah bau urin kucing lain yang perlu ditutup dengan urin. menggunakan pembersih yang mengandung enzim sebagai cara murah untuk merawat kucing.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Membuat Kucing Pulang ke Rumah©

8. Gunting bulu panjang di sekitar kaki

Jika kucing Anda adalah kucing berbulu panjang, kemungkinan ia tidak akan menggunakan kotak kotoran untuk buang air besar karena akan terasa kotor setelah menggunakan kotak kotorannya.

Untuk alasan ini, kucing yang berambut panjang harus dirawat dan juga merawat kucing sehingga dapat menggunakan kotak kotorannya. Selain itu, mandikan kucing Anda agar tidak berciuman seperti kotoran atau air seni.


9. Bermain di dekat kotak pasir

Pikiran buruk Cat tentang kotak sampah bisa hilang nanti ketika Anda memintanya untuk bermain-main di kotak sampah.

Cobalah bermain dengan kucing Anda di sekitar kotak sampah beberapa kali sehari untuk mengembangkan pikiran positif kucing Anda tentang kotak kotoran serta cara merawat kucing menjadi rusak.

  • Jangan memberikan hadiah kepada kucing saat menggunakan kotak pasir, seperti memberi camilan, karena kucing tidak suka diganggu saat buang air kecil.
  • Tinggalkan camilan dan mainan di dekat kotak sampah, tetapi jangan letakkan makanan dan minuman di dekat kotak sampah karena kucing tidak suka makan di dekat toilet.

10. Bersihkan kotak pasir secara menyeluruh

Selain mengganti pasir di tempat sampah, Anda juga harus membersihkan kotak pasir secara menyeluruh seminggu sekali. Buang isi kotak dan bersihkan.

Setelah kotak pasir kosong, gunakan sabun dan air hangat untuk membersihkan kotak pasir, lalu bilas hingga bersih, keringkan dan isi dengan pasir baru.


11. Singkirkan tanaman pot di rumah

Kucing juga sering buang air kecil sembarangan di lantai yang terkandung pot dan berada di dalam rumah.

Lepaskan pot segera atau tutup dengan tanah dan kertas aluminium untuk mengajarkan kucing buang air kecil di tempatnya.

Ini akan membantu kucing untuk selalu menggunakan kotak kotoran sebagai satu-satunya area buang air kecil dan buang air besar dan akan mencegah kucing kembali ke toilet tanpa perawatan dan akan mencegah karakteristik stres kucing.


12. Ajari kucing

Jika kucing Anda tidak pernah menggunakan sampah, Anda harus mengajarinya menggunakan kotak kotoran.

Gunakan jari-jari Anda untuk menggali pasir agar kucing bisa meniru seperti yang Anda lakukan saat mengajar kucing untuk berjabatan tangan.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Collar Pada Kucing©

Jika kucing bisa buang air kecil di dalam kotak tetapi tidak bisa menguburnya, gunakan jari-jari Anda untuk mengambil pasir di sana.

Metode ini membutuhkan proses, tetapi semakin lama kucing akan mengerti dengan mempelajari perilaku yang Anda lakukan.

Jangan menggunakan kaki kucing untuk menunjukkan cara mengubur air seni atau kotoran karena akan membuat kucing cemas sehingga tidak ingin menggunakan kotak pasir dan lebih memilih buang air kecil sembarangan.


13. Coba kurung kucing sementara

Jika kucing masih buang air kecil sembarangan, Anda dapat menggunakan periode kurungan yang dapat dilakukan sebagai upaya terakhir jika semua metode yang Anda gagal juga dapat digunakan sebagai cara untuk mengatasi kucing menggigit.

  • Pilih ruangan di rumah yang aman digunakan untuk membatasi kucing dan pastikan ruangan itu tidak rentan terhadap kondisi cuaca ekstrem yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Letakkan kotak pasir di satu sisi ruangan sementara tempat tidur, makanan, dan minuman berada di sisi lain ruangan. Pastikan juga area tersebut cukup besar karena kucing tidak akan buang air kecil di dekat makanan atau minumannya.
  • Ingat juga untuk menyebarkan pasir di tanah tempat kucing dikurung. Ini akan membuat kucing mengerti bahwa pasir adalah tempat untuk buang air kecil atau besar.

14. Perbaiki keadaan tempat kucing buang air besar

Jika kucing masih buang air besar sembarangan, tutup akses ke area tersebut dan gunakan metode sementara untuk mencegah kucing kembali ke area tersebut, yang juga penting untuk cara merawat kucing selama musim hujan.

  • Jika kucing buang air kecil secara sembarangan di area gelap, tambahkan dengan lampu terang atau Anda juga bisa menambahkan lampu yang bisa diaktifkan dengan bergerak.
  • Buat kucing tidak nyaman ketika berada di area yang sering digunakan untuk buang air kecil sembarangan karena dilapisi dengan aluminium foil atau selotip dua sisi.
  • Jika stripnya kencing di gorden, jepit agar tidak lagi terjangkau oleh kucing.
  • Tutupi semua furnitur yang digunakan untuk buang air kecil tanpa perawatan

Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “14 Cara Supaya Kucing Tidak Kencing Sembarangan

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: