√Kucing Hamil Muda©

Diposting pada

Bagi Anda pecinta kucing atau untuk pertama kalinya memelihara kucing yang sedang hamil, perlu memperhatikan beberapa hal penting yang nantinya akan berhubungan dengan kesehatan anak kucing.

Cara-Merawat-Kucing-Hamil-Muda

Seperti anjing, kucing juga bisa menjadi hewan peliharaan yang patuh dan patuh dengan majikan jika Anda merawat mereka dengan rasa tanggung jawab penuh.

Keputusan untuk memelihara kucing harus diikuti dengan pengetahuan yang baik, khususnya yang berkaitan dengan perawatan kucing hamil muda sehingga nantinya induk kucing dapat bertahan hidup dan melahirkan anak kucing yang sehat.

Berikut dibawah ini terdapat 19 cara merawat kucing sedang hamil muda, antara lain sebagai berikut:


1. Sediakan makanan terbaik

Kucing muda dan hamil membutuhkan protein dan vitamin karena kebutuhan nutrisi akan meningkat untuk dibagikan kepada anak-anak mereka. Protein diperlukan untuk perkembangan janin yang lebih baik, jadi pastikan untuk menyediakan makanan kaya protein untuk kucing dengan memeriksa persentase protein dalam kemasan makanan kucing. Akan lebih baik jika kucing yang hamil menerima makanan anak kucing atau anak kucing yang memiliki perawat lebih tinggi daripada makanan kucing dewasa, yang bisa menjadi penyebab kucing yang tidak mau makan.

Baca Juga : Tanda-Tanda Kucing Hamil


2. Tambahkan vitamin dan kalsium

Dua jenis suplemen, yaitu vitamin dan kalsium, juga sangat penting untuk diberikan kepada kucing muda dan kucing hamil untuk memastikan kesehatan ibu kucing dan anaknya. Namun hindari memberikan terlalu banyak suplemen kalsium karena dapat meningkatkan perkembangan tulang janin terlalu banyak pada kucing, sehingga ukuran anak kucing terlalu besar dan sulit untuk dilahirkan atau distokia.


3. Jangan tinggalkan rumah

Pastikan juga kucing hamil Anda tetap di dalam ruangan untuk mengurangi risiko tertular penyakit. Sementara situasi di rumah harus tenang dan tidak terganggu oleh kucing-kucing liar berkelahi di sekitar rumah. Sedangkan untuk kubah, kucing masih bisa diizinkan meninggalkan rumah tetapi harus selalu diawasi agar tidak diserang oleh kucing lain.


4. Hindari memberi obat

Selama kehamilan kucing, hindari pemberian jenis obat tertentu yang akan memiliki efek merugikan, sehingga pengobatan harus diberikan dalam keadaan darurat seperti penyakit. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda sebelum memberikan pengobatan kepada kucing dan juga bagaimana merawat kucing yang agak sakit yang dapat diberikan dengan sangat tepat oleh dokter. Misalnya, jika kucing muda yang sedang hamil menderita cacingan, maka harus diberi obat herbal yang aman karena jenis kutu, anthelmintik dan antibiotik jenis lain dapat mengganggu dan melahirkan kucing janin yang cacat atau bahkan keguguran.


5. Jangan memandikan kucing

Jangan pernah memandikan kucing hamil atau tua Anda, meskipun hanya dilakukan satu kali saja, karena hal ini dapat menyebabkan keguguran pada anak kucing. Juga hindari memegang, meremas atau meremas perut kucing, tetapi gosok dengan lembut. Juga hindari menggendong kucing, seolah-olah tidak pergi, itu bisa berdampak buruk bagi janin dan menghindari kebisingan yang dapat mengejutkan induk kucing.

Baca Juga : Ciri-Ciri Kucing Berhasil Kawin


6. Ciptakan tempat yang nyaman

Untuk menambah kenyamanan ibu kucing, tambahkan kotak kardus besar dengan handuk dan serpihan koran. Ini harus dilakukan karena ibu kucing akan mencari tempat yang paling nyaman saat melahirkan. Pastikan juga tempat itu bersih, hangat dan selalu dipantau di mana tempat ini seharusnya disediakan 2 hingga 3 minggu sebelum pengiriman.


7. Tinggal jauh dari kucing lain

Jika Anda memiliki lebih dari satu kucing, persiapkan tempat khusus untuk melahirkan yang jauh dari tempat kucing tersebut berkumpul karena sebagian besar kucing tidak ingin melahirkan di dekat kucing lain dan dapat menyebabkan karakteristik stres. kucing. Selain itu, kucing yang akan memiliki anak umumnya lebih ganas karena naluri seorang ibu untuk melindungi anak mulai muncul sehingga harus dijauhkan dari perkelahian.


8. Berikan air minum terbaik

Ketika kucing hamil, Anda harus menghindari menerima susu yang sering dikonsumsi manusia karena berbeda dalam hal kandungan gizi. Yang terbaik adalah menyediakan air minum yang telah dimasak untuk menjaga kesehatan pencernaan dan lebih aman untuk dikonsumsi kucing muda, yang juga merupakan cara terbaik untuk merawat kucing dehidrasi.


9. Jangan lakukan vaksin

Vaksin adalah cara memasukkan virus ke dalam tubuh kucing sehingga ketika kucing masih muda, vaksinasi dilarang keras. Karena dikhawatirkan virus dalam vaksin akan membunuh anak kucing yang masih dalam kandungan kucing dan akhirnya mengalami keguguran.


10. Jangan menyatukan pria dengan wanita

Sebagian besar pemilik kucing berpikir bahwa menggabungkan kucing jantan dengan kucing betina muda adalah hal yang baik untuk dilakukan. Namun, ini sebenarnya berbahaya karena kucing jantan dan betina dapat menikah kembali, menyebabkan keguguran. Untuk alasan ini, pisahkan kucing jantan dan kucing betina ketika mereka masih muda.

Baca Juga : Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan


11. Tambahkan kalori dan lemak

Seekor kucing muda yang hamil membutuhkan lebih banyak kalori selama kehamilan, karena ia juga memberi makan 1 hingga 5 anak kucing di perutnya, sehingga asupan kalori perlu ditingkatkan. Selain kalori, kucing muda yang hamil juga membutuhkan asupan lemak tinggi. Tidak seperti manusia yang membutuhkan karbohidrat untuk energi, kucing hamil membutuhkan lemak untuk energi dan juga merupakan metode penggemukan yang paling efektif untuk kucing.


12. Berikan makanan yang mudah dicerna

Saat membeli makanan untuk kucing hamil, perhatikan kapasitas pencernaan label pada label dan ukur jumlah makanan yang bisa dicerna, rusak dan diserap kembali dan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh dan dibuang sebagai limbah. Pilih jenis makanan yang mudah dicerna karena akan memberikan banyak kalori tetapi jumlah makanan tidak berlebihan dan memberi sedikit ruang di perut kucing hamil sehingga anak-anaknya dapat tumbuh dengan baik.


13. Waspadalah terhadap parasit

Idealnya, kucing harus divaksinasi sebelum hamil sehingga anak kucing dapat menjadi kebal dan meningkatkan kesehatan anak kucing. Tapi hindari vaksinasi saat kucing hamil. Selain itu, berhati-hatilah terhadap parasit dengan berhati-hati jika kucing memiliki cacing usus atau kutu dan cara menghilangkan jamur pada kucing juga harus dilakukan sebelum menjadi lebih buruk.


14. Periksa cairan vagina yang tidak normal

Periksa juga vagina kucing, terutama jika Anda melihat sesuatu yang aneh dan bau. Hal ini dapat terjadi selama masa kehamilan dan persalinan kucing dan harus segera dibawa ke dokter jika ada anomali ini, terutama jika kucing sering menjilati area vulva karena jika sudah terlambat, akan ada tanda-tanda kematian kucing.


15. Kunjungi dokter hewan secara teratur

Mengunjungi dokter hewan secara teratur selama kehamilan muda sangat penting dan wajib. Selama inspeksi pertama. dokter akan melakukan pemeriksaan umum dengan melakukan USG dan memperkirakan kelahiran anak kucing. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan beberapa obat dan saran perawatan berdasarkan kebutuhan kucing Anda, serta janji temu rutin untuk memeriksa kehamilan dan kesehatan ibu kucing dan anak-anaknya. Jangan mengikuti ujian di dokter sehingga kehamilan kucing dapat berjalan dengan baik tanpa perlu mengancam kesehatan ibu atau anak kucing, terutama ketika itu menunjukkan karakteristik kucing yang akan melahirkan.

Baca Juga : Cara Membantu Kucing Melahirkan


16. Gunakan pasir berkualitas

Terkadang kucing akan melahirkan di tempat yang kotor dan pasir di dalam kotak akan menempel pada tubuh anak kucing yang baru lahir. Ketika ini terjadi, induk kucing tidak ingin membersihkan tubuh anak kucing yang tertutup pasir bergelombang untuk menggunakan pasir zeloit yang murah dari segi harga tetapi teksturnya tidak bergelombang.


17. Perhatikan kesehatan kucing

Bahkan jika kucing hamil muda tampak sehat dan tidak memiliki masalah selama kehamilan, tidak pasti kucing Anda benar-benar sehat. Cari masalah akut tertentu pada kucing seperti kehilangan nafsu makan yang dapat mengurangi nutrisi penting selama kehamilan kucing. Jika Anda melihat darah bercampur urin pada kucing atau jika Anda berjongkok tetapi tidak ada urin keluar, ini mungkin merupakan tanda bahwa kucing memiliki infeksi rahim yang sangat menyakitkan dan akan memengaruhi anak kucing. itu tidak segera diobati.


18. Perawatan selama kehamilan kucing

Kucing yang sedang hamil juga cenderung merasa lelah sehingga mereka tidak dapat membersihkan seluruh bagian tubuh mereka seperti biasa, sehingga mereka membutuhkan perawatan tambahan. Anda juga dapat membantu kucing Anda dengan perawatan yang lembut dan normal menggunakan bahan-bahan lembut.


19. Awasi kucing dengan mual di pagi hari

Seperti manusia, kadang-kadang kucing yang hamil, terutama pada minggu ketiga dan keempat kehamilan, akan menderita mual di pagi hari karena perubahan hormon dan distensi uterus pada kucing. Ketika ini terjadi, kemungkinan kucing tidak mau makan dan jika dipaksa, akan muntah. Mual pagi hari dapat terjadi selama beberapa hari dan karenanya harus segera dibawa ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “19 Cara Merawat Kucing Hamil Muda dengan Baik dan Benar

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this:

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Agar Kucing Pup di Pasir©