√Cara Menggemukkan Kucing Secara Alami©

Diposting pada

Memiliki kucing yang gemuk dan menggemaskan tentu saja merupakan kesuksesan bagi pecinta kucing atau pecinta kucing. Tidak? Sangat menyenangkan melihat kucing kesayangan Anda berjalan dan bermain naik turun dengan tubuh bulatnya.

Cara-Menggemukkan-Kucing

Namun pada kenyataannya, banyak catlovers bingung karena berat kucing tidak bertambah. Di sisi lain, beberapa kucing kelebihan berat badan (obesitas) dan membahayakan kesehatannya. Karena itu, ada baiknya Anda belajar cara menggemukkan kucing dengan cepat dan alami sehingga kucing Anda gemuk dan sehat.

Penggemukan kucing tidak bisa sembarangan. Anda tidak bisa begitu saja memaksa kucing Anda untuk makan banyak. Ingatlah bahwa kucing adalah binatang dalam suasana hati yang sangat buruk. Karena suasana hati kucing mudah berubah, itu bisa disebabkan oleh kenyataan bahwa ia bahkan terpaksa merajuk dan stres. Juga hindari pemberian suplemen atau vitamin secara sembarangan pada kucing untuk menambah nafsu makan, jangan sampai mengganggu pencernaan. (Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Tidak Mau Makan)

Apakah itu terasa sulit bagi Anda? Tenang pecinta kucing, kami memiliki cara untuk menggemukkan kucing dengan cepat dan alami. Tidak perlu ragu karena tips ini mudah dipraktikkan dan tentunya aman untuk “si manis”.

Karena “lemak” jelas terkait dengan makanan, cara untuk menggemukkan kucing adalah dengan memberinya makan dengan cara yang benar, juga dengan cara yang benar.

Ada beberapa cara untuk menggemukkan kucing anda secara alami, antara lain:


1. Pilih makanan yang baik untuk kucing Anda

Kucing adalah karnivora wajib, yang berarti mereka benar-benar membutuhkan nutrisi dalam daging. Nutrisi ini termasuk protein, asam lemak, asam amino dan taurin. Ada 2 jenis makanan kucing yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dari toko hewan peliharaan, yaitu makanan basah dan makanan kering. Selain kedua jenis itu, ada juga makanan mentah (raw food) yang bisa Anda siapkan sendiri.

Makanan basah cenderung disukai oleh kucing karena aromanya yang menarik, dan lebih kaya nutrisi. Meski begitu, banyak dokter hewan tidak merekomendasikan memberikan makanan basah berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan gigi kucing. Anda bisa menggabungkan makanan basah sebagai makanan utama dan makanan kering sebagai makanan pelengkap.

Untuk membuat kucing Anda lebih gemuk, pilih makanan yang kaya protein. Jangan memberikan makanan kering berwarna karena kandungan zat pewarna dapat membahayakan kesehatan ginjal kucing Anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Mengatasi Kucing Tidur Terus©

2. Cobalah makanan mentah sebagai sumber nutrisi

Selain makanan basah dan kering, memilih makanan mentah atau mentah juga bisa menjadi hidangan padat nutrisi untuk kucing Anda. Menggemukkan kucing berarti Anda membutuhkan makanan kaya protein yang tidak hanya sehat, tetapi juga akan meningkatkan nafsu makan.

Daging ayam (fillet) dan tuna adalah jenis makanan mentah yang mengandung kadar protein tinggi. Disarankan untuk merebusnya terlebih dahulu untuk membunuh bakteri potensial yang ada dalam makanan mentah. Tapi jangan pernah memberikan lele asin ya, karena itu hanya akan membuat rambut rontok!


3. Tetapkan pola makan kucing dengan teratur dan teratur

Lakukan program pemberian makan kucing setiap hari. Ini berarti mengajarkan kucing Anda untuk disiplin, dan Anda, sebagai pemilik, juga harus berkomitmen untuk menghormati jadwal ini. Sebagai indikasi, kucing dengan berat badan ideal umumnya diberi makan dua kali sehari dengan makanan ringan sebagai selingan. Jika Anda menginginkan berat tambahan, Anda bisa memberi makan kucing Anda 3 kali sehari dan juga camilan (kue kucing) di malam hari.

Catat jam saat Anda memberinya makan. Kemudian pastikan untuk memberi makan pada waktu yang sama pada hari berikutnya. Ulangi langkah ini setiap hari. Oh ya, jangan berlebihan makan kucing. Nanti, kami akan menjelaskan porsi makanan ideal di poin selanjutnya.


4. Kenali porsi dan dosis makan dengan baik

Penting untuk mengenali porsi makanan kucing yang tepat, karena kucing bukan binatang yang rakus. Kucing lebih suka makan dalam jumlah sedang, tetapi terus-menerus. Dengan kata lain, jika Anda memberi kucing Anda sebagian besar makanan, ia mungkin hanya akan memakan sebagian saja dan akan kembali memakan sisanya setelah beberapa saat.

Ini tentu saja mengganggu waktu makan yang telah Anda siapkan sebelumnya, bukan? Dalam beberapa kasus, kucing bahkan mungkin enggan memakan sisa makanan karena bau dan warnanya telah berubah. Makanan Anda sia-sia.

Jangan takut bereksperimen untuk menemukan porsi makanan yang tepat untuk kucing Anda. Pertama, coba beri dia sedikit makanan, kucing Anda pasti akan meminta Anda untuk porsi tambahan. Berikan porsi tambahan sedikit demi sedikit selagi Anda ingat. (Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas)

Jika Anda merasa telah memberinya banyak makan tetapi kucing tetap bersikeras meminta lebih, Anda tidak perlu terburu-buru untuk patuh karena ia mungkin hanya mencari perhatian. Sekarang, jumlah total makanan yang Anda berikan pertama ditambah porsi tambahan mungkin merupakan porsi ideal untuk kucing.


5. Jangan memaksa kucing untuk makan

Oleh karena itu, banyak orang yang ingin terburu-buru melihat lemak kucing mereka terpaksa memasukkan makanan ke dalam mulut kucing. Hei, kucing ini juga makhluk hidup yang merasa seperti Anda kenal pecinta kucing. Sikap seperti ini menunjukkan bahwa Anda tidak seharga kucing Anda dan bahwa Anda hanya ingin mematuhi ego Anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Mengobati Kucing Flu©

Memberi makan kucing Anda mungkin dijamin ketika kucing benar-benar enggan makan karena masalah kesehatan atau gangguan lainnya. Karena itu, alangkah baiknya jika Anda juga mengenali penyebab kucing yang tidak mau makan.


6. Cara efektif untuk kucing yang makan dengan hati yang baik

Ini adalah tip yang diperoleh dari hasil studi tentang sifat dan temperamen kucing. Anda dapat melatihnya pada kucing kesayangan Anda karena ini adalah metode paling efektif untuk menggemukkan kucing. Kiat-kiat ini termasuk:

  1. Undang kucing Anda untuk bermain sebentar sebelum waktu makan siang.
  2. Oleskan makanan basah atau mentah ke hidung.
  3. Selalu jaga kebersihan tempat makan.
  4. Letakkan makanan kucing di tengah-tengah tempat makan, karena kucing suka mengabaikan makanan di tepinya.

7. Setelah makan, jangan lupa minum

Tidak hanya makanan, air juga penting bagi kucing, Anda tahu pecinta kucing! Sekitar 2/3 tubuh kucing terdiri dari air, ditambah air memiliki segudang manfaat bagi kucing, terutama dalam hal distribusi nutrisi. Sediakan air bersih (air matang) dalam mangkuk. Pastikan kucing Anda mendapat cukup air setiap hari. Jika Anda ingin memberinya susu, beri dia susu khusus untuk kucing.

Susu sapi / ASI mengandung laktosa yang sulit dicerna kucing. Tidak mungkin ini akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada kucing Anda. Susu kucing khusus sudah dapat ditemukan di toko hewan peliharaan atau toko hewan peliharaan terdekat.


8. Formula makanan sehat dan lezat untuk kucing

Makanan kucing yang sehat dan lezat mengandung setidaknya 3 unsur: kaya protein, kaya serat dan memiliki aroma yang menarik. Protein penting untuk pertumbuhan dan berat badan, serat berguna untuk kesehatan pencernaan dan mencegah  bulu anak kucing, sedangkan aroma makanan yang menarik pasti disukai oleh kucing!

Protein ditemukan dalam ikan, udang, cumi-cumi atau makanan laut lainnya. Protein juga ditemukan dalam daging segar, dengan tekstur lembut yang memungkinkan kucing mengunyah dan mencernanya dengan mudah.


9. Resep kuning telur ayam untuk menambah berat badan

Apakah Anda ingin kucing Anda menjadi gemuk, sehat dan cantik? Kuning telur ayam adalah jawabannya! Catlovers dalam kuning telur mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein dan lemak. Keduanya memainkan peran penting dalam meningkatkan berat badan sambil menjaga kesehatan. Cara memberikannya, pertama pilih telur ayam segar yang masih segar (jelas bukan yang dijual di supermarket).

Selanjutnya, pisahkan kuning telur dari putih dan campur mereka dalam makanan kucing, terutama makanan basah atau mentah. Jangan memberikan kuning telur kepada kucing lebih dari sekali seminggu.


10. Keluarkan kucing dari kandang

Seperti manusia, kucing juga perlu disegarkan agar aman dari stres. Jadi jangan hanya memasukkan kucing Anda ke dalam kandang. Berjalan, melompat, dan berburu adalah kegiatan alami yang harus ia lakukan setiap hari. Bawa kucing kesayangan Anda keluar dari rumah dari waktu ke waktu untuk berjemur.


11. Menjaga suasana hati kucing selalu baik

Ada pepatah: “Pergi keluar dengan catlovers karena dia tahu yang terbaik bagaimana menjadi bahagia”. Ini lebih atau kurang terbukti. Kucing dikenal sebagai hewan dalam suasana hati yang sangat buruk! Terkadang suasana hatinya tidak menentu, bahkan untuk hal-hal sepele. Tapi kucing yang murung hanya ingin menjadi dingin.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Membuat Kucing Senang©

Cara terbaik untuk mengetahui suasana hati kucing Anda adalah dengan memahami bahasa tubuhnya. Terkadang berada di kamar bersama kucing lain bisa membuat kucing Anda merajuk. Manfaatkan mainan kucing untuk menjaga suasana agar tetap baik. (Baca Juga: Cara Menggemukkan Kucing Kampung)


12. Beri kucing istirahat yang cukup

Metode ini sebenarnya bertujuan untuk mengurangi pembakaran lemak di tubuh kucing. Tapi jangan terlalu sering karena kucing Anda sebenarnya gemuk. Kuncinya adalah bermain cukup dan cukup istirahat. Sebagian besar permainan membakar banyak lemak di tubuh mereka, sementara sebagian besar istirahat menumpuk lemak. Kuncinya: seimbang.


13. Beri kucing lebih nyaman

Kenyamanan tambahan terkait dengan stabilitas suasana hati kucing. Faktanya adalah bahwa kucing yang senang cenderung makan lebih banyak daripada kucing yang stres. Manfaatkan AC atau kipas angin rumah Anda dari waktu ke waktu untuk merusaknya. Beri dia waktu untuk bersantai tanpa mengganggunya. Anda bisa menggunakan bantal atau alas yang empuk untuk tempat bersantai. Membelai kucing juga bisa membuatnya lebih rileks jika dilakukan dengan baik.


14. Perhatikan kesehatan kucing Anda

Kesehatan tidak kalah pentingnya bagi pertumbuhan berat badan. Kucing yang sakit umumnya malas makan dan mudah stres. Jangan ragu untuk membawa kucing Anda ke dokter hewan untuk memeriksa kondisi tubuhnya atau jika kucing Anda perlu divaksinasi. Saat memberi vitamin, selalu coba ikuti saran dokter. Jaga kandang, kotak sampah dan wadah makanan kucing bersih. Mandikan kucing Anda secara teratur untuk menghindari jamur, penyakit kulit, dan kutu.


15. Ketahui berat badan ideal untuk kucing

Terakhir, ketahuilah berat badan ideal kucing Anda. Karena tipe yang berbeda, tentu saja, juga dari struktur fisik yang berbeda. Misalnya, kucing Persia adalah kucing besar dengan berat ideal 5 hingga 7 kg. Jenis Maine coon dan British shorthair juga termasuk kucing besar dengan berat ideal 9-10 kg! Jadi, jika kucing Anda benar-benar bukan kucing bulat besar, tidak perlu memaksanya untuk menambah berat badan. Cukup sentuh berat ideal Anda dan itu akan selalu terlihat sangat menggemaskan.


16. Mencegah stres

Ternyata kucing yang stres dapat mengurangi nafsu makan Anda. Perhatian yang jarang, seperti ajakan untuk bermain, berjalan atau dibelai oleh pemiliknya, bisa membuat kucing malas makan. Akibatnya, kucing akan menjadi lebih kurus. Jadi cara menggemukkannya lagi adalah merawatnya agar kucing tidak stres dan nafsu makannya kembali normal. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kucing Stres)


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “16 Cara Menggemukkan Kucing Secara Alami dan Tepat

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: