√Mengobati Kucing Tidak Mau Makan©

Diposting pada

Nafsu makan berkurang adalah sesuatu yang harus Anda perhatikan sebelum hewan peliharaan Anda mengalami hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Cara-Mengatasi-Kucing-Tidak-Mau-Makan

Karena penyebab kemalasan terkadang sulit diketahui dan tidak boleh bertahan lama.

Kucing bisa lebih rentan terhadap penyakit jika mereka tidak makan bahkan selama sehari, jika ini terjadi selama proses pembakaran lemak di tubuh kucing. (Baca Juga : Penyebab Kucing Tidak Mau Makan)

Ada semacam perubahan metabolisme yang merusak jaringan hati, yang bisa disebut lipidosis hati.

Dengan demikian, hati bisa rusak dan akhirnya kucing bisa mati.

Metode ini telah dicoba oleh banyak orang untuk diatasi ketika kucing kita malas makan, jika hewan peliharaan Anda mengalaminya, Anda harus bersabar untuk merawatnya.

Hal ini dilakukan agar kucing Anda tetap sehat, karena jika kucing malas makan dan itu berbahaya.

Apalagi jika hewan peliharaan Anda memiliki karakteristik kucing hamil, tentu saja upaya ini harus dilakukan segera agar kucing dan bayi yang akan datang selalu baik dan sehat. (Baca Juga : Tanda-Tanda Kucing Hamil)

Berikut ini terdapat beberapa 10 cara mengatasi dan mengobati kucing tidak mau makan, antara lain sebagai berikut:


1. Berikan variasi makanan

Dengan memberikan variasi variasi makanan yang bisa membuat kucing Anda tidak bosan dengan makanan yang disajikan, cocok untuk kucing yang bosan dengan makanan yang sama.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Merawat Kucing Umur 1 Bulan©

Misalnya, jika saya pribadi, saya biasa menggunakan meo rasa seafood. Eh, setelah lama seperti kucing bosan saya, saya ganti tuna.

Atau jika Anda ingin lebih banyak variasi, Anda dapat mencoba mencampur rasa makanan.


2. Pancing nafsu makan si kucing

Bagaimana melakukannya?

Caranya mudah, dengan menggeser makanan di dekat hidungnya atau dengan menggosok daging kucing atau makanan basah di mulut atau hidungnya.

Aroma makanan kucing yang lezat seharusnya menyebabkan nafsu makan kucing.


3. Beri makan kucing Anda

Jika kucing Anda sakit atau lemah, cobalah memberinya makan agar mendapat cukup makanan.

Anda dapat menggunakan sendok teh, tangan atau jarum suntik (injeksi tanpa jarum) dan tentu saja makanan yang diberikan diklasifikasikan sebagai makanan basah kalengan.

Tetapi jika Anda hanya memiliki makanan kering, saya sarankan Anda tumbuk dengan air hangat. Oh ya, berhati-hatilah saat menggunakan jarum suntik!

Anda harus merawat kucing yang tidak makan dan tidur dengan lembut, memegang kepala kucing, lalu menyuntikkan makanan cair ke sisi mulut kucing dan menekan suntikan perlahan, sehingga kucing bisa melahap makanan. (Baca Juga : Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas)

Jangan semprotkan, kucing akan tersedak.


4. Obati penyakit mulut

Jika kucing Anda memiliki penyakit mulut, Anda dapat menggunakan obat manusia untuk mengobatinya.


5. Berikan vitamin

Berikan vitamin yang mengandung B-kompleks dan lisin (asam amino lisin) yang dapat dibeli di apotek terdekat, seperti biolysin, lysmin atau becombion dan biasanya merupakan tindakan untuk anak-anak.

Vitamin ini tidak hanya berguna untuk meningkatkan nafsu makan pada kucing yang tidak mau makan dan lemah, tetapi juga efektif dalam mencegah virus herpes atau flu kucing.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Memelihara Kucing Agar Jinak©

Namun, sebelum memberi vitamin pada kucing. Cobalah untuk memberinya sedikit makan atau memberinya makanan di dekatnya. Ini untuk menghindari iritasi pada perut kucing dan untuk mencegah kucing muntah.


6. Undang dia untuk bermain

Mungkin kucing Anda jarang bermain atau melakukan kegiatan, mencoba sejak dini untuk mengadopsi dia atau membuatnya terbiasa bermain sehingga ia aktif dan tidak mudah bosan, tentu saja itu akan mempengaruhi nafsu makan.

Yang paling sederhana menurut saya adalah dengan seutas tali, lemparkan saja ke kucing dan bawa untuk mengambil tali hehe.


7. Berikan tempat yang nyaman

Untuk kucing yang baru saja Anda adopsi, tentu saja akan mengalami fase depresi karena lingkungan yang tidak diketahui. Cobalah untuk membuat lingkungan tempat tinggal Anda dan kucing senyaman mungkin.

Jika Anda bisa, jauhi kucing jahat yang bahkan mungkin mengganggu untuk beradaptasi. Jika terasa enak, beri makan secara teratur.

Misalnya, jika saya menyediakan semacam tempat bagi kucing untuk bersembunyi atau macet.


8. Makan melalui tabung

Seperti namanya, pemberian makanan tabung melibatkan memasukkan makanan ke dalam perut langsung melalui pipa. Metode ini hanya untuk keadaan darurat jika Anda telah mencoba lebih dari satu upaya.

Dan jika memungkinkan, selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan kucing.


9. Bawa ke dokter

Jadilah pemilik kucing yang pengasih, jika kucing Anda sakit, memiliki masalah perut atau masalah yang tidak Anda ketahui dan kucing tetap tidak mau makan.

Segera pergi ke dokter hewan, jangan gegabah dalam menangani kucing yang takut hal ini akan memperburuk masalah mereka sendiri.


10. Jangan mencampur obat dalam makanan

Biasanya kucing dapat mendeteksi segala sesuatu yang tercampur dengan baik dalam makanan mereka, termasuk obat-obatan, karena bau kucing kuat.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Merawat Anak Kucing©

Jadi jika Anda memberikan obat terbaik secara terpisah dan menyediakan makanan secara berkala.

Ini adalah cara untuk mengatasinya jika Anda menemukan bahwa hewan peliharaan Anda adalah kucing yang tidak mau makan, Anda tidak perlu lagi khawatir.

Anda hanya perlu mengenali penyebabnya dan memberi kucing Anda perawatan yang tepat.

Jika Anda memiliki kucing, tentu saja Anda harus memperlakukannya dengan sabar ketika hewan peliharaan Anda dalam kondisi yang buruk.

Dan merawat kucing Anda dengan baik, terutama dengan memperhatikan memandikan kucing Anda.

Kucing adalah salah satu dari banyak jenis hewan yang dipelihara karena mereka manja dan lucu dan cukup mudah dirawat.

Mungkin beberapa alasan ini termasuk alasan mengapa banyak orang jatuh cinta dengan kucing.

Dan jika ada kucing yang tidak mau makan maka segera ditangani, tetapi sebelum ditanganinya harus diketahui penyebabnya.

Berikut adalah alasan mengapa kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya.

Jika Anda memelihara kucing dan hewan yang tidak mau makan, segera kenali penyebab tindakannya, karena jika dibiarkan sendirian, mereka bisa berbahaya.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “10 Cara Mengatasi dan Mengobati Kucing Tidak Mau Makan

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: