√Cara Merawat Kucing Exotic Shorthair©

Diposting pada

Saat ini, kucing memiliki berbagai ras yang memiliki sisi kesenangan yang unik dan berbeda. Seperti jenis kucing Persia eksotis yang populer di seluruh dunia, kucing cantik ini memiliki harga yang relatif mahal di Indonesia.

Cara-Merawat-Kucing-Exotic-Shorthair-dengan-Baik

Jika Anda pemilik kucing jenis ini, Anda harus mendengarkan dengan seksama cara merawat kucing berambut pendek yang eksotis di ulasan berikut ini agar kucing Anda menjadi lebih sehat dan lebih menggemaskan.

ada 7 cara merawat kucing exotic shorthair dengan baik dan benar bagi pemula, antara lain:


1. Pilihan Makanan dengan kaya nutrisi

Makanan menjadi faktor penting bagi pertumbuhan kucing, jadi Anda harus sangat berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi oleh kucing berambut pendek ini.

Pilihan makanan buta akan membuat kucing menjadi kuat, yang sering membuat mereka sakit. Faktanya, makanan ini tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kucing Anda.

Makanan yang cocok untuk kucing Persia eksotis adalah keju, ikan, dan daging. Keju adalah makanan yang baik karena mengandung protein dan vitamin pendukung lainnya.

Proses pertumbuhan dapat dibantu dengan memberi makan ikan karena mengandung banyak protein dan asam amino. Tetapi Anda tidak boleh memberi makan ikan terlalu sering karena ini dapat membuat kebutuhan vitamin E Anda tidak mencukupi. (Baca Juga : Cara Merawat Kucing Persia)

Tahukah Anda Kucing berambut pendek yang eksotis ini adalah hasil dari persilangan yang disengaja, yaitu persilangan antara kucing Persia dan kucing berambut pendek Inggris

Daging dapat menjadi alternatif dalam perawatan kucing pendek berambut eksotis, karena dapat membuat kucing Anda lebih aktif. Tidak hanya itu dengan mengonsumsi daging, nafsu makan pada kucing akan meningkat.

Anda bisa memberi beberapa varian daging yang sebelumnya telah dipotong-potong, yaitu ayam, kelinci, dan sapi. Makanan ini bisa menjadi pengalih perhatian agar kucing tidak bosan makan makanan kering.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Merawat Kucing Kampung©

2. Rajin membersihkan bulu

Kucing Persia eksotis memiliki rambut pendek, tetapi Anda harus selalu menjaga rambut Anda bersih dan indah. Anda bisa melakukan perawatan rambut seperti menyisir, mengeringkan dan mandi agar rambut tetap lembut.

Pemindaian rutin juga merupakan salah satu cara untuk mencegah rambut rontok, bahkan kusut atau berumbai. Bulu yang terkoagulasi akan menyakiti kucing karena tertarik pada kulitnya.

Kucing terbiasa menjilati tubuh mereka, yang menghabiskan 30% dari kehidupan sehari-hari mereka. Sehingga jika rambut tidak dirawat dengan benar, ia bisa masuk ke sistem pencernaan.

Anda harus berkonsultasi dengan ahli untuk merawat bulu kucing yang kusut. Sisir dua kali sehari jika bulu kucing tebal, menggunakan sisir logam untuk menghindari cedera pada kucing Anda.


3. Menjaga kandang kebersihan

Bulu tidak hanya harus dijaga kebersihannya, kebersihan kandang juga harus dijaga dengan cara merawat kucing eksotis berambut pendek yang harus Anda perhatikan. Kandang menjadi tempat yang mudah untuk menyebarkan penyakit jika kandangnya kotor.

Selain itu, kucing melakukan banyak aktivitas di kandang. Kotoran kucing yang tidak Anda bersihkan akan memicu penyakit dan bau tak sedap yang akan membuat Anda semakin enggan membersihkannya.

Bakteri dapat berkembang biak dengan cepat jika kotorannya tidak segera dibersihkan. Kondisi kandang yang kotor juga dapat terjadi akibat sisa makanan yang rontok dan tertinggal.

Kandang basah karena tumpahan air atau kencing juga akan membuat bulu kucing Anda kusut dan jelek. Karena itu Anda harus membersihkan kandang secara teratur sehingga kandang tidak menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri.

Anda juga harus rajin mengganti alas dan makanan dan minuman di kandang. Pasir untuk menghilangkan kotoran juga harus diganti dengan rajin.

Kucing Anda tidak akan terlihat menggemaskan jika tubuhnya kotor karena kondisinya yang jarang dibersihkan. Anda bahkan dapat menyemprotkan antibakteri ke dalam kandang atau terkadang menggantungnya sehingga kuman mati. (Baca Juga : Cara Merawat Kucing Anggora)


4. Berikan vitamin secara teratur

Cara selanjutnya untuk merawat kucing pendek berambut eksotis adalah dengan menyediakan vitamin secara teratur agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Vaksin Pada Kucing©

Vitamin juga dapat berguna dalam membangun kekebalan sehingga kucing Anda bisa kebal terhadap berbagai penyakit yang dapat mengancamnya kapan saja. Anda dapat mencampur vitamin dengan minuman dan juga melalui vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh kucing.

Kucing berambut pendek eksotis lebih dimanjakan daripada kucing panjang Persia, warnanya biasanya kucing, penyu, hitam, putih dan perak dan kucing ini memiliki umur hingga 15 tahun

Anda harus melakukan vitamin dan vaksinasi secara teratur dengan menjadwalkan dengan dokter hewan Anda.

Selain itu Anda bisa memantau perkembangan kucing imut ini, Anda juga bisa melakukan pencegahan dini terhadap berbagai penyakit yang mengancam kucing Anda. Flu kucing, calici, panleukeponia dan lainnya adalah penyakit paling umum yang mempengaruhi kucing jenis Persia ini.


5. Mengatasi masalah dengan saluran mata

Beberapa kucing berbulu pendek eksotis memiliki masalah dengan saluran air mata mereka. Jika kucing Anda mengalaminya, kucing akan sering menangis dan banyak lagi.

Air mata yang tidak segera dibersihkan akan merusak rambut di sekitar mata dan bahkan dapat menyebabkan infeksi. Anda harus membeli sapu tangan khusus untuk membersihkannya, Anda juga bisa membersihkan hidung juga.


6. Menjaga kesehatan mental kucing

Memiliki kucing tidak hanya bertanggung jawab untuk kesehatan fisik, tetapi kesehatan mental juga harus dijaga karena merupakan cara merawat kucing eksotis berambut pendek.

Anda dapat menjaga kesehatan mentalnya dengan tidak berteriak dan bahkan memperkosanya karena ini dapat membuat kucing eksotis lebih tertekan. Anda juga dapat mengundangnya untuk bermain ketika Anda bebas.

Permainan bisa dimainkan di rumah atau di halaman belakang jika Anda memiliki halaman yang luas. Anda dapat berburu atau bermain menggunakan game kucing khusus seperti bola misalnya. (Baca Juga : Cara Melatih Kucing)

Aktivitas ini dapat menjaga kesehatan mental kucing Anda, karena kucing selalu dipertimbangkan dan menerima banyak kasih sayang dari pemiliknya. Anda tidak hanya dapat mengembangkan kimia dengan kucing Anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Memelihara Kucing Agar Gemuk©

7. Mengeringkan atau menjemur kucing

Jenis kucing Persia eksotis ini juga perlu waktu untuk tan. Mengeringkan kucing memiliki banyak manfaat bagi kucing Anda.

Dengan pengeringan di bawah sinar matahari, bakteri dalam tubuh kucing yang dikemas ini dapat dikurangi dan bahkan dibunuh. Mengeringkan juga bisa membuat bulu lebih cantik dan lembut. Manfaat lain adalah tubuh kucing menjadi lebih dingin.

Pengeringan kucing adalah salah satu cara untuk merawat kucing berambut pendek eksotis yang harus Anda lakukan secara teratur. Pengeringan direkomendasikan di pagi hari dengan kucing di kandang. Anda cukup kering di bawah sinar matahari dari 7 jam hingga 9 jam.

Namun, durasi harus disesuaikan dengan kondisi kucing Anda. Setelah berjemur, Anda bisa memijat dan menyisir bulu dengan lembut. (Baca Juga : Cara Memandikan Kucing)

Kucing berambut pendek yang eksotis adalah kucing yang diakui oleh Asosiasi Asosiasi Peternak pada tahun 1977 dan baru masuk ke Indonesia pada tahun 2015. Kucing ini adalah salah satu kucing mahal yang ekornya dibanderol dengan harga Rp. 2 juta hingga Rp. 15 juta.

Kucing ini juga termasuk kucing yang mudah dirawat karena mereka memiliki bulu pendek dan lembut. Dalam perawatan, Anda perlu melibatkan para ahli untuk mencapai hasil maksimal.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “18 Penyebab Kucing Muntah yang Wajib Tahu dan Dihindari

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: