√Mengatasi Sesak Pada Kucing©

Diposting pada

Kucing yang menderita masalah kesehatan pendek dapat timbul karena banyak hal dan dapat menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu.

Cara-Mengatasi-Sesak-Pada-Kucing

Jika kucing Anda memiliki masalah pernapasan, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menemui dokter segera untuk menentukan penyebab sesaknya kucing untuk mendapatkan perawatan terbaik nanti.


Penyebab Kucing Sesak

Ada banyak penyebab napas, sulit bernapas, dan sesak napas sehingga kucing Anda akan terlihat bernapas melalui mulut. Pernafasan mulut kucing tidak boleh diremehkan karena itu menandakan kucing sakit. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kucing Anda kehabisan napas, seperti:

  • Overheating: Cuaca yang terlalu panas dapat menyulitkan kucing untuk mengatur suhu tubuhnya dan menyebabkan karakteristik demam kucing sehingga kucing terlihat tersumbat dan bernafas melalui mulut untuk mendapatkan lebih banyak udara untuk menetralisir suhu tubuhnya. Untuk mengatasi sesaknya kucing karena kepanasan, ini bisa dilakukan dengan membawa kucing ke tempat teduh dan memberi tambahan oksigen karena kucing butuh bantuan sesegera mungkin.
  • Asma: Peradangan pada saluran yang menuju ke paru-paru dapat menyebabkan asma pada kucing yang ditandai dengan mengi atau suara yang muncul akibat penyempitan saluran udara, karakteristik kucing yang stres, batuk dan juga sering membuka mulut untuk membantu kucing bernapas. Kita akan melihat kucing meregangkan lehernya dan menekuk bahu untuk memperlebar saluran udara. Selama fase kritis, bibir dan lidah kucing bisa membiru karena kekurangan oksigen. Meskipun penyebab asma pada kucing bisa terjadi karena kegemukan, stres, parasit dan masalah jantung.

Cara Mengatasi Sesak Pada Kucing

Berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi sesak pada kucing, antara lain sebagai berikut:


1. Berikan terapi uap

Perak yang hangat dan lembab dapat membantu kucing Anda bernapas lebih baik sambil melelehkan lendir dan membuatnya lebih mudah dan bersin bagi kucing untuk mengobati kucing yang terserang flu. Anda dapat menggunakan hammam untuk membersihkan saluran udara kucing Anda.

  • Bawa kucing ke toilet dan tutup pintu.
  • Buka air keran panas dan tarik tirai shower untuk menjaga kucing dari air panas langsung.
  • Duduk bersama kucing Anda selama 10 menit dan ulangi 2-3 kali sehari agar kucing lebih mudah bernapas.
Baca Juga Artikel Lainnya :  √Kucing Pipis Terus©

2. Bersihkan hidung kucing

Kucing yang mengalami kesulitan bernapas sering disebabkan oleh hidung kucing yang kotor atau tersumbat, sehingga harus dibersihkan. Basahi kapas dengan air dan gunakan untuk membersihkan hidung kucing. Namun, jika kucing menderita flu parah, membersihkan hidung kucing harus dilakukan lebih sering untuk membuat kucing lebih nyaman dan tidak kencang, dan juga menyediakan vitamin untuk kucing yang sakit.


3. Minta resep obat mukolutik

Ingus kucing bisa sangat lengket dan cukup tebal untuk membentuk lem sehingga bisa mengalami kesulitan bernapas melalui hidung. Dalam kasus tersebut, sebagian besar dokter hewan akan meresepkan obat mukolitik yang juga dapat digunakan untuk gejala calivirus pada kucing.

  • Bisolvin berguna untuk menghaluskan dan melelehkan ingus dengan bahan aktif bromhexine sehingga ingus kucing dapat dikurangi dan membuat bersin lebih mudah.
  • Anda dapat mencampur 1 tas Bisolvin seberat 5 gram dengan makanan kucing 1 hingga 2 kali sehari.
  • Dosisnya adalah 0,5 gram per 5 kilogram berat badan kucing.
  • Di dalam paket itu juga terkandung sejumput besar 1 hingga 2 kali sehari dicampur dengan makanan.

4. Antibiotik

Sesak nafas pada kucing dapat disebabkan oleh banyak hal seperti penumonia yang merupakan infeksi paru-paru yang serius pada kucing. Racun dari virus dan bakteri dapat menyebabkan peradangan di paru-paru dan dapat menyumbat lendir di paru-paru kucing. Ketika ini terjadi, pertukaran oksigen di paru-paru kucing akan semakin terhambat dan kucing akan kesulitan bernapas.

  • Antibiotik yang intens biasanya akan diresepkan oleh dokter untuk mengobati penindasan akibat pneumonia dan cara merawat kucing yang terinfeksi virus.
  • Jika kucing sakit parah, ia membutuhkan perawatan suportif seperti oksigen dan cairan intravena.

5. Obati kelainan paru

Napas pendek pada kucing juga dapat terjadi karena kondisi paru-paru seperti asma, sehingga udara tidak bisa masuk dan keluar dari paru-paru kucing.

Ini mirip dengan bronkitis dan kondisi paru-paru lainnya yang menyebabkan saluran udara menjadi kaki dan penebalan dinding, yang akan membuat kucing sulit bernapas.

  • Untuk asma: kortikosteroid biasanya diresepkan sebagai suntikan atau kapsul oral, yang merupakan obat anti-inflamasi yang kuat untuk mengurangi peradangan di saluran udara kucing. Sementara inhaler salbutamol juga tersedia untuk kucing dengan asma, tetapi masih bisa mentolerir masker wajah.
  • Untuk bronkitis: Biasanya diberikan steroid atau bronkodilator, yaitu obat yang dapat merangsang pembukaan saluran udara yang tersumbat.
Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Mengatasi Patah Tulang Pada Kucing©

6. Mengatasi efusi pleura

Efusi pleura juga dapat menyebabkan penindasan kucing dan kesulitan bernapas, yang merupakan bagian dari cairan di sekitar paru-paru. Ini bisa menyebabkan penyakit ginjal, bocornya cairan tumor di dada, dan juga infeksi.

  • Jika cairan menekan paru-paru kucing, itu bisa merusak garis karena tidak mengembang sepenuhnya, sehingga kucing akan kehabisan napas.
  • Jika kucing Anda kesulitan bernapas, dokter hewan akan melepaskan cairan menggunakan jarum khusus dada untuk mengeluarkan cairan.

7. Esensi bunga

Esensi bunga juga dapat diberikan untuk mengobati infeksi saluran pernapasan atas kronis seperti asma dan bronkitis, yang menyebabkan penindasan kucing dan cara merawat kucing yang sakit tanpa berkonsultasi dengan dokter. Tujuan pemberian esensi bunga ini adalah untuk menyeimbangkan sistem kekebalan kucing, mengurangi stres berlebihan dan mempercepat proses penyembuhan dari sesaknya kucing.


8. Berikan Suplemen Vitamin C

Suplemen vitamin C dapat diberikan kepada kucing dengan dosis 250 mg hingga 500 mg dua kali sehari untuk meningkatkan imunitas kucing seperti pada manusia serta untuk mengatasi tanda-tanda anemia pada kucing.

Vitamin C untuk kucing dapat dibeli sebagai gel atau kaplet, tetapi gel vitamin C sangat dianjurkan karena lebih mudah diberikan kepada kucing. Cukup oleskan gel ke area kaki kucing sehingga segera dibersihkan dengan menjilati atau dapat juga ditambahkan ke makanan untuk mengatasi sesaknya kucing yang disebabkan oleh flu.


9. Berikan cuka apel

Cuka apel juga paling baik diberikan pada kucing untuk mengobati penindasan sambil menyeimbangkan pH tubuh sehingga semua bakteri dan patogen yang menyebabkan keringkasan pada kucing dapat dihilangkan. Anda bisa menambahkan setengah sendok teh cuka sari apel ke dalam makanan 1 kali sehari.


10. Lisin

Lisin dapat diberikan karena pendeknya kucing yang disebabkan oleh virus herpes dan untuk mengatasi gejala toksoplasma pada kucing. Anda dapat menambahkan lisin ke dalam makanan, tetapi harus mengikuti anjuran dokter.

Lisin sendiri merupakan asam amino esensial yang berguna dalam membangun blok protein sehingga dapat menghambat virus herpes yang menyebabkan sesak napas pada kucing. Dosis awal adalah 250 mg hingga 500 mg yang juga tersedia dalam dua bentuk, pil dan gel.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Kucing Anggora Agar Bulunya Tidak Rontok©

11. Jaga agar tubuh kucing tetap hangat

Menjaga tubuh kucing tetap hangat juga sangat penting dalam mengatasi kekurangan kucing yang disebabkan oleh flu dan mengatasi penyebab muntah kucing. Hal ini tidak hanya membuat ruangan terasa hangat dan nyaman, tetapi Anda juga dapat menambahkan bantal dan selimut hangat pada kucing Anda.

  • Bungkus bantal pemanas dalam selimut dan biarkan kucing Anda meringkuk di dekat bantal.
  • Lakukan ini setiap hari sampai segel kucing lebih baik.

12. Gunakan petroleum jelly

Ini paling baik digunakan untuk membersihkan area hidung kucing untuk mengatasi sesak karena hidung tersumbat atau pilek, selain berguna untuk merawat kucing.

  • Siapkan kapas, air panas, dan agar-agar minyak.
  • Rendam kapas dalam air hangat dan bersihkan dengan lembut di hidung kucing.
  • Tambahkan petroleum jelly untuk menggosok bagian hidung kucing dengan lembut.

13. Pastikan kucing mendapat cukup cairan

Untuk mengatasi sesaknya kucing akibat pilek, cara paling penting untuk melakukan ini adalah memastikan kucing Anda terhidrasi dengan baik untuk menghilangkan racun dari tubuh kucing Anda, termasuk untuk mengatasi gejala dehidrasi pada kucing. anjing.

  • Beri kucing air bersih setiap hari.
  • Tambahkan jus tuna ke makanan kucing basah untuk meningkatkan nafsu makan sambil memastikan bahwa kucing menelan makanan kaya cairan.

14. Berikan makanan hangat

Seperti saat kucing sakit, memberi makanan hangat sangat penting tidak hanya untuk meningkatkan nafsu makan kucing tetapi juga untuk meringankan saluran udara kucing.

Menghangatkan makanan juga dapat memberi lebih banyak rasa pada makanan kucing sehingga dapat memberikan nutrisi bagi tubuh kucing sambil meningkatkan sistem kekebalan kucing sehingga lebih baik pulih dari penindasan.


15. Jemur kucing

Untuk mengatasi sesaknya kucing, Anda bisa melakukannya dengan mengeringkan kucing di bawah sinar matahari pagi sekitar jam 8 hingga jam 9 selama 10 hingga 30 menit seperti cara menghilangkan kutu kucing. Metode ini sangat baik untuk membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan sesak atau flu pada kucing dan juga bersin bersin menyebabkan beberapa jenis penyakit pernapasan pada kucing.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “15 Cara Mengatasi Sesak Pada Kucing Harus Diketahui

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: