√Cara Membersihkan Telinga Kucing©

Diposting pada

Membersihkan telinga kucing harus dilakukan dengan benar. Karena jika Anda melakukannya dengan sembarangan, itu akan berdampak negatif pada telinga kucing. Jangan biarkan itu lewat karena ini penting untuk kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan Anda. Di sisi lain, kotoran dan virus berbahaya tidak akan meninggalkan tubuh Anda sendiri.

Cara-Membersihkan-Kotoran-Telinga-Kucing

Jika Anda ingin kucing Anda bersih dan sehat, silakan bersihkan telinganya sekali untuk mencegah pertumbuhan kuman di dalamnya. Anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan untuk digunakan, yang semuanya telah disajikan di bawah ini secara keseluruhan dan diuji.


Cara Membersihkan Telinga Kucing

Mungkin pecinta kucing dapat membersihkan telinga mereka dan terbiasa melakukannya dengan cara mereka. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan hasil terbaik agar hewan peliharaan Anda selalu sehat dan selalu menggemaskan.

Berikut dibawah ini terdapat 8 cara membersihkan kotoran telinga kucing, antara lain sebagai berikut:


1. Pegang bagian atas telinga

Cara membersihkan telinga kucing yang kotor dilakukan dengan terlebih dahulu memegang bagian atas telinganya. Kemudian perlahan-lahan putar telinga hingga sunyi dan nyaman, sehingga Anda dapat melihat bagaimana bagian dalamnya. Jika dia masih bergerak dan memberontak, Anda harus tenang dulu untuk tetap diam.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Merawat Anak Kucing©

Ketika Anda telah melakukan ini, ingatlah untuk memegang bagian atas telinga Anda di sebelahnya. Saat memeriksa, disarankan untuk melakukannya di tempat dengan cahaya yang terang dan memadai. Seperti di tepi jendela atau bisa dilakukan di bawah lampu kamar Anda. Jika semua ini telah dilakukan, lanjutkan ke langkah berikutnya.


2. Periksa telinga kucing

Langkah ini sama dengan membersihkan telinga kucing Persia. Yaitu dengan melihat telinga, tetapi Anda hanya bisa melihat dari luar. Tidak ada cara untuk melihat bagian dalam, terutama gendang telinga, karena posisi kepala horizontal sehingga tidak dapat dibuka. tetapi Anda bisa mengetahui apakah kotor atau tidak dengan secara bertahap memasukkan air sehingga butir-butir kuman potensial dapat keluar dari diri mereka sendiri.

Bersihkan telinga kucing Anda secara teratur. Dibudidayakan ketika dia mengantuk atau ketika dia dimanjakan dengan Anda. Semua ini akan memudahkan proses pemeliharaan agar lebih aman dan mudah. Hewan yang bersemangat akan bertarung dengan mudah dan bahkan menggaruk jika bagian-bagian tubuhnya dimiliki atau dirawat.


3. Tetes telinga dengan cairan pembersih

Tip ini adalah cara untuk membersihkan telinga bagian dalam kucing. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mengeringkan telinga hewan Anda dengan cairan pembersih akan menghilangkan kotoran di dalamnya. Langkah pertama adalah menjatuhkannya secara bergantian dari satu telinga ke telinga lainnya. Setelah itu, diamkan selama beberapa saat.

Ingat bahwa jika menetes, harus sesuai dengan dosis dan dosis yang tertera pada petunjuk pada label kemasan obat. Untuk bagian yang juga terjatuh, silakan lihat botol cairan pembersih. Ini penting untuk kesehatan Anda dan kenyamanan kucing Anda. Jika kesehatan Anda baik, Anda tidak perlu lagi khawatir.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Mengobati Kucing Flu©

4. Pijat telinga kucing

Ketika Anda telah menenangkan kucing untuk sementara waktu, berikan sentuhan pijatan pada telinga dengan sentuhan yang sangat lembut dan nyaman. Tujuan dari ini selain menghilangkan kotoran telinga adalah untuk membersihkan sisa-sisa kuman atau bakteri yang membandel di bagian mereka. Siapkan selembar kain atau kertas untuk mengumpulkan kotoran.

Pijat di pangkal telinga selama maksimal 20 hingga 45 detik sehingga efek cairan pembersih bisa bekerja dengan baik. Tapi ini seharusnya tidak berlebihan. Karena dapat membuat kucing tidak nyaman dan dapat menyebabkan kemarahan seperti mencakar, melompat, bahkan mungkin meninggalkan rumah Anda sendiri.


5. Beri dia waktu untuk beristirahat untuk menggelengkan kepalanya

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membiarkan dia beristirahat sebentar dan memberinya waktu untuk menggelengkan kepalanya sehingga semua kotoran yang tersisa di telinga bisa keluar. Sehingga kucing bebas dari kuman atau bakteri potensial. Berikan waktu sekitar 10 hingga 15 menit sehingga tidak ada lagi telinga yang lengket dan mengganggu.

Setelah selesai, dekati kucing Anda dan berhati-hatilah dan perlakukan dia dengan tenang sehingga ia menaati Anda lagi. Setelah itu, Anda bisa mengundangnya bermain dengan beberapa mainan yang tersedia seperti bola atau benda lain. Yang paling penting tentu saja adalah menyiapkan perlengkapan selanjutnya agar telinga terlihat lebih bersih dan sehat.


6. Bersihkan sisa telinganya dengan kuncup

Cara selanjutnya untuk membersihkan telinga kucing adalah dengan menarik telinganya dengan lembut. Jangan biarkan kurva kurva terlewatkan oleh tunas cutton. Perhatikan juga apakah wajah kucing sakit atau tidak, karena akan memberontak ketika ada sesuatu yang tidak nyaman di bagian ini. Mungkin Anda bisa membelai kepala atau pantatnya.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Memelihara Kucing Agar Jinak©

Anda dapat menggunakan tombol cutton dengan ukuran kecil untuk meletakkannya lebih mudah di telinga. Jika Anda menggunakan yang lebih besar, dikhawatirkan akan membuat telinga Anda tidak nyaman dan dapat melukai tepi kulit. Oleh karena itu tidak cocok untuk digunakan jika sikucing tidak dapat tenang dan tidak ingin diam.


7. Bawa kucing Anda ke dokter hewan jika Anda menemukan sesuatu yang aneh

Bagi Anda yang merasa bahwa ada keanehan dalam membersihkan telinga kucing. Yang terbaik adalah segera membawanya ke dokter hewan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut. Salah satu ciri khasnya adalah bau aneh yang muncul dan ada tanda merah dan bengkak di area kulit telinga. Jika hanya ada sedikit kotoran, Anda masih bisa melakukannya sendiri.

Kotoran yang tidak normal di telinga kucing dapat menghasilkan nanah hijau atau kuning. Ini biasanya disebut sekresi yang tidak bekerja secara normal. Tanda-tanda ini juga dapat menunjukkan bahwa kucing Anda telah terinfeksi jamur, bakteri, dan kutu.


8. Bersihkan telinga kucing dengan baby oil

Metode ini sendiri lebih baik menghabiskan uang karena mereka harus terlebih dahulu mencari dan membeli baby oil. Minyak ini digunakan oleh bayi ketika mereka selesai mandi. Tetapi bisa juga diberikan ke telinga kucing, karena ada bahan untuk mengotori telinga. Metode ini digunakan jika Anda tidak dapat menemukan cairan pembersih khusus untuk hewan.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “8 Cara Membersihkan Kotoran Telinga Kucing dengan Benar

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: