√Cara Merawat Kucing Persia©

Diposting pada

Kucing Persia adalah salah satu jenis ras kucing yang dicari orang sebagai hewan peliharaan. Kucing lucu ini memiliki biaya perawatan yang tinggi dan relatif tinggi.

Cara-Merawat-Kucing-Persia-dengan-Benar

Namun, hal seperti itu tidak menyurutkan keinginan beberapa pecinta kucing Persia. Bagi Anda, beberapa pemula tentu akan sedikit bingung memelihara kucing Persia.

Perawatan kucing Persia adalah sesuatu yang benar-benar Anda tonton. Padahal kucing ini sangat rentan terhadap penyakit. Di luar itu, bulu halus akan mudah rusak jika Anda tidak merawatnya. (Baca Juga : Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok)

Agar biaya perawatan tidak harus menghabiskan banyak uang, Anda juga dapat menguranginya. Bagi kami, kami akan memberikan Anda beberapa panduan yang dapat Anda rujuk untuk memelihara kucing Persia yang paling Anda cintai secara khusus untuk Anda beberapa pemula. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama.

Ada beberapa cara merawat kucing persia dengan baik, antara lain sebagai berikut:


  1. Tempat khusus untuk kucing Persia yang malas

Tempat khusus ini biasanya terbuat dari bantal atau tumpukan kain, di mana digunakan oleh kucing untuk kehangatan dan kemalasan. Banyak toko hewan peliharaan menawarkan berbagai bentuk tempat malas khusus ini, mulai dari harga terjangkau hingga harga yang wajar. Namun, jika kucing terinfeksi kutu atau buih, tempat khusus ini dengan pakaian malas juga harus dibersihkan dan dicuci dengan disinfektan atau sampo kutu. (Baca Juga : Cara Memandikan Kucing)


  1. Perhatikan suhu lingkungan agar tidak terlalu ekstrem

Suhu di dalam ruangan disarankan tidak terlalu dingin, panas atau lembab. Jika suhu lingkungan terlalu ekstrem, kucing akan merasa gelisah dan tidak nyaman. Biasanya, ini adalah salah satu alasan mengapa kucing Persia sering mencari kesalahan untuk keluar dari ruangan.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Kucing Hamil©

  1. Potong kuku dengan rajin

Kuku pada kucing Persia bisa tumbuh lama. Kuku kucing Persia yang tajam dapat melukai manusia. Jadi, untuk menghindari ini, Anda harus memberikan manipulasi tambahan seperti memotong kuku. Biasanya, di alam liar, kucing Persia menggaruk kuku atau cakar di pohon, selain sebagai tanda batas teritorial, ini juga dilakukan untuk menumpulkan kuku mereka yang panjang dan mengganggu. (Baca Juga : Cara Memotong Kuku Kucing)


  1. Undang kucing Persia untuk bermain

Bermain dengan kucing Persia dapat mengurangi stres dan kebosanan di kedua sisi, baik pemilik dan kucing peliharaan. Cara termudah adalah menggoda kucing dengan bulu yang diikat dengan tali, kemudian mendekatkannya ke wajah kucing dan menembak ketika kucing mencoba menggapainya.


  1. Sediakan berbagai makanan yang disarankan

Variasi pola makan dilakukan agar kucing tidak merasa bosan dengan makanan ini saja. Makanan yang bisa disumbangkan termasuk makanan kering seperti biskuit kucing, makanan basah seperti ayam, ikan, dan daging sapi. (Baca Juga : Manfaat Kuning Telur untuk Kucing)


  1. Berikan kotak pasir untuk buang air besar kucing

Kotak pasir harus disediakan karena kucing memiliki naluri alami untuk menyingkirkan kototran di daerah berpasir dan kemudian menutupi kotoran mereka dengan pasir. Jika kucing buang air besar di kotak pasir ini, pemiliknya harus segera membuang kotorannya. Jika kotoran menumpuk, kucing tidak hanya akan terserang penyakit, tetapi juga manusia.


  1. Jaga kesehatan mulut kucing

Jika pemilik sering memberikan makanan basah kepada kucing, terutama yang memiliki tekstur keras seperti daging, pemilik juga harus memperhatikan kesehatan mulut kucing. Sisa makanan keras seperti daging bisa menempel di gigi Anda. Jika sisa makanan tertinggal, itu bisa membuat mulut kucing merasa dan tidak sehat. Bersihkan mulut kucing dengan sikat. Dibutuhkan kesabaran, kesabaran dan ketekunan untuk membersihkan mulut kucing.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Ciri-Ciri Kucing Anggora©

  1. Nutrisi dalam makanan

Nutrisi dalam makanan kucing Persia harus menjadi perhatian, karena kucing juga membutuhkan makanan yang seimbang. Malnutrisi karena selalu makan makanan yang sama akan berdampak negatif pada kucing. Ini terutama terlihat dari berat badan kucing yang lebih ringan dari kucing pada umumnya. Kucing Persia yang kekurangan nutrisi juga memiliki bulu kusam. (Baca Juga : Cara Menggemukkan Kucing Secara Alami)


  1. Batasi aktivitas kucing Persia di luar ruangan

Membatasi kegiatan di luar ruangan tidak dilakukan sebagai bentuk penahanan atau pemaksaan agar kucing tetap berada di rumah, tetapi itu dilakukan sebagai bentuk perlindungan kucing Persia terhadap penyakit dan hewan liar. Kucing persia yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan memiliki potensi serangan yang lebih tinggi bahkan jika mereka adalah penyebab kudis.


  1. Membiarkan kucing Persia saja bisa menyebabkan jalanan

Kucing persia yang tinggal di rumah terlalu lama, bahkan jika kebutuhan makanannya terpenuhi, tetapi siapa yang masih memiliki potensi untuk tertekan. Maka yang terbaik yang bisa dilakukan pemilik adalah meninggalkannya dalam perawatan kucing.


  1. Perhatikan kebersihan kandang

Kebersihan kandang sangat penting bagi kucing Persia. Jika kandang tidak dirawat dengan baik, kucing Persia dapat tertular penyakit ini. Bersihkan kandang kucing Persia dengan cairan desinfektan, untuk menghindari keberadaan kuman dan bakteri. Pembersihan kandang kucing Persia dapat dilakukan seminggu sekali atau setiap dua minggu. Jika kucing sudah terkena skabies, kandang harus diberi perhatian khusus, karena ada kemungkinan kutu menyebabkan kudis di kandang. Untuk menghilangkan kutu ini, pemilik kucing Persia dapat mencuci kandang dengan sampo dan kutu kucing yang menular.


  1. Menjaga kebersihan tempat makan

Tempat Makan Ada juga kebutuhan untuk mendapatkan perhatian lebih dari pemilik kucing Persia. Apalagi jika pemiliknya sering memberikan makanan basah favorit kucingnya seperti ikan, ayam atau sapi. Cairan yang tersisa dari makanan basah jika tidak segera dibersihkan akan menyebabkan penyakit. Jadi, hal terbaik yang harus dilakukan secara teratur adalah mencuci sampai tidak ada lagi aroma yang tersisa dari makanan basah di wadah makanan kucing.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Merawat Kucing Anggora©

  1. Gunakan sampo anti-kutu

Memandikan kucing Anda dengan sampo kutu harus dilakukan untuk mencegah kutu mendarat di bulu kucing atau memadamkan keberadaan kutu yang sudah menyala dan bersarang di tubuh kucing. Jika kucing Persia terinfestasi dengan kutu, kucing akan selalu menggaruk tubuh tempat kutu bersarang, jika mereka tidak segera dirawat, kehadiran kutu ini juga dapat menyebar dan menyebar ke hewan peliharaan lain, tidak hanya kucing, tetapi anjing dan hamster. (Baca Juga : Cara Menghilangkan Kutu Kucing)


  1. Menyisir rambut kucing Persia secara teratur

Menyisir bulu kucing Persia dilakukan untuk merapikan bulu yang kusut. Menyisir bulu kucing bisa dilakukan setelah mandi atau ketika pemiliknya bebas dan tidak ada aktivitas.


  1. Rutin Vaksinasi

Vaksinasi pada kucing biasanya diberikan jika kucing memiliki penyakit, yang sering terjadi ketika kucing menderita kudis. Vaksinasi ini dapat mengobati kucing dari tubuh mereka, bertindak sebagai obat. Untuk mendapatkan vaksinasi, pemilik biasanya menghubungi dokter hewan atau toko hewan peliharaan yang menyediakan layanan vaksinasi, tentu saja, perlu dicatat bahwa dokter hewan harus memberikan vaksin.


Tambahan:

Saya akan menambahkan video untuk cara merawat kucing persia yang benar dibawah ini:


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “15 Cara Merawat Kucing Persia dengan Benar

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: