√Cara Mengatasi Ringworm Pada Kucing©

Diposting pada

Apakah kucing Anda terlalu sering menggaruk tubuhnya? atau apakah kepalanya terlihat botak? Perhatikan kucing kalian ya sob, jika mengalami hal ini kemungkinan kucing kalian terjangkit penyakit yang disebut kurap. Yakni penyakit yang disebabkan oleh jamur yang hidup di bulu dan kulit kucing.

Cara-Mengatasi-Ringworm-Pada-Kucing

Kurap pada kucing juga berpotensi untuk manusia, kawan, walaupun kecil kemungkinannya dan bukan penyakit yang serius. Tapi tetap saja, sebagai pemilik kucing, kita terpaksa harus mengenali penyakit ini dan mencari cara untuk mengatasinya. Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini, 10 Cara Mengobati Kurap Pada Kucing.


1. Pahami gejalanya

Kurap pada kucing dapat diamati secara langsung gejala yang ditimbulkannya dari tampilan fisiknya yaitu pengelupasan kulit di kepala sehingga tampak agak botak dan bagian depan anggota tubuh kucing misalnya terdapat pada perut bagian luar. Pada bagian tengah terdapat warna kemerahan dan kulit menjadi lebih tipis.

Umumnya kucing yang mudah terserang penyakit ini adalah kucing yang berumur kurang dari satu tahun, namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa mereka dapat menyerang kucing dari segala usia dan jenis, terutama yang memiliki bulu panjang atau lebat atau saat berada dalam kondisi cuaca ekstrim dan sistem imunnya. melemah.


2. Kebersihan tubuh dan lingkungan

Jamur dapat menyebar dengan luas dan mudah jika Anda berada di lingkungan yang kotor atau kondisi tubuh yang kotor.Untuk mencegah penyakit ini semakin parah atau menyebar ke hewan dan makhluk hidup lain, bersihkan kandang kucing secara menyeluruh. dan lingkungannya. Jangan menempatkan kucing dalam jumlah banyak di satu ruangan. Sediakan tempat khusus untuk kucing yang sakit.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Mengatasi Patah Tulang Pada Kucing©

3. Sirkulasi udara

Pasang AC dan pastikan kondisi tubuh serta lingkungan kucing tidak lembab. Karena dapat memudahkan resiko penyebaran, memberikan ruang yang dapat ditembus sinar matahari dan sirkulasi udara yang baik. pastikan tubuh kucing selalu kering dan bersih.


4. Berikan sampo antijamur

Jika Anda mencurigai kucing Anda terkena kurap, ada baiknya segera membawanya ke dokter hewan, biasanya dokter hewan akan memberi Anda sampo khusus, yaitu sampo antijamur yang dapat membunuh jamur dan mencegah penularan. Sampo mengandung antiseptik dan terkadang membuat kulit kucing sedikit sakit, tetapi ini adalah pengobatan terbaik untuk penyembuhannya.


5. Salep antijamur

Minta juga salep antijamur khusus ke dokter hewan untuk kucing, jangan berikan salep antijamur manusia ya sob, karena terkadang kulitnya sangat panas dan perih. Beri salep dan distribusikan secara merata tergantung dosis yang diberikan oleh dokter hewan, biasanya antibiotik oral juga akan diberikan untuk mempercepat penyembuhan.


6. Mencegah penularan

Kurap pada kucing merupakan penyakit yang mudah menular, lakukan pencegahan agar tidak ada kucing lain yang tertular, caranya dengan memberikan perawatan terbaik sesuai anjuran dokter dan menjaga kebersihan termasuk membersihkan ranjang dan mainan kucing menggunakan desinfektan,

Buang barang-barang yang tidak mungkin dibersihkan, seperti cat pohon di atas karpet. Bersihkan juga rumah Anda dengan disinfektan dan bersihkan semua bulu kucing atau serpihan kulit kucing jika mungkin kulit kucing telah terkelupas, karena jamur kurap dapat hidup di bulu kucing yang terbuang atau rontok. kulitnya.


7. Mandi secara teratur

Kucing yang terkena kurap bukan berarti tidak dimandikan, melainkan tetap harus dimandikan karena wajib kebersihannya. Mandikan dia dengan air hangat dan sampo khusus dan keringkan bulunya segera setelah mandi, jangan biarkan keadaan basah datang padanya bahkan untuk sesaat.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Lidah Buaya Pada Kucing©

8. Vitamin alami dan asupan nutrisi

Sinar matahari mengandung vitamin D alami yang baik untuk kesehatan kucing, baik kulit maupun bulunya. Jemur kucing kurap di bawah terik matahari pagi dan pastikan area yang kering bersih, bebas kelembaban, dan bebas debu atau polusi. Keringkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit agar tubuhnya hangat dan mengurangi rasa gatal serta bugar.

Berikan juga vitamin yang baik untuk kucing yang sakit seperti vitamin B kompleks dan berikan mereka nutrisi yang sempurna, beri mereka makanan yang sehat dan air yang cukup. Jangan sampai dehidrasi, karena akan mengurangi kandungan air pada kulit dan membuatnya tidak mampu melawan penyakit, karena daya tahan tubuh yang kurang.


9. Mencegah kucing menggaruk

Cegah kucing agar tidak terus mencakar dengan rutin mengoleskan salep antijamur, jika terus menggaruk ada resiko akan menyebabkan luka dan membuat kulit perih. Alihkan dengan hal lain, misalnya dengan mainan yang tidak mudah menempel pada bulu atau berikan tempat khusus yang nyaman untuk istirahat dan terlindung dari panas yang membuatnya gatal.

Cara mengatasi kurap pada kucing tentunya sesuaikan dengan tingkat keparahan bagaimana rasanya, jika memang anda merasa kesulitan untuk merawatnya di rumah karena takut infeksi atau karena alasan lain anda bisa membawanya ke dokter hewan yang memiliki Klinik yang tepat dan kualitas terjamin dan biarkan dia dirawat disana sampai sembuh karena tempat yang ada di dokter hewan biasanya sangat bersih dan mendukung proses penyembuhan.


10. Kesehatan dan keselamatan pemilik

Ingatlah untuk menjaga diri dan merawat diri sendiri karena seperti yang sudah dijelaskan, kurap bisa menular ke manusia, jadi sebaiknya juga berhati-hati. Gunakan sarung tangan saat menyentuhnya dan ingat untuk selalu mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setiap kali sebelum dan sesudah menyentuhnya agar aman dan bebas dari risiko infeksi.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Memandikan Kucing©

Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “10 Cara Mengatasi Ringworm Pada Kucing Harus Dipahami

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: