√Cara Mengatasi Kucing Suka Menggigit©

Diposting pada

Sebagian besar kucing rumahan jinak dan patuh kepada pemiliknya, terutama jika dipelihara sejak kecil. Kucing hanya akan menggigit dan mencakar dalam kondisi tertentu untuk melindungi dirinya dari kerusakan. Namun, terkadang ada kucing yang suka menggigit pemiliknya dan bertindak agresif. Pernahkah Anda bertemu kucing seperti itu, teman?

Cara-Mengatasi-Kucing-Suka-Menggigit

Gigitan kucing tentunya cenderung menyebabkan infeksi atau rasa sakit bagi pemiliknya, karena merupakan tugas mereka untuk mempelajari cara mencegah dan mengatasinya. Apa yang harus dilakukan? Mari kita lihat caranya di artikel berikut, 10 Cara Mengatasi Kucing yang Menggigit.


1. Berikan respon tenang

Saat berhadapan dengan kucing yang suka menggigit, Anda harus terlebih dahulu memahami mengapa kucing Anda suka menggigit, apakah itu karena stres, bosan, karena ada bagian tubuh yang sakit yang Anda tangani atau karena Anda terlalu aktif bermain. . Jadi Anda bisa memberinya jawaban terbaik.

Jangan pernah membalas gigitan kucing Anda dengan pukulan atau kejar-kejaran dan memarahi karena hal ini akan membuatnya lebih agresif dan tegang, tanggapi dengan tenang dan balas gigitan dengan respons sembrono seolah Anda tidak keberatan. jika dia menggigit, menjauhlah sejenak dan tetap tenang.


2. Menjauhlah untuk sementara waktu

Kemudian hindari diri Anda sejenak darinya dan tunjukkan wajah kebencian yaitu dengan ekspresi wajah saja, tidak perlu membentak atau menyakitinya. Kucing mampu memahami emosi seseorang melalui ekspresi wajahnya. Jangan belai dia saat dia menggigit, karena dia akan mengira Anda suka digigit dan dia akan terus melakukannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Membuat Kucing Liar Menjadi Kucing Rumahan©

3. Biarkan kucing pergi

Terkadang kucing menggigit karena dia merasa marah atau ingin melakukan sesuatu, misalnya dia ingin berada dan bermain di tempat lain, tetapi Anda menghalangi jalannya dan menahannya di tempat. Lepaskan dan lepaskan dengan cepat. Jika kucing marah dan Anda berjalan ke arahnya, itu bisa dianggap sebagai ancaman.


4. Jangan memberi makan

Sekitar 20 menit setelah menggigit, jangan memberi makan kucing Anda meskipun saat ini adalah waktu makan, tetap minum untuk menghindari dehidrasi tetapi abaikan ketika dia meminta makanan. Karena dia bisa menganggapnya sebagai hadiah untuk menggigitmu dan menganggapmu suka gigitannya. setelah beberapa saat, beri makan.


5. Ganti ke mainan yang bisa dikunyah

Kucing akan bereaksi dengan baik saat dipuji atau dimanja, jika tidak, mereka akan mundur saat ada sesuatu yang terlihat seperti tangisan. Cara mengatasi kucing yang menggigit bisa dilakukan dengan memberinya mainan yang menggigit, katakanlah berbentuk tikus, lalu puji ketika berhasil menggigitnya.


6. Gunakan kontrol dan bahasa tubuh

Katakan “tidak” atau “berhenti” saat dia menggigit Anda dengan nada memerintah dan ekspresi jijik. Arahkan jari anda pada kucing tersebut secara bersamaan, pandanglah dengan ekspresi sedih atau menyesal sehingga merasa apa yang dilakukannya tidak baik dan tidak disukai oleh anda. kemudian menjauhlah dan menjauhinya selama 10 menit. Abaikan dia saat dia mendekati Anda.


7. Larang dengan tepuk tangan

Saat kucing menggigit, tepuk tangan Anda dengan kuat dan katakan “tidak” atau “berhenti”, tetapi jangan berteriak terlalu keras. Dengan menepukkan tangan tepat di depan wajah kucing Anda untuk segera menghentikan perilakunya, cara ini dapat digunakan pada kucing yang agresif atau sulit diatur, tetapi tidak berlaku untuk kucing yang pemalu atau mudah panik.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Agar Induk Kucing Tidak Memindahkan Anaknya©

8. Abaikan kucing

Setelah kucing berhenti menggigit, berdirilah dan menjauhlah dengan ekspresi jijik dan jangan ajak kucing berinteraksi hingga 10 menit. Lakukan hal ini setiap kali ia menggigit agar lama kelamaan ia mengerti bahwa kelalaian Anda merupakan pertanda bahwa Anda tidak menyukai apa yang dilakukannya.

Cara ini cocok digunakan dengan kucing yang merawat atau kucing yang dekat dan dirawat oleh pemiliknya sejak kecil yang sangat memahami bahasa tubuh pemiliknya atau kucing kecil yang masih belajar bersikap dan masih belajar beradaptasi dengan lingkungan barunya. Lakukan ini terus menerus hingga kebiasaannya berkurang.


9. Berpura-pura kesakitan

Saat bermain dengan kucing Anda dan ia menggigit, berpura-puralah kesakitan dan erang dengan keras dan pegang tangan atau tubuh Anda yang digigit. Kemudian bangun dan pergi dan selesaikan permainan. Jika Anda melakukannya terus menerus, kucing akan mengerti bahwa apa yang dilakukannya tidak disukai oleh majikannya karena setiap kali dia melakukannya, Anda menghentikannya. permainan dan jauhi itu.

Jika kucing Anda menggigit dengan gelisah, seperti menggigit hanya untuk bermain tetapi menyakiti Anda, hentikan dengan mendorong tubuhnya ke belakang secara perlahan, ia akan membuatnya tidak nyaman dan berhenti menggigit Anda. mendorong kucing menjauh berarti menghentikan sesuatu dan tidak menyukai.


10. Hindari bermain dengan tangan Anda

Kucing yang sedang bermain sering kali terbawa oleh situasi dan menyebabkannya menggigit dengan maksud untuk bermain, memberinya mainan seperti boneka, dll. Yang dapat digigit tetapi tidak melukai giginya atau berisiko melukai mereka. Kucing membutuhkan dan suka menggigit untuk mendapatkan kekuatan, tetapi tentu saja tidak untuk tubuh Anda atau orang lain.

Biarkan ia bermain dan mengejar mainan tersebut hingga ia lelah sehingga ia merasa lelah secara fisik dan mental serta cenderung lebih jarang menyerang dan lebih jarang menggigit, agar kebosanan dan energinya tersalurkan ke arah mainan tersebut, bukan menggigit Anda.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Mengatasi Belekan Pada Anak Kucing©

Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “10 Cara Mengatasi Kucing Suka Menggigit Harus Dipahami

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: