√Mengobati Bengkak Pada Kaki Kucing©

Diposting pada

Pembengkakan yang terjadi pada kaki kucing merupakan tanda cedera, penyakit, gigitan, atau infeksi.

Cara-Mengobati-Bengkak-Pada-Kaki-Kucing

Kucing yang mengalami rasa sakit dan tidak nyaman nantinya akan menjilati kaki yang bengkak untuk mengurangi rasa sakitnya.

Jika kucing mengizinkan Anda memeriksa pembengkakan, perawatan di rumah dapat dilakukan untuk mengidentifikasi pembengkakan.

Namun, jika kucing kesakitan, yang merupakan ciri kucing stres dan berlari saat Anda akan memeriksa pembengkakan, ia harus segera dibawa ke dokter hewan.

Pembengkakan yang terjadi pada kaki kucing terkadang dapat atau tidak terlihat tergantung pada panjang bulu kucing.

Walaupun beberapa gejala yang muncul pada kucing saat mengalami pembengkakan biasanya adalah area kaki yang panas akibat peradangan, abses atau infeksi, ketidakaktifan bahkan bisa terasa tidak enak akibat pembengkakan. Beberapa cara mengatasi bengkak pada kaki kucing yang bisa dilakukan di rumah akan dibahas pada kesempatan berikut ini.


1. Air panas dan yodium

Yodium adalah unsur alami yang larut dalam air. Yodium adalah disinfektan yang sangat baik dan memiliki sifat antijamur dan antivirus yang dapat digunakan secara topikal sebagai cara mengobati luka pada kucing. Yodium adalah disinfektan umum yang dapat dibeli dari toko obat untuk mengobati penyebab pembengkakan pada kaki kucing dan anjing, yang juga membantu mengurangi rasa gatal, peradangan, dan berbagai gejala lainnya.

  • Isi wadah dengan air hangat, lalu tambahkan yodium secukupnya hingga air berubah warna seperti teh.
  • Rendam kaki anjing dalam larutan tersebut selama sekitar 30 detik, lalu keringkan dengan menepuknya secara lembut menggunakan handuk.

2. Cuka sari apel dan hidrogen peroksida

Cuka sari apel murni yang tidak dicampur memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang berasal dari asam asetat dan asam malat dalam cuka sari apel yang juga dapat digunakan untuk membasmi kutu pada kucing.

  • Campur air dengan cuka sari apel organik dan hidrogen peroksida selama 30 detik.
  • Lanjutkan dengan mengeringkan kaki kucing dengan handuk.
  • Hindari menggunakan cuka sari apel yang dibeli di toko karena tidak memiliki khasiat obat seperti cuka sari apel murni.
  • Anda juga bisa menyemprotkan larutan ini ke kaki kucing, tetapi hindari jika ada cedera di kaki kucing karena bisa menyebabkan rasa sakit.
Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Memelihara Kucing Kampung Agar Gemuk©

3. Minyak lemon dan peppermint

Minyak esensial peppermint mengandung sifat mendinginkan seperti mentol dan juga memiliki sifat antiseptik serta beberapa obat bius yang sangat baik digunakan untuk mengatasi bengkak pada kaki kucing dan juga cara mengatasi kerontokan bulu kucing.

  • Campur air dengan cuka sari apel, jus satu lemon dan 20 tetes minyak esensial peppermint.
  • Rendam bagian kaki kucing yang sakit selama sekitar 40 detik dan tepuk-tepuk hingga kering.

4. Kamomil

Kamomil memiliki sifat alami, penawar racun tidak beracun, sehingga dapat juga digunakan untuk mengobati bengkak pada kaki kucing dan juga dapat digunakan pada anjing yang juga dapat digunakan untuk menghilangkan jamur pada kucing.

  • Rendam beberapa kantong teh kamomil dalam air panas dan diamkan selama beberapa menit hingga cukup panas.
  • Rendam kaki kucing dalam larutan selama beberapa detik.

5. Periksa kaki kucing

Periksa juga telapak kaki kucing apakah ada bekas gigitan atau tidak, karena pembengkakan yang terjadi pada kaki kucing juga bisa disebabkan oleh gigitan serangga atau hewan beracun. Jika memang terdapat bekas luka gigitan, segera basuh luka dengan air garam dan desinfektan lalu balut dengan perban. Sementara itu, jika agak sulit menemukan bekas gigitan, sebaiknya dibawa ke dokter hewan.


6. Kompres dengan air panas

Kompres hangat juga dapat digunakan untuk mengobati cakar kucing yang bengkak dan cedera. Panas dari kompres dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengendurkan, dan meredakan nyeri dan ketegangan otot.

  • Letakkan handuk basah di microwave untuk membuat kompres hangat.
  • Pastikan kompres tidak terlalu panas karena dapat melukai kaki kucing.
  • Kompres kaki kucing selama 10 hingga 15 menit dan biarkan selama 1 jam dan hangatkan kembali saat sudah dingin.

7. Kompres dengan es

Selain kompres hangat, Anda juga bisa menggunakan kompres es untuk menyembuhkan bengkak pada kaki kucing kesayangan Anda dan juga cara mengobati kucing keseleo. Letakkan kantong plastik berisi es pada bagian kaki yang bengkak dan biarkan selama 10 hingga 15 menit untuk mengurangi pembengkakan, mengurangi nyeri, dan mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Calicivirus Pada Kucing©

Bungkus juga kantong es dengan handuk untuk mencegah iritasi pada kaki kucing dan ulangi sebanyak yang diperlukan. Ganti kantong es setiap 2 jam atau lebih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sebungkus sayuran beku untuk mengompres seperti kacang tanah agar suhu dingin bisa merata ke seluruh jaringan telapak kaki kucing yang rusak.


8. Taruh di kandang

Untuk mencegah dan membatasi pergerakan kucing saat terjadi pembengkakan, sebaiknya kucing dimasukkan ke dalam kandang agar pembengkakan tidak bertambah parah karena jika kucing terlalu banyak bergerak maka akan menghambat proses penyembuhan pembengkakan tersebut.


9. Lakukan diet dan suplemen

Pemberian nutrisi dan suplemen yang tepat tidak hanya meningkatkan kesehatan kucing, tetapi juga baik dalam mengurangi rasa sakit yang menyebabkan kucing menolak makan, serta kerusakan jaringan, sendi, dan tulang pada kucing yang dapat terjadi karena rasa sakit. ‘pembengkakan.

Ini sangat penting terutama pada kucing yang lebih tua. Suplemen yang bisa diberikan pada kucing adalah kombinasi asam lemak esensial untuk mengurangi peradangan akibat pembengkakan. Sementara itu, suplemen oral seperti kondroitin dan glukosamin sangat membantu dalam mendukung dan meningkatkan kepadatan tulang rawan dan persendian serta menyembuhkan pembengkakan dari dalam ke luar.


10. Temukan penyebab pembengkakan

Pembengkakan yang terjadi pada kucing bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya karena gigitan hewan atau serangga yang terkadang gigitannya tetap menempel di kulit kucing selama beberapa menit setelah digigit, hal ini dapat membuat kucing demam. Untuk melakukan ini, periksalah area sekitar kaki kucing, terutama area yang bengkak dan segera singkirkan gigitannya.

Sengatan dari hewan beracun biasanya berupa serpihan hitam kecil. Gosok perlahan bekas sengatan dengan kuku atau pinset dan jepit dengan jari dan Anda bisa menekan area tersebut sehingga racun bisa dihilangkan.


11. Teh hijau

Teh hijau yang tidak mengandung kafein juga dapat digunakan untuk mengobati bengkak pada kucing karena kaya akan antioksidan yang juga baik untuk mengobati jamur pada kucing. Anda hanya perlu menyeduh beberapa kantong teh hijau dengan air dan tunggu beberapa saat hingga hangat lalu gunakan air tersebut untuk merendam kaki kucing.


12. Akupunktur kucing

Akupunktur telah lama digunakan pada manusia sebagai pengobatan alternatif yang juga dapat digunakan untuk mengobati kaki kucing bengkak. Dalam proses akupunktur ini, akan digunakan jarum kecil yang diletakkan di sekitar area yang bengkak untuk memulihkan energi dan membantu proses penyembuhan luka.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Agar Bulu Kucing Tidak Rontok©

13. Golden seal

Anjing laut emas adalah penawar alami yang tidak beracun dan juga dapat digunakan untuk mengobati kaki bengkak pada kucing serta untuk mengobati penyakit kulit pada kucing. Rendam beberapa kantong teh segel emas dalam air panas dan tunggu beberapa menit hingga dingin. Rendam kaki kucing yang bengkak dalam air dan ulangi langkah ini beberapa kali sampai terlihat membaik.


14. Ubah menu makanan kucing

Mengubah pola makan kucing juga penting dalam proses penyembuhan kaki bengkak. Berikan pakan berupa daging lunak seperti ikan putih atau daging ayam sebanyak 3 kali sehari, yang juga dapat diberikan sebagai cara mengobati kelemahan kucing. Pilih juga daging kalengan yang tinggi protein agar proses penyembuhannya bisa lebih cepat.


15. Bawa dia ke dokter hewan

Jika pembengkakan pada cakar kucing berlanjut selama berhari-hari meskipun pertolongan pertama telah dilakukan dan bahkan mencegahnya untuk bergerak, segera bawa kucing Anda ke dokter hewan untuk perawatan lebih lanjut sebelum pembengkakannya semakin parah.

Karena pembengkakan kaki kucing yang terjadi dalam waktu yang lama dapat terjadi akibat cedera yang cukup serius pada kucing Anda, sehingga memerlukan penanganan lebih dari dokter hewan. Selain itu, peradangan yang terjadi dalam jangka waktu lama juga dapat menyebabkan cedera lain, mungkin tidak terlihat, yang dapat terjadi di dalam tubuh kucing sehingga tidak dapat diobati dengan pengobatan rumahan.

Beberapa cara mengobati kaki bengkak pada kucing yang telah kami sediakan di atas merupakan tindakan pertolongan pertama yang bisa Anda berikan untuk mengurangi rasa sakit dan membantu proses penyembuhan bengkak. Namun perlu diingat, jika pembengkakan berlanjut selama beberapa hari dan menyebabkan kucing menurun kesehatannya saat mengganggu aktivitasnya, segera bawa kucing Anda ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik sebelum terlambat.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “15 Cara Mengobati Bengkak Pada Kaki Kucing Harus Dipahami

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: