√Kutu Kucing©

Diposting pada

Selain perilakunya yang unik dan menyenangkan, bulu kucing adalah bagian yang paling menarik untuk anak-anak dan orang dewasa. Meskipun bulu kucing sering dibersihkan oleh kucing itu sendiri dengan berulang kali dijilat oleh kucing, itu tidak dapat dipisahkan dari benda-benda yang mengganggu seperti kutu.

Cara-Menghilangkan-Kutu-Kucing

Beberapa referensi menyebutkan bahwa kutu kucing Latin, Ctenocephalides, adalah spesies animalia dari kelompok serangga. Untuk membersihkan kutu ini dari tubuh kucing, Anda bisa mengatakan itu mudah tetapi juga sulit. Mengapa itu mudah dan mudah? karena beberapa kasus menjadi mudah jika kutu masih melekat pada bulu kucing yang telah dimandikan dan mudah dihapus saat disisir.

Namun, ketika ada telur kutu yang berada di bulu kucing, itu sangat sulit. Karena ukurannya cukup mikro, sulit diangkat dengan alat yang menyapu longgar, jadi Anda perlu tangan atau pinset untuk mengambilnya satu per satu. Jadi diperlukan cara yang efektif dan efisien untuk menghilangkan kutu kucing.

Namun, kutu tidak hanya menyerang kucing kesayangan Anda, tetapi kutu kucing dapat menyerang atau bermigrasi ke manusia. Berkat kemampuannya melompat, kutu kucing menyerang melalui gigitan di kulit manusia. Akibatnya, kutu kucing dapat menyerang manusia dan kulitnya akan tergores, tetapi lukanya tidak menyebabkan infeksi serius. Dampaknya dapat menyebar untuk menghasilkan kutu kucing di tubuh Anda seperti kepala.

Pada kucing, kutu menyebabkan masalah ringan hingga parah. Gejala iritasi infeksi dapat menyerang kucing kesayangan Anda. Perilaku kucing juga dapat dilihat dengan sering menggaruk lehernya, ini mungkin merupakan gejala kutu dalam tubuh atau mungkin juga rabies.

Jika Anda sudah tahu ada kutu di tubuh Anda, Anda tidak perlu cemas, takut dan kemudian panik. Tenang dulu dan kemudian Anda bisa melakukan beberapa solusi tentang cara menghilangkan kutu dan telur kutu secara alami pada kucing dan anak-anak mereka dalam 15 Cara efektif dan efisien untuk menghilangkan kutu kucing, antara lain:


Daftar Isi:

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Membuat Kucing Senang©

1. Minyak telon atau tawon

Jika Anda tidak ingin menggunakan narkoba dan hanya menginginkan sesuatu, Anda dapat memilih minyak telon atau tawon. Anda bisa mendapatkan minyak ini di toko terdekat Anda atau di apotek. Minyak ini dapat mengatasi kutu dengan menggosokkan minyak ini pada bagian yang terkena kutu. Jika Anda tidak mengetahuinya, gosokkan saja pada garis samping seperti ketiak, leher bagian atas atau tubuh.

Minyak seperti ini memiliki energi hangat yang keluar saat digosok, yang menyebabkan kutu tidak menyukai kondisi ini dan akan meninggalkan bulu kucing. Namun, saat digosok, Anda harus memperkirakan jumlah minyak yang Anda berikan sehingga kucing akan merasa nyaman dan tidak akan menjadi panas.


2. Serbuk anti-jamur atau semprotan kutu

Ujung kedua adalah bubuk atau semprotan. Bedak tidak hanya berguna untuk kulit manusia, tetapi di dunia kesehatan dapat digunakan pada bulu kucing untuk mencegah kutu dan kutu. Misalnya, bubuk antijamur atau semprotan kutu yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat. Untuk menggunakan semprotan saja, tidak perlu disemprot sampai terlihat basah karena bisa berdampak buruk bagi kucing.

Namun, bisa disemprotkan secukupnya sesuai dengan petunjuk dalam kondisi penggunaan pada kemasan. Untuk penggunaan bedak, jangan menyalahgunakannya, karena kulit kucing akan memiliki bedak residual dan juga harus dibersihkan, karena jika perlu waktu lama menyebabkan penyakit baru pada kucing.


3. Suntikan Ivermectin

Dalam pengobatan, ivermectin digunakan untuk mengobati infeksi parasit cacing gelang. Dalam kasus lain, ia juga digunakan untuk memberantas jamur parasit. Tetapi dalam beberapa kasus dapat digunakan untuk menghilangkan kutu tetapi bukan telur. Untuk hasil yang optimal, Anda dapat menyuntikkan kucing 3 kali dalam 3 hingga 4 minggu, sebelum berkonsultasi dengan dokter hewan atau ahli terlebih dahulu.


4. Kutu pembunuh jatuh

Tips yang dapat Anda coba untuk ke-4 adalah tetes. Berbeda dengan obat sebelumnya yang disuntikkan, digosok atau disemprot. Anda dapat menggunakan obat ini dengan menjatuhkan bagian yang menurut Anda memiliki kutu seperti tengkuk atau leher bagian atas, karena bagian ini berpotensi menimbulkan kutu dan sulit dijangkau oleh kucing. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa dilakukan selama sebulan serta pengobatan dalam pencegahan kutu. Sebelum menggunakan tetesan ini, Anda harus terlebih dahulu membaca aturan penggunaan karena tetesan ini tidak disarankan untuk anak kucing di bawah 2 bulan.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Merawat Kucing yang Sedang Hamil©

5. Peralatan mandi melawan kutu dan jamur

Anda dapat memandikan kucing Anda dengan sampo kutu dan jamur yang dapat Anda temukan di toko hewan peliharaan terdekat. Selain kutu juga bisa membasmi telur kutu dari bulu kucing Anda. Gunakan yang sama seperti sabun mandi kam, gosok sampo secara merata dan tunggu lima menit lalu bilas hingga dua minggu.


6. Tanah diatom

Tanah diatom, yang berasal dari kulit fosil tumbuhan laut kecil, berfungsi untuk pestisida berbasis mineral. Bumi diatom ini dapat membantu mengatasi kutu kucing. Untuk digunakan, Anda bisa memberikan tanah diatom ke area rawan kutu, bukan ke kucing tetapi ke tempat tinggalnya, seperti kandang, tempat makan, bermain, dan tempat-tempat yang sering dikunjungi kucing.


7. Lemon

Lemon digunakan saat menyemprotkan jus lemon. Lemon sebelumnya direbus dalam air mendidih lalu dinginkan airnya. Air solusi dapat digunakan untuk membasmi kutu kucing dengan menyemprotkannya di daerah yang menurut Anda ada kutu.


8. Bersihkan lingkungan kucing

Kebersihan lingkungan kucing sangat penting. Anda harus sering membersihkan kandang karena jika kandang dalam kondisi lembab atau kotor karena sisa makanan atau benda lain, maka sumber potensial penyakit dan sumber sarang kutu akan muncul yang mungkin pindah ke kucing.


9. Obat kimia

Karena obat ini terbuat dari bahan kimia, Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter hewan atau ahli Anda, karena overdosis akan berdampak buruk pada kucing. Metode ini sangat efektif karena berada langsung di dalam tubuh kucing tetapi sangat sensitif terhadap iritasi, infeksi, dan efek samping.


10. Minyak kayu putih

Minyak ini berbeda dengan minyak telon atau tawon pada tips sebelumnya. Minyak kayu putih adalah hasil penyulingan daun dan cabang tanaman. Cara menggunakannya dengan menggosokkan minyak pada kulit kucing, terutama pada bulu-bulu kucing karena umumnya rentan terhadap sarang kutu. Ingat juga untuk menghindari bagian-bagian penting kucing, seperti mata, bekas luka, dan hidung.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Kucing Trauma dengan Terapi©

11. Pestisida alami: Piretrum

Piretrum adalah pestisida alami yang berasal dari ekstrak tanaman berbunga. Pestisida ini telah dikenal sejak tahun 800-an untuk mengendalikan ulat bulu dan membunuh jenis kutu busuk.


12. Cuci alat kucing

Barang-barang yang sering dikunjungi oleh kucing seperti selimut, permadani atau tempat tidur yang berpotensi digunakan kucing sebagai sarang. Objek-objek ini memiliki banyak sisa-sisa kegiatan kucing seperti air liur, kotoran, sisa makanan dan benda-benda organik lainnya yang dapat menjadi habitat bagi kutu kucing.


13. Air panas

13 tips ini bisa menjadi cara termurah dan teraman untuk menyingkirkan kutu kucing untuk membersihkan barang-barang kucing. Anda bisa merendam barang-barang yang sering dikunjungi seperti selimut, kotoran kucing atau kandang dengan air panas sehingga kutu mati. Larva kutu mati pada suhu 36 derajat Celcius, sedangkan kutu dewasa bertahan hidup pada suhu 38 derajat Celcius selama 24 jam.


14. Insektisida kimia

Metode ini menggunakan bahan kimia dan berhati-hati saat menggunakannya. Metode ini dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida ke lingkungan kucing seperti dinding, karpet, tikar, atau tempat yang sering digunakan kucing untuk tidur.


15. Sisir kucing khusus untuk kutu

Membersihkan kucing dengan sisir biasa tidak akan sepenuhnya membasmi kutu karena kutu adalah telur yang sangat kecil. Anda dapat menggunakan sisir kutu yang dapat Anda temukan di toko hewan peliharaan atau di dokter hewan terdekat. Penggunaannya dalam mengecat kucing setelah mandi untuk menghilangkan kutu yang tersisa.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “15 Cara Efektif dan Efisien untuk Menghilangkan Kutu Kucing

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: