√Cara Membuat Kucing Liar Menjadi Kucing Rumahan©

Diposting pada

Sering kali kita melihat kucing-kucing liar yang terdampar di jalanan yang terkadang membuat kita merasa kasihan dan ingin membawanya pulang hingga akhirnya kita jemput untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Cara-Membuat-Kucing-Liar-Menjadi-Kucing-Rumahan

Namun, kucing liar yang kita ambil tentunya belum tentu kucing rumahan. Tentunya kita menginginkan kucing yang jinak seperti kucing rumahan pada umumnya.


1. Beri nama kucing itu

Dengan memberi nama pada seekor kucing, apalagi jika ia masih anak-anak maka kucing akan lebih bersahabat dari sekedar menyebutnya “kucing”. Awalnya kucing akan cuek saat dipanggil, namun jika kita memiliki kebiasaan memanggilnya atau memancingnya dengan memberinya makan, ia akan terbiasa dan mendengarnya setiap kali kita memanggilnya dengan namanya.


2. Siapkan ruangan dan kandang untuk kucing

Kucing membutuhkan tempat atau ruangan khusus. Meski tinggal di dalam ruangan, kucing tetap membutuhkan tempat khusus untuk istirahat, makan, dan buang air besar. Kita bisa melatihnya secara perlahan agar kucing terbiasa dengan tempat yang kita berikan. Selain itu, diperlukan kandang atau keranjang kucing untuk mengangkut kucing saat berpergian atau ke dokter.


3. Sediakan fasilitas yang nyaman

Saat kucing sudah punya kamar sendiri, ingatlah untuk menyediakan fasilitas yang nyaman juga. Dengan cara ini, kucing akan betah dan tidak tersesat, yang dapat mengembalikan sifat liar kucing.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Menjinakkan Kucing Persia Dewasa©

Berikan makanan dan vaksin

Kucing merupakan makhluk hidup yang membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Kita bisa memberi kucing khusus dan mengatur pola makannya agar kucing tetap sehat. Selain itu, sebaiknya kucing liar yang dibiakkan tiba-tiba diberi vaksin yang tidak hanya bermanfaat bagi kucing tetapi juga bagi penghuni rumah lainnya.


4. Latih kucing agar tidak terbiasa mencuri makanan dari dapur

Kucing sering dituduh sebagai pencuri makanan. Untuk menghindarinya, tentunya kucing diberikan makanan yang cukup dan teratur. Kucing yang masih lapar pasti akan mencuri makanan. Kucing akan tidur atau bermain jika sudah tidak lapar lagi.

Jika kucing kita sedang mencuri makanan, Anda bisa melatihnya dengan bertepuk tangan sambil mengucapkan kata ban, misalnya tidak atau tidak, yang bertujuan untuk mencegah kucing mencuri. Salah satu cara untuk mengubah kucing liar menjadi kucing domestik adalah dengan memberi makan kucing di luar dapur agar kucing tidak menganggap dapur sebagai toko makanan.


5. Latih kucing untuk berhenti menggigit dan menggaruk

Kucing termasuk hewan yang suka menggigit dan mencakar. Jika kucing melakukan ini, ada beberapa kemungkinan di mana kucing ingin bermain, beberapa bentuk kasih sayang atau sedang marah. Jika kucing melakukannya, cobalah untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Untuk menguranginya, rawat saja dengan lembut dan lembut.

Kucing liar pada umumnya memiliki kecenderungan untuk mencakar sesuatu seperti batang, pohon dan sejenisnya, bila digunakan untuk mengasah kukunya agar lebih mudah menangkap mangsanya. Agar furnitur kita tidak terkena cakaran kucing, hal ini dapat dilakukan dengan membuat tempat khusus pada kayu seperti batang pohon misalnya.


6. Latih kucing untuk menggunakan toilet rumah

Cara selanjutnya yaitu dengan memberikan toilet sendiri agar kucing tidak buang air kecil sembarangan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya sediakan bathtub berisi pasir yang bisa digunakan sebagai toilet. Untuk mencegah kucing buang air kecil sembarangan, Anda bisa melakukannya dengan menempatkan kucing di bak pasir sebelum atau sesudah tidur.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √kucing Sehat©

7. Latih kucing untuk tidak meninggalkan rumah

Beberapa faktor penyebab kucing keluar rumah, di antaranya:

  • Kurangnya cinta dari majikan
  • Tempat tinggal yang sudah tidak aman lagi
  • Gangguan dari hewan lain

Agar kucing tidak merasakan hal-hal tersebut, ada baiknya memperhatikan kucing tersebut, misalnya dengan mengajaknya bermain atau cukup dengan mengelus bulunya. Hindari kucing dari hewan yang membuatnya takut, misalnya hewan yang lebih besar darinya.


8. Latih kucing untuk gemetar

Latihan ini bisa kita lakukan dengan media makanan. Anda bisa memberi makan makanan dengan tangan yang agak tinggi, sehingga kucing tidak hanya fokus pada makanan tetapi juga pada tangannya. Lakukan ini terus menerus hingga ia terbiasa dan kucing dapat melakukannya tanpa menggunakan makanan. Kita bisa memberi hadiah kapan pun kucing kita melakukannya.


9. Latih kucing untuk melompat dan memanjat kami

Untuk mengajari kucing melompat dan memanjat kita, tentunya kita perlu tahu cara bermain dan mengelus bulu kucing serta rajin. Kemudian kita bisa melakukannya dengan cara menggaruk-garuk tangan di kepala dan leher kemudian melatihnya secara perlahan dengan melakukan gerakan-gerakan seperti mencakar ke berbagai arah, kucing akan terus mendekati gerakan tangan tersebut.


10. Latih kucing untuk mengikuti kemanapun kita pergi

Cara mudah bagi kucing untuk menjadi kucing rumahan adalah dengan mengajari mereka mengikuti kita. Saat mereka terbiasa bersama mereka, seperti memberi mereka makan atau bermain dengan mereka, kucing akan senang mengikuti kemana tujuan kita.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “10 Cara Membuat Kucing Liar Menjadi Kucing Rumahan

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: