√Kucing Penakut©

Diposting pada

Seekor kucing yang telah mengalami keterlambatan dalam mengenali lingkungannya atau telah menderita pelecehan fisik cenderung malu, jika tidak malu. Kucing yang beradaptasi dengan lingkungan barunya juga cenderung pemalu dan pemalu.

Cara-Menjinakkan-Kucing-Penakut-dengan-Benar

Setiap kucing memiliki beragam respons untuk mengekspresikan rasa malu. Beberapa suka bersembunyi atau bahkan takut ketika bertemu orang atau berada di lingkungan mereka. Bahkan ada kucing yang mengekspresikan rasa takutnya justru dengan sikap agresif. Jadi bagaimana dengan menjinakkan kucing pemalu atau pemalu Anda? Berikut cara untuk menjinakkan kucing penakut dibawah ini selengkapnya:


  1. Pemahaman psikologis

Anda harus mengenali karakteristik kucing yang longgar. Biasanya kucing yang pernah mengalami hal-hal negatif cenderung sulit untuk jinak di mana kucing ini akan menjadi pemalu dan enggan bertemu orang baru atau habitat baru. Karena itu, sangat penting untuk memahami aspek psikologis kucing dengan mendekatinya dengan benar tanpa harus menakut-nakuti kucing. Dibandingkan kucing liar, kucing pemalu lebih mudah jinak.


  1. Berikan ruang terpisah

Kucing yang longgar cenderung takut terhadap lingkungannya. Baik jika Anda memberi kucing ruang terpisah. Hindari kucing dari hal-hal yang bising atau keramaian yang dapat memicu meningkatnya rasa takut.


  1. Makanan

Kucing lapar pada kucing pemalu dan liar akan termotivasi oleh makanan. Anda bisa mengetahui jenis makanan apa yang disukai kucing untuk menarik minat kucing. Beberapa kucing mungkin enggan makan, jadi Anda perlu memeriksa apakah kucing suka dimotivasi oleh makanan atau tidak.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Obat Penenang Pada Kucing©

Anda bisa memancing untuk makanan yang umumnya disukai oleh kucing, salah satunya adalah seperti bacon. Anda dapat melihat bagaimana kucing Anda akan bereaksi, apakah itu menjilati, menggigit atau hanya diam. Jika kucing memberikan jawaban yang baik, Anda dapat mengulangi langkahnya.


  1. Membelai dengan tongkat

Cara selanjutnya untuk menjinakkan kucing yang longgar adalah dengan mengelusnya dan mengelusnya dengan tongkat. Kucing itu diharapkan akan digunakan untuk tongkat dan tangan Anda. Lakukan perlahan-lahan agar kucing tidak kaget dan takut. Membelai kucing dengan tongkat dapat dilakukan dengan memanggil namanya atau memintanya untuk berkomunikasi.


  1. Membelai dengan tangan

Kucing cenderung menyukai kepala hewan peliharaan mereka. Karena itu, ada baiknya jika Anda mencoba langkah-langkah ini untuk membiasakan diri dengan kucing. Sama seperti ketika Anda melakukannya dengan tongkat, ada baiknya jika Anda melakukannya perlahan setiap kali, misalnya saat kucing sedang makan atau saat istirahat. Jika kucing Anda tiba-tiba menggigit, Anda bisa melakukannya dengan menekan kepalanya dengan ringan.


  1. Bawa kucing keluar dari kandang

Terkadang kucing pemalu bosan di kandang. Untuk melatih kucing Anda agar lebih berani, Anda bisa mengeluarkannya dari kandang dan mendorong kucing untuk beradaptasi seperti bermain di luar rumah untuk mengenal lingkungan.

Anda bisa mengambilnya secara halus dan lembut. Jika kucing enggan, Anda bisa melakukannya lain kali sesering mungkin. Kucing yang longgar yang dipaksa akan menjadi agresif dan dapat melukai dirinya sendiri seperti mencakar atau menggigit. Atau Anda bisa membuka kandang kucing jika kucing ragu untuk keluar.


  1. Tingkatkan komunikasi

Di antara berbagai cara yang telah disebutkan, komunikasi menjadi salah satu faktor penting. Dengan membuat kucing membuat komunikasi terbaik, kucing akan terbiasa dengan kehadiran Anda. Semakin banyak kucing terbiasa dengan kehadiran Anda, kucing itu mungkin tidak akan lagi takut pada Anda dan Anda akan dapat mengendalikannya dengan baik.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Bermain dengan Kucing Dirumah©

  1. Menghabiskan waktu bersama

Kucing sebenarnya adalah hewan yang menggemaskan yang sangat senang jika mereka mendapatkan kasih sayang. Salah satu bentuk kasih sayang adalah menghabiskan waktu bersamanya. Jika Anda hanya meninggalkan kucing di dalam ruangan tanpa meminta untuk bermain, maka kucing akan merasa sendirian dan menjadi kucing yang pemalu karena tidak pernah menarik perhatian. Anda dapat melakukan ini di pagi dan sore hari atau ketika Anda memiliki waktu luang.


  1. Menyediakan mainan interaktif

Mungkin Anda sering sibuk atau tidak dapat menghabiskan waktu dengan kucing, Anda dapat memberikan mainan interaktif untuk kucing. Meskipun kucing pemalu, kucing sebenarnya adalah binatang yang suka bermain. Tidak perlu menyediakan mainan mahal, cukup sumbangkan mainan yang dapat memunculkan sisi aktif.


  1. Menjaga kucing dari hal-hal yang menakutkan

Anda perlu menganalisis apa yang ditakuti kucing Anda. Jika kucing takut pada binatang yang lebih besar darinya, jauhkan dia dari binatang itu. Namun, jika kucing takut dengan kondisi baru, berikan waktu untuk terbiasa dengan lingkungan barunya.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “10 Cara Menjinakkan Kucing Penakut dengan Benar

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: