√Cara Mengobati Kucing Cacingan©

Diposting pada

Cacing adalah kondisi di mana ada cacing yang menjadi parasit yang hidup di perut manusia atau makhluk hidup lainnya. Cacing ini akan menyerap semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sehingga akan menyebabkan inang atau tempat hidup kekurangan nutrisi. Jika ini dibiarkan tidak terkendali, bukan tidak mungkin host cacing akan mengalami kekurangan gizi atau penyakit lain yang lebih serius.

Cara-Mengobati-Kucing-Cacingan

Makhluk hidup yang bisa menjadi cacing dan mengalami cacing bukan hanya manusia. Kucing peliharaan Anda juga dapat mengalami nama cacing. Cacing yang biasanya menginfeksi kucing dengan cacing adalah cacing pita, yang masuk ke dalam tubuh melalui kutu dalam bentuk telur cacing.


Cara Mengobati Kucing Cacingan

Berikut dibawah ini terdapat 12 cara mengobati kucing cacingan, antara lain:


  1. Perhatikan Apakah Ada Gejala Cacing Kucing

Sebagai langkah awal untuk mengetahui apakah kucing Anda cacing atau tidak, perhatikan beberapa tanda awal cacing kucing. Untuk mengetahui apakah kucing peliharaan Anda menderita cacing atau tidak, berikut adalah beberapa gejala awal cacing kucing yang dapat Anda amati:

  • Tubuh kucing menjadi lebih tipis dengan perut buncit.
  • Kucing banyak minum karena mereka sering haus.
  • Nafsu makannya berkurang sehingga kucing tidak mau makan.
  • Kucing mengalami diare.
  • Muntah kucing.
  • Cacing dapat ditemukan di kotorannya.
  • Meskipun kucing Anda banyak makan, tubuhnya tetap kurus.
Baca Juga Artikel Lainnya :  √Mengobati Bisul Pada Kucing©

Sebenarnya masih banyak lagi karakteristik cacing kucing yang bisa Anda amati, terutama jika kucing sudah memiliki cacing dalam waktu lama. Namun, gejala-gejala di atas cenderung cukup mudah untuk Anda amati pada hari-hari awal ketika kucing Anda memiliki cacing. Jadi, Anda sebagai pemilik kucing yang baik harus memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada kucing kesayangan Anda. Jangan biarkan kucing Anda mengalami cacingan tanpa penanganan khusus karena ini tentu saja akan mempengaruhi kondisi kesehatan.


  1. Periksa Kotoran Kucing untuk Melihat Apakah ia Memiliki Cacing

Jika Anda melihat gejala cacing usus pada kucing kesayangan Anda, maka Anda bisa memastikan dengan memeriksa kotorannya, apakah ada bentuk seperti cacing yang terbawa. Selain itu, biasanya ada bentuk seperti nasi di anus kucing jika kucing Anda memang mengalami cacing. Jika Anda menemukan tanda-tanda ini pada kucing Anda, maka kucing Anda hampir pasti memiliki cacing.


  1. Bawa Ke Dokter Hewan

Setelah Anda memastikan bahwa kucing Anda menderita cacing, segera bawa kucing Anda ke dokter hewan. Dokter hewan Anda akan tahu lebih banyak tentang perawatan apa yang harus diberikan kepada kucing Anda. Dengan membawanya ke dokter hewan, dokter hewan mungkin tidak hanya memberikan obat tetapi juga mengajarkan Anda perawatan apa yang harus diambil untuk mencegah kucing Anda mendapatkan cacing lagi.


  1. Berikan Cacing Kucing Khusus

Cara paling umum untuk mengobati cacing kucing adalah dengan memberinya obat kucing khusus. Biasanya, Anda bisa memberikan Combantrin sebagai obat yang biasanya diberikan kepada kucing yang memiliki cacing. Namun, kombantrin ini hanya bisa digunakan untuk membunuh cacing gelang. Obat cacing vermox, seperti halnya combantrin juga bisa diberikan kepada kucing yang memiliki cacing gelang.

Namun, jika Anda menginginkan obat yang lebih lengkap, Anda bisa memberi kucing Anda Drontal Cat atau Drontal Plus. Obat ini memiliki kandungan yang lebih lengkap dan dapat membunuh cacing gelang dan cacing pita sekaligus.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Kucing Rewel©

  1. Jangan Memberi Obat Sembarangan Jika Kucing Anda Hamil

Jika kucing Anda hamil, maka cara terbaik untuk mengobati cacingan adalah membawanya ke dokter hewan. Kucing yang sedang hamil, akan mudah mengalami keguguran atau pendarahan jika diberi obat sembarangan. Jadi, konsultasikan hal ini dengan dokter Anda agar kucing kesayangan Anda mendapatkan perawatan yang tepat.


  1. Berikan Obat Cacing Secara Teratur

Anda harus memberikan obat cacing secara teratur. Berikan obat cacing sesuai dosis yang diberikan oleh dokter. Pemberian bisa dilakukan selama satu bulan dengan frekuensi dua minggu. Pemberian obat pada minggu pertama bertujuan untuk membunuh cacing dewasa dan cacing kecil. Sementara itu, pemberian obat pada minggu kedua berfungsi untuk membunuh larva yang telah menjadi cacing yang belum terbunuh dalam pemberian obat sebelumnya.


  1. Hentikan Kebiasaan Kucing Melakukan Kontak dengan Induk Pembawa Cacing

Larva cacing sering memasuki tubuh kucing melalui makanan atau mainan yang dimakan kucing. Misalnya, kucing kesayangan Anda suka memangsa binatang-binatang kecil seperti serangga, tikus atau hewan lain secara sembarangan, sehingga ada kemungkinan ada larva cacing yang terbawa ke dalam tubuh. Untuk itu, sebisa mungkin mencegah kucing kesayangan Anda memasukkan makanan atau benda sembarangan ke dalam mulutnya.


  1. Bersihkan Wadah Kotoran Kucing Secara Teratur

Kucing yang memiliki cacing, akan mengeluarkan cacing atau larva cacing juga melalui kotorannya. Hal ini tentunya dapat menyebabkan larva cacing masuk kembali ke tubuhnya, jika tidak segera dibersihkan. Selain itu, jika Anda memelihara lebih dari satu kucing, bukan tidak mungkin kucing Anda yang lain juga akan terinfeksi dan memiliki cacing.


  1. Jaga Kandang Kucing Tetap Bersih

Hampir sama dengan poin sebelumnya, Anda juga harus rajin membersihkan gendang kucing. Namun, kucing Anda menghabiskan sebagian besar waktunya di kandangnya, jadi jika kandangnya tidak bersih, ada kemungkinan ada larva cacing yang menginfeksi daerahnya. Ini tentu membuat kucing Anda rentan terhadap cacing.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Membersihkan Telinga Kucing©

  1. Jaga Makanan Kucing Anda Bersih

Anda harus mencoba menyediakan makanan yang bersih dan sehat untuk kucing kesayangan Anda. Bahkan jika Anda memberi mereka makanan sisa atau bahan-bahan buatan rumah, pastikan mereka cukup bersih untuk dimakan kucing Anda. Jika makanannya kotor, bukan tidak mungkin ada cacing atau larva cacing terbawa ke dalam tubuh dan membuat kucing Anda menderita cacing.


  1. Mandi Kucing Secara Teratur

Cara Mengobati Kucing Cacing secara teratur memandikan kucing. Mungkin Anda sudah tahu betul, bahwa kucing adalah hewan yang sangat rajin ‘mandi’ dengan menjilati tubuh mereka. Ini memang bersih untuk tubuh kucing, karena dalam air liur kucing ada antiseptik alami untuk menjaga kebersihannya. Namun, bukan tidak mungkin jika ada kutu atau larva kucing yang menjilat dan akhirnya masuk ke dalam tubuh.

Jika ini terjadi, sudah pasti larva cacing akan menetas dan membuat cacing kucing kesayangan Anda. Karena itu, Anda harus rajin memandikan kucing untuk memastikan tubuhnya bersih dan kekar dari kutu atau kotoran yang membawa larva cacing.


  1. Berikan Obat Kutu dan Cacing Secara Teratur

Sebagai tindakan pencegahan, sangat disarankan agar Anda secara teratur memberikan obat kutu dan cacing untuk kucing Anda. Ini akan mencegah pertumbuhan dan perkembangbiakan cacing yang tidak diinginkan di perut kucing.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “12 Cara Mengobati Kucing Cacingan [100% Work] Berhasil

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *