√Mengobati Kucing Mencret©

Diposting pada

Karena manusia bisa terkena diare, kucing pendamping kita juga bisa mendapatkan penyakit yang dikenal di masyarakat sebagai diare. Indikasi yang paling jelas bahwa kucing kita mengalami diare adalah bentuk kotoran. Kucing yang sehat memiliki kotoran dengan tekstur padat, sedangkan kucing dengan diare memiliki tinja yang longgar atau bahkan berair yang bahkan dapat berdarah.

Cara-Mengobati-Kucing-Mencret

Apa yang menyebabkan diare kucing? Ada beberapa hal seperti minuman dan makanan yang dikonsumsi yang cenderung kotor atau mengandung bakteri yang menyebabkan diare. Meskipun kita secara teratur menyediakan makanan dan minuman yang cenderung bersih, juga sulit bagi kita untuk mengendalikan kucing dari makan dan minum di mana saja.

Memberikan susu sapi yang mengandung laktosa juga dapat menyebabkan diare dalam beberapa kasus. Hal ini juga dapat disebabkan oleh kucing yang mengalami stres karena perubahan iklim atau lingkungan tempat mereka tinggal, ini biasanya ketika pemilik kucing berubah.


1. Cari di tempat yang bersih

Jika hewan peliharaan Anda pernah mengalami diare atau diare sebelumnya, pastikan hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan kucing. Langkah ini penting agar kucing tidak terkontaminasi oleh penyakit lain yang justru memperburuk kondisi kucing.


2. Ganti susu dengan yogurt

Dalam produk yogurt mengandung bakteri lactobacillus. Bakteri ini dikenal sebagai bakteri yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan, terutama usus. Dengan bakteri ini, dapat melawan keberadaan bakteri jahat yang menyebabkan diare pada susu kucing.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Vaksinasi Kucing Persia©

Berikan 2-3 sendok teh diare setiap kali. Karena yogurt sebenarnya adalah komposisi bahan alami, maka aman jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Selain itu, isinya sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan secara umum, untuk menghindari paparan diare di masa depan.


3. Berikan ORS untuk hewan khusus

Cara alami selanjutnya untuk mengobati diare kucing adalah oralit. Larutan ORS biasanya memiliki komposisi yang sangat alami, termasuk garam. Jika Anda tidak ingin repot, pergilah ke toko hewan peliharaan terdekat karena hampir semua toko hewan peliharaan menawarkan OR.

Cara memakannya dengan cara yang sama seperti yogurt, berikan kepada kucing setiap kali Anda mengalami diare. Sehari bisa 3-6 kali tergantung pada intensitas diare. Manfaat lain dari ORS adalah solusi elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh kucing yang hilang karena diare.


4. Berikan larutan elektrolit

Jika Anda berada dalam situasi yang berbahaya dan Anda tidak melihat OR di toko hewan peliharaan Anda, Anda dapat membuat solusi elektrolit sendiri. Pada dasarnya, ORS terdiri dari gula dan garam, sehingga bahan-bahan ini sangat mudah ditemukan.

Caranya adalah dengan menyediakan cukup 900 ml air bersih, kemudian campur dengan satu sendok makan gula dan satu sendok teh garam. Berikan pada kucing Anda setiap kali buang air besar. Pemberian rutin akan membantu mengatasi diare kucing secara bertahap.


5. Jangan memberi makan 12-24 jam

Ini adalah metode yang sangat sederhana dan tanpa modal untuk mengobati diare dan muntah. Dengan membatasi makanan terlebih dahulu, Anda akan mencegah proses pencernaan yang sedang mengalami masalah. Dengan demikian, diare akan cenderung berkurang, tetapi akan selalu memberikan air minum tanpa batasan karena kucing yang kehilangan banyak cairan akan hilang.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Mengatasi Kucing Agresif©

6. Berikan makanan lunak

Berikan makanan kucing Anda yang mudah dicerna tetapi kaya akan nutrisi setelah periode puasa sekitar 12 hingga 24 jam. Salah satunya adalah ayam atau ikan rebus. Bisa juga dicampur dengan nasi putih, dalam waktu singkat masalah diare akan segera hilang.


7. Jangan memberi sayuran dalam beberapa hari

Cara alami lain untuk mengobati diare kucing adalah dengan tidak memberi mereka makanan berserat tinggi. Makanan yang kaya serat membuat kotoran kucing lebih lunak atau berair. Salah satu makanan berserat tinggi adalah sayuran, jadi berhentilah sejenak. Dengan cara ini, dalam beberapa hari, masalah diare hewan peliharaan Anda akan segera hilang.


8. Tempe rebus

Banyak orang percaya dan membuktikan efektivitas tempe rebus dalam mengatasi diare pada hewan. Ingatlah untuk merebus tempe sampai matang sebelum memberikannya pada kucing Anda.


9. Beri kasih sayang

Selain faktor makanan dan minuman, salah satu penyebab diare kucing adalah karena stres. Stres ini disebabkan salah satunya karena perubahan lingkungan kucing. Dengan memperhatikan kucing dengan secara teratur menyediakan makanan dan minuman, belaian pada tubuh akan berdampak pada pengurangan stres kucing. Jika kucing tidak lagi stres, masalah diare akan hilang dengan sendirinya …


10. Ubah menu makanan yang disediakan

Makanan adalah salah satu penyebab diare pada kucing. Mungkin karena makanannya terkontaminasi atau kucing tidak cocok dengan makanannya. Jadi cara termudah adalah mengganti makanan yang diberikan kepada kucing. Ingat makanan yang diberikan dan tidak memiliki efek diare pada kucing.


11. Tambahkan probiotik ke dalam makanan atau minuman

Probiotik adalah bakteri yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Ada produk khusus yang mengandung probiotik seperti FortiFlora yang didedikasikan untuk hewan. Dengan perbaikan sistem pencernaan pada kucing, diare akan berhenti perlahan dan menghilang.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Penyebab Kucing Cacingan©

12. Gunakan Norit

Selain ORS, salah satu produk yang mengandung bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati diare berdarah pada kucing adalah norit. Kandungan karbon aktif norit mampu menyerap zat beracun dalam sistem pencernaan dan akan dikeluarkan oleh feses. Untuk membantu Anda mendapatkan kembali warna kotoran pada kucing yang menghitam dan cenderung padat. Menggunakannya beberapa kali dapat menghilangkan masalah diare kucing.


13. Campur wortel pada makanan

Diare pada kucing juga bisa disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh cacing. Wortel juga dikenal sebagai obat cacing alami. Kita bisa mempercayai kandungan zat yang terkandung dalam wortel untuk membunuh beberapa jenis cacing yang biasanya menginfeksi sistem pencernaan.


14. Campur cuka apel dalam minuman

Cara terakhir untuk mengobati diare kucing adalah cuka apel. Bagi manusia, penggunaan cuka sari apel sangat baik untuk sistem pencernaan. Ini juga berlaku untuk kucing yang mengalami masalah pencernaan.

Tetapi tidak semua kucing menyukai rasa cuka sari apel, tetapi tidak ada salahnya mencoba meminumnya. Jika rasanya terlalu asam dan kucing tidak menyukainya, air bersih dapat ditambahkan. Memberi cuka apel sangat cocok karena merupakan minuman dimana kucing yang mengalami diare benar-benar membutuhkan banyak cairan.

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih sudah membaca. Terus perhatikan kucing kesayangan Anda agar tetap sehat.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “14 Cara Mengobati Kucing Mencret Harus Dipahami

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: