√Mengatasi Luka Bakar Pada Kucing©

Diposting pada

Seperti jenis hewan lainnya, kucing secara alami memiliki keingintahuan naluriah sehingga mereka selalu melakukan semua yang mereka bisa, termasuk hal-hal berbahaya seperti api dan benda panas lainnya.

Cara-Mengatasi-Luka-Bakar-Pada-Kucing

Inilah yang membuat penjaga kucing tahu pasti bagaimana mengelola luka bakar kucing jika itu terjadi pada kucing Anda kapan saja.

Ada banyak jenis luka bakar yang dapat terjadi pada kucing yang disebabkan oleh berbagai peralatan di sekitarnya. Saat kucing mengalami luka bakar, kucing Anda akan mengalami sakit kronis. Kucing dapat mengalami luka bakar tingkat pertama, kedua, ketiga, dan bahkan luka bakar kimia.

Produk pembersih kucing dapat menyebabkan kerusakan kulit yang serius dan sangat berbahaya jika tertelan, yang dapat meracuni kucing Anda. Di sini kami akan memberi Anda beberapa cara untuk mengobati luka bakar yang terjadi pada kucing Anda sebagai pertolongan pertama sebelum dibawa ke dokter hewan.


1. Luka bakar tingkat pertama dan kedua

Tanda-tanda luka bakar tingkat pertama termasuk bulu-bulu yang tetap utuh dan mungkin juga sedikit jatuh, lesi yang menyakitkan dan warna kemerahan pada kulit dan lepuh.

Adapun tanda luka bakar tingkat kedua pada kucing, mereka termasuk bulu terbakar, lesi menyakitkan yang dapat berkembang disertai lepuh dan juga pembengkakan. Untuk mengetahui cara mengobati luka pada tingkat pertama dan kedua, kucing dapat diperlakukan sebagai berikut.

  • Oleskan air dingin atau kompres es ke area yang terbakar dan biarkan selama 15 menit, tetapi jangan oleskan dengan salep atau mentega.
  • Jika luka bakar menutup sebagian besar tubuh atau berada di bagian tubuh yang dapat dijilati oleh kucing, tutuplah dengan perban steril tetapi jangan gunakan kapas.
  • Bungkus luka bakar dan tempelkan dengan kuat dan segera bawa kucing Anda ke dokter hewan.

2. Bungkus dengan handuk

Setelah dibakar, kucing biasanya akan sangat ketakutan dan akan mencoba menggigit Anda ketika dirawat. Membungkus kucing dengan lembut dengan handuk dapat dilakukan untuk menenangkan dan mengamankan Anda saat merawat kucing. Hindari menggosok bagian sensitif atau luka bakar dengan handuk karena ini hanya akan merusak kulit kucing Anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Kucing Hamil Muda©

3. Oleskan lidah buaya

Untuk luka bakar ringan pada kucing, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang sangat aman digunakan untuk luka bakar kucing setiap hari dan juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka anak kucing.

Gel lidah buaya akan menenangkan rasa tidak nyaman dan juga membantu menyembuhkan luka bakar pada kucing. Namun, pastikan kucing tidak menjilat gel lidah buaya karena dapat mengganggu sistem pencernaan kucing.

Untuk mencegah kucing menjilati lidah buaya, gunakan kerah berbentuk E atau kerah berbentuk kerucut yang biasa digunakan untuk anjing atau kucing yang sakit dan dapat dibeli dari toko hewan peliharaan.


4. Menghilangkan kontaminan kimia

Luka bakar bahan kimia biasanya disebabkan oleh larutan pembersih rumah tangga atau bahan kimia kuat lainnya. Jika bahan kimia terbakar pada kucing terjadi karena hal ini, coba bersihkan zat sesegera mungkin untuk meminimalkan risiko tambahan.

  • Jika bahan berbahaya, hindari menggunakan sarung tangan karet dan gunakan peralatan keselamatan yang sesuai sebelum mengeluarkan bahan dari kucing Anda.
  • Jika luka bakar berasal dari bahan kimia kering, cobalah menyikat bahan kimia sebanyak mungkin.

5. Basahi dengan air dingin

Jika luka bakar kucing disebabkan oleh kontak dengan bahan kimia, aliran air melalui bekas luka bakar juga dapat digunakan untuk mengobati pembengkakan pada kaki kucing.

Cobalah untuk menenangkan kucing dengan berbicara sehingga Anda dapat membasahi area tubuh kucing dengan air mengalir. Jika bahan kimia menyentuh mata kucing Anda, bilas dengan air atau garam selama 15 hingga 20 menit untuk menghilangkan bahan kimia dari mata kucing Anda sebanyak mungkin.


6. Gunakan larutan garam steril

Cara lain untuk menyembuhkan luka bakar pada kucing adalah dengan menggunakan garam steril, tetapi juga dapat digunakan untuk mengobati jamur pada kucing.

Salin steril yang digunakan untuk mencuci luka yang terkontaminasi pada manusia dapat digunakan untuk mengobati luka bakar pada kucing karena memiliki pH yang mirip dengan jaringan tubuh kucing untuk mengurangi kerusakan jaringan tubuh. Gunakan sejumlah besar saline untuk mencuci area luka secara menyeluruh.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Vaksinasi Kucing Persia©

7. Gunakan air matang dingin

Untuk luka bakar kotor, Anda harus menggunakan air matang dan tunggu hingga dingin untuk membersihkan luka bakar. Hal ini penting untuk mengurangi risiko kerusakan air yang memburuk karena kadar air kotor dapat membuat kucing Anda terbakar lebih parah.


8. Perawatan medis

Ketika dibawa ke dokter hewan, kucing yang akan terbakar nantinya akan dirawat dengan beberapa cara oleh dokter hewan, yang tentunya berbeda dengan cara merawat kucing yang demam, seperti:

  • Debridemen: Ini dilakukan untuk luka bakar parah pada kucing untuk menghilangkan jaringan kulit yang mati atau rusak.
  • Antibiotik: Antibiotik akan diberikan kepada kucing untuk mencegah infeksi bakteri sekunder.
  • Obat penghilang rasa sakit: mereka akan diberikan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka bakar kucing.
  • Memberi makan: Pada awalnya, kucing mungkin perlu diberi susu dan juga menerima makanan lunak atau lembab untuk perawatan sementara mengalami luka bakar yang juga harus dilakukan ketika mereka kembali ke rumah.

9. Gunakan salep antibiotik

Setelah membersihkan dan mengeringkan luka, oleskan salep yang mengandung antibiotik khusus untuk kucing agar tidak terjadi infeksi. Setelah itu, balut diri Anda dengan perban untuk menutupi luka bakar kucing sambil melindungi salep agar tidak ditelan atau dijilat oleh kucing.


10. Bersihkan luka dan ganti perban

Cara selanjutnya untuk merawat luka bakar kucing adalah membersihkan luka setiap hari dan mengganti balutan perban pada tubuh kucing setiap hari.

Ini harus dilakukan setidaknya selama dua minggu untuk menghindari jaringan parut. Setelah penyembuhan, kulit dapat terkikis atau terkelupas di area bekas luka bakar. Hindari menarik kulit atau memecahkan lecet, karena ini dapat memperburuk kondisi luka sekaligus menyebabkan iritasi dan radang bekas luka bakar.


11. Jangan oleskan krim pada luka

Jangan pernah mengoleskan krim, lotion atau luka pada minyak dan yang terbaik adalah menggunakan petroleum jelly, lidah buaya, atau salep antibiotik khusus untuk kucing yang dapat dibeli dari dokter hewan, seperti cara mengobati flu burung. Jika Anda ingin menyemprotkan penghilang rasa sakit di area luka bakar, Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter hewan. Jika kucing kesakitan, ia harus segera mencari bantuan dari dokter hewan.


12. Gunakan minyak esensial

Untuk luka bakar ringan, minyak esensial dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada kulit sambil mencegah lecet sekaligus mencegah tanda-tanda alergi pada kucing. Beberapa jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk kucing termasuk chamomile, lavender dan yarrow. Jika kucing membakar cukup besar, minyak esensial dapat dicampur dengan air dan digunakan untuk menyerap luka bakar dari tubuh kucing.

  • Pastikan untuk mendinginkan kulit yang terbakar dengan air setidaknya selama 10 menit.
  • Basahi kain kasa atau bersih dengan air es.
  • Tuangkan 1 tetes minyak esensial ke dalam kain kasa atau kain untuk setiap 2,5 cm luka bakar dan tempelkan pada luka bakar.
Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Menjinakkan Kucing Baru©

13. Gunakan madu

Madu juga dapat digunakan untuk luka bakar ringan pada kucing. Madu adalah obat alami yang aman digunakan untuk kucing karena mengandung anti bakteri untuk mempercepat penyembuhan semua luka, termasuk luka bakar yang bahkan dapat digunakan untuk mengobati keracunan kucing. Namun, pastikan madu yang Anda beli adalah madu murni yang umumnya tersedia di toko kesehatan atau penjual obat ayuderva dan bukan di toko makanan.

  • Hindari mengoleskan madu pada luka bakar parah.
  • Oleskan madu untuk mencegah infeksi saat Anda melihat dokter hewan.

14. Gunakan teh Calendula

Calendula atau sering juga disebut marigold juga dapat digunakan untuk mengobati luka bakar ringan pada kucing serta untuk pengobatan jamur pada kucing Persia.

Anda hanya perlu memasukkan 1 sendok teh calendula ini dengan air mendidih selama 15 menit. Saring dan dinginkan lalu gunakan untuk mengompres luka bakar pada kucing menggunakan kain. Lakukan metode ini sesering mungkin untuk mempercepat proses penyembuhan sambil mengurangi rasa sakit akibat terbakar.


15. Gunakan Sari Bawang Bombay Murni

Meskipun berbau tidak sedap, bawang dapat digunakan untuk meredakan luka bakar pada kucing. Potong beberapa buah bawang dan usap luka dengan lembut dan biarkan meresap. Lakukan ini beberapa kali sampai sembuh dan pastikan untuk menggunakan bawang segar. Pastikan Anda mengenakan kerah elektronik di leher kucing agar air bawang tidak menjilat kucing Anda.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “15 Cara Mengatasi Luka Bakar Pada Kucing Harus Dipahami

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: