√Cara Merawat Anak Kucing©

Diposting pada

Bagi Anda yang menyukai kucing, memiliki bayi kucing adalah hal yang sangat menyenangkan. Terutama jika Anda melihat anak kucing yang lucu itu menyenangkan. Tetapi sebagai pemilik, Anda juga harus tahu cara merawat bayi kucing.

Cara-Merawat-Anak-Kucing-yang-Baru-Lahir

Karena tentu saja perawatan anak kucing sangat berbeda dengan perawatan kucing dewasa. Terutama jika tidak ada orang tua, tentu saja, Anda harus sangat berhati-hati, karena anak kucing yang baru lahir belum dapat menemukan makanan mereka sendiri.

Usia 1 hingga 3 bulan adalah usia yang rentan untuk anak-anak kucing yang baru lahir, di mana anak-anak kucing baru mulai tumbuh dan masih sangat tergantung pada induknya. Tetapi berbeda dengan anak kucing yang tidak memiliki ibu.

Anda benar-benar harus bertindak sebagai pengganti orangtua dan perhatian, mulai dengan makan, membersihkan, dan mengajar mereka untuk buang air besar.


Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Secara umum, anak kucing yang baru lahir harus dekat dengan induknya sampai usia delapan minggu. Setelah melalui fase ini, anak kucing dapat diadopsi atau dipisahkan dari induknya. Dalam

Cara merawat kucing yang baru lahir membutuhkan perhatian ekstra, terutama untuk anak kucing yang tidak bisa menyusui dari induknya. Ini dilakukan untuk membuat anak kucing, mendapatkan nutrisi yang baik untuk ketahanannya. (Baca Juga : Cara Merawat Kucing Exotic Shorthair)

Ada beberapa cara merawat anak kucing yang baru lahir, antara lain sebagai berikut:


1. Cari induk untuk kucing yang baru lahir

Jika anak kucing yang baru lahir tidak memiliki ibu, tugas Anda adalah menemukan ibu angkat untuk anak kucing tersebut. Induk kucing dapat ditemukan di peternak kucing, dokter hewan, atau tempat penampungan hewan yang tahu cara merawat kucing.

Minta bantuan dari orang yang ahli dalam perawatan kucing, ini akan sedikit membantu Anda.

Bahkan jika Anda memiliki orang tua yang siap menyusui, tidak pasti bahwa orang tua akan menerima anak kucing.

Dalam Cara merawat bayi kucing untuk menghindari risiko ibu kucing menolak, Anda harus merawatnya saat ibu kucing berinteraksi dengan anak kucing.

Karena bisa jadi ketika Anda lengah, ibu kucing yang tidak menerima anak kucing dapat mencoba membunuhnya.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Mengatasi Scabies Pada Kucing©

Selain itu, jika ibu kucing tidak menerima anak kucing, Anda juga dapat mencoba menyamarkan bau bulu kucing yang baru dengan menggosok bulu kucing di lift inang. Metode ini dapat membuat anak kucing diterima oleh induk angkatnya.


2. Jaga agar anak-anak kucing tetap hangat

Jika Anda menemukan anak kucing lahir tanpa ibu, Anda harus segera melindungi anak kucing dari kedinginan dengan memberinya tempat yang hangat.

Anak kucing yang baru lahir masih tidak dapat melepaskan panas ke dalam tubuhnya sendiri, karena hal ini dapat membuat anak kucing bertahan hidup sampai usia empat minggu. Secara umum, anak kucing dan induk kucing lainnya akan saling menghangatkan.

Tahukah Anda Kucing tidur rata-rata 16 hingga 18 jam sehari. Jadi jika Anda melihat kucing tidur sepanjang waktu, itu bukan karena kucing itu malas

Dalam hal Cara merawat bayi kucing selama minggu pertama, Anda harus menjaga suhu tubuhnya pada suhu 33 derajat Celcius. Kemudian, untuk dua minggu ke depan, anak kucing masih membutuhkan suhu di bawah 30 derajat Celcius.

Jika anak kucing berusia lima minggu, ini menandakan bahwa ia telah mampu menahan suhu di bawah suhu kamar. Atau Anda juga dapat menempatkan anak kucing dalam wadah padat dengan kain tebal untuk menghangatkan tubuh anak kucing. (Baca Juga : Cara Merawat Kucing Anggora)

Alternatif lain juga dapat dibuat dengan mengisi botol gelas dengan air hangat dan kemudian menempatkannya di antara anak kucing. Ini berguna untuk mengganti panas tubuh orang tua.

Tapi hati-hati, jangan menaruh botol langsung bersentuhan dengan anak kucing, ini mencegah kulit anak kucing dari terbakar.


3. Berikan susu yang baik

Pilihan susu merupakan persyaratan utama untuk anak kucing yang baru lahir. Susu yang disumbangkan adalah susu formula khusus, biasanya susu tersebut dijual di toko hewan peliharaan atau dapat juga direkomendasikan oleh dokter hewan.

Namun perlu diingat bahwa anak kucing tidak diperbolehkan mengonsumsi susu yang setara dengan ASI. Ini akan menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan anak kucing.

Untuk alat yang digunakan untuk memberikan susu kepada anak kucing, Anda dapat menggunakan botol yang dirancang khusus untuk anak kucing.

Tetapi ada beberapa hal yang harus diwaspadai, jangan berikan susu terlalu kuat di mulut kucing. Segala sesuatu yang akan digunakan harus dibersihkan terlebih dahulu.

Untuk susu yang akan diberikan kepada anak kucing harus dipanaskan sesuai dengan suhu anak kucing dan berikan setiap 3-4 jam. Metode ini adalah cara yang cukup efektif untuk merawat bayi kucing Anda. Biarkan anak kucing menghisap cairan dengan kecepatannya sendiri.

Karena jika Anda memaksakannya, ada kemungkinan paru-paru diisi dengan susu menyebabkan pneumonia. Selalu periksa wadah susu untuk mengetahui jumlah susu yang akan diberikan kepada anak kucing.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Kucing di Rumah©

Biasanya, anak kucing hanya membutuhkan sekitar delapan cc untuk setiap berat tubuh kucing setiap hari. Tidak hanya itu, saat menyediakan makanan, seseorang juga harus memperhatikan dosis yang telah ditetapkan.


4. Perhatikan kebersihan kucing

Anak kucing yang baru lahir biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur, yang menyebabkan kotoran menumpuk di sekitar mata mereka.

Untuk membersihkannya, ia juga tidak boleh gegabah dan gegabah, membutuhkan perawatan khusus, yaitu menggunakan kain yang dibasahi air hangat, lalu perlahan-lahan gosok area mata kucing yang penuh dengan kotoran hingga bersih.

Selain itu, kebersihan tubuh kucing yang harus diperiksa selanjutnya adalah anus dan tali pusar, karena pada bagian ini, kotoran sering ditimbun di bagian ini.

Anda juga bisa menggunakan handuk hangat dan lembab untuk membersihkan tubuh dan bulu kucing. Ini akan membuat anak kucing merasa jika dirawat. (Baca Juga : Cara Merawat Kucing Persia)


5. Proses menyapih

Proses menyapih juga termasuk dalam Cara merawat bayi kucing. Penyapihan bisa dilakukan untuk anak kucing sejak empat minggu. Pertama beri dia susu dalam wadah, lalu makanan padat.

Memberi makan anak kucing biasanya akan berhasil, Anda juga bisa memberi makan campuran makanan dengan cairan apa pun untuk membantu anak kucing mencerna makanannya.

Saat anak kucing terbiasa makan dan minum dari mangkuk, botolnya bisa dikurangi. Untuk mengenalkan makanan padat untuk kucing, bisa menyediakan makanan kucing dalam bentuk kotak.

Biasanya, makanan kaleng ini mudah ditemukan di toko hewan peliharaan. Selalu periksa berapa banyak makanan yang ingin Anda berikan pada anak kucing. Mengubah dosis makanan terlalu sering juga tidak baik, karena dapat menyebabkan diare sampai mati.

Untuk anak kucing yang baru lahir, ini juga membutuhkan pendekatan emosional. Ini berarti bahwa dalam kasus ini, berikan perhatian khusus kepada anak kucing.

Contohnya suka mengundangnya untuk bermain. Dipercayai bahwa kucing yang mendapat perhatian dan perawatan khusus akan menjadi lebih pintar. Metode ini juga direkomendasikan oleh pelatih kucing yang berkualifikasi.


6. Membantu membersihkan plasenta pada induk kucing

Setelah induk kucing selesai melahirkan, Anda harus segera merawat anak kucing.

Namun, di sisi lain, Anda juga harus merawat ibu kucing. Dalam hal ini, Anda harus membersihkan sisa plasenta pada induk kucing.

Pada dasarnya, kucing mampu melahirkan sendiri.

Namun, untuk membersihkan plasenta, mereka membutuhkan bantuan Anda. Membersihkan plasenta juga akan membantu anak kucing yang baru lahir.

Saat membersihkan plasenta, anak kucing akan dengan mudah mendekati induknya tanpa rasa jijik karena bau tengik dari sisa plasenta.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Antibiotik Untuk Kucing Luka©

7. Jangan memegang banyak pada usia 1 minggu

Anak kucing memiliki tubuh yang lucu dan menggemaskan. Karena kondisi fisik ini, hampir semua pemilik kucing ingin memegangnya.

Namun, dalam hal ini, untuk perawatan anak kucing yang baru lahir, ada aturan yang harus Anda ikuti.

Dalam hal ini, Anda tidak boleh memegang banyak anak kucing yang baru lahir, terutama ketika mereka belum berusia 1 minggu. (Baca Juga : Cara Mengobati Kucing Tidak Mau Makan)

Ini masuk akal karena ibu kucing pasti akan marah jika Anda menggendong anak yang masih lemah.

Selain itu, kondisi fisik anak kucing yang baru lahir, terutama yang berumur kurang dari seminggu, masih sangat buruk. Ini adalah sesuatu yang harus diwaspadai karena akan berbahaya jika Anda terlalu banyak memegangnya.


8. Perhatikan kelancaran pup

Anak kucing yang baru lahir sering mengalami masalah dengan buang air kecil dan tinja yang lembut. Ini sebenarnya masuk akal karena organ mereka tidak bisa berfungsi dengan baik.

Jadi apa yang harus dilakukan untuk ini? Dalam hal ini, pemilik kucing harus aktif.

Jika anak kucing tidak dapat membersihkan sisa tinja, pemilik dapat membersihkannya menggunakan tisu basah.


9. Timbang berat anak kucing

Contoh perawatan untuk anak kucing yang baru lahir yang juga penting untuk dilakukan adalah menimbang berat anak kucing.

Menimbang berat anak kucing cukup penting, terutama untuk melihat perkembangan anak kucing. Dalam hal ini, Anda dapat menimbang saat anak kucing berusia 2 bulan.


10. Periksakan kesehatan kucing Anda

Biasanya, kucing akan tumbuh 10 gram per hari.

Berkat perhitungan ini, Anda dapat memperkirakan berat anak kucing pada 2 bulan.

Jika pada 2 bulan anak kucing memiliki berat yang lebih sedikit, itu berarti ada masalah dalam proses pertumbuhan.

Nah, Anda harus memeriksa kondisi anak kucing. (Baca Juga : Cara Menggemukkan Kucing Secara Alami)


11. Bersihkan mata kucing secara teratur

Perawatan yang sering bisa diabaikan dalam merawat anak kucing adalah membersihkan mata.

Ini sebenarnya tips untuk merawat anak kucing yang baru lahir, yang sangat penting untuk dilakukan.

Dengan membersihkan mata kucing secara teratur, kucing akan terlihat lebih bersih dan tentu saja, akan menjadi lebih lucu.

Nah, untuk membersihkan mata kucing, Anda bisa menggunakan air hangat. Siapkan air panas dalam baskom dan bersihkan.

Tekan mata kucing dan bersihkan dari kotoran.

Selain kotoran yang mengganggu penglihatan, terkadang ini juga akan menyebabkan masalah dengan penglihatan kucing.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “11 Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: