√Cara Memandikan Kucing©

Diposting pada

Kucing, termasuk binatang yang bersih. Itu bisa membersihkan tubuhnya sendiri dengan menjilati tubuhnya dengan lidahnya. Namun, tubuh kucing kita terkadang terlalu kotor karena debu, lumpur dan kotoran, jadi kita harus memandikannya.

Cara-Memandikan-Kucing-yang-Benar

Dibutuhkan kesabaran, kesabaran dan ketekunan untuk memandikan kucing. Kebanyakan kucing memiliki naluri untuk menghindari kontak dengan air, tetapi kondisi bulu yang kotor pasti memaksa pemilik kucing untuk memandikan kucing mereka, karena jika mereka tidak segera dibersihkan, mereka mengganggu dan merusak kualitas bulu mereka, terutama ornamen kucing. (Baca Juga : Cara Melatih Kucing)

Ada beberapa cara memandikan kucing yang benar, antara lain sebagai berikut:


1) Siapkan peralatan

Sebelum memandikan kucing Anda, siapkan sampo kutu, handuk, dan sikat mandi untuk menggosok bagian belakang kucing. Gunakan sampo kutu untuk mencegah dan membunuh parasit kutu atau menyebabkan kudis pada kucing. Pemiliknya juga harus mengenakan sarung tangan saat memandikan kucing. Sarung tangan ini digunakan untuk menghilangkan dan mencegah perpindahan kutu dari tubuh kucing ke tubuh manusia.


2) Isi bak dengan air

Isi bak yang akan digunakan untuk memandikan kucing dengan air setengah tinggi bak. Ini dilakukan agar kucing tidak merasa terintimidasi dengan jumlah air dan merasa “tenggelam”. Jika sudah penuh, pegang kucing dengan lembut dan letakkan perlahan di bak mandi. Jika Anda tidak merasa malu, Anda dapat mengisi air bak mandi dengan air hangat. Air hangat membantu untuk bersantai dan membuat tubuh kucing nyaman.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Agar Bulu Kucing Tidak Rontok©

3) Berikan pijatan santai untuk menenangkan kucing

Berikan pijatan kecil pada bagian tubuh kucing, akan menenangkan kucing untuk sementara waktu dan melupakan rasa takutnya akan air. Pemilik dapat memijat punggung perlahan searah jarum jam dan perlahan-lahan turun tubuhnya, melakukan pijatan ini dengan memijat dengan lembut. Pemiliknya juga terkadang bisa memanggil namanya untuk mengalihkan perhatiannya dari air. (Baca Juga : Cara Menggemukkan Kucing Secara Alami)


4) Potong kuku kucing sebelum mandi

Sebelum Anda mulai berenang, ada baiknya Anda memotong kuku kucing terlebih dahulu. Ini untuk meminimalkan kepanikan dan ketegangan saat kucing terkena air. Mungkin, kucing itu tiba-tiba memberontak dan mencakar kami. Luka yang disebabkan oleh garukan kucing dapat mencetak dan memicu infeksi di kemudian hari.

Setidaknya potong kuku kucing beberapa jam atau 1-2 hari sebelum mandi. Ini untuk memberi kucing waktu untuk tenang. Namun, Anda harus sangat berhati-hati untuk tidak memotong kuku terlalu pendek untuk menyebabkan rasa sakit dan pendarahan.


5) Basahi tubuh kucing

Perlahan basahi tubuh kucing dengan air. Tidak perlu menggunakan alat, hanya dengan tangan, jika kucing sudah terbiasa dan tidak merasa terganggu, pemilik dapat membilas tubuh kucing menggunakan sendok, tetapi lakukan perlahan-lahan agar kucing tetap nyaman.


6) Bersihkan telinga

Bersihkan telinga kucing dari kotoran. Bilas sedikit air di area yang ingin Anda bersihkan dan gosok dengan lembut. Tapi jangan biarkan air masuk ke telinga kucing. Pemiliknya hanya perlu membersihkan kulit telinga bagian luar saja.


7) Gunakan Sampoo

Ambil cukup shampo dan oleskan secara merata pada tubuh kucing dengan lembut, juga disarankan kepada pemiliknya untuk terus melakukan pijatan kecil sambil menggosok tubuh kucing.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Calicivirus Pada Kucing©

8) Bersihkan bagian ekor kucing

Ekor juga merupakan bagian dari tubuh kucing yang perlu perhatian saat memandikan kucing. Bagian ini adalah bagian sensitif dari tubuh kucing, jadi berhati-hatilah saat menyentuhnya. Jika pemiliknya terlalu keras atau membuat gerakan mengejutkan pada ekor kucing, kucing akan panik dan melarikan diri dari bak mandi. Tentu saja, akan memalukan jika ini terjadi. (Baca Juga : Cara Mengatasi Kucing Tidur Terus)


9) Bersihkan kaki depan

Kaki depan kucing juga perlu diperhatikan. Usap rambut di kaki depan dengan sampo busa sampai mendidih, bersihkan kotoran jika ada di bulu. Berikan pijatan santai pada tubuh kucing untuk membuatnya nyaman.


10) Bersihkan area belakang kaki

Bersihkan secara menyeluruh area kaki belakang kucing sehingga tidak ada kotoran yang tertinggal, karena terkadang kucing duduk di area yang kotor sehingga kaki belakangnya juga menjadi kotor.


11) Bersihkan bagian dada dengan sampo

Untuk beberapa jenis kucing seperti kucing Persia dan kucing Angora, bagian depan dada umumnya merupakan bagian terpadat dari pertumbuhan bulunya, karena ini juga harus menjadi subjek perhatian khusus.


12) Jangan menyiram sampo sampai menyentuh mata kucing

Jangan biarkan air di bak mandi dicampur dengan sampo atau busa sampo menyentuh mata kucing. Itu pasti akan membuat matanya sakit. Rasa sakit ini akan membuatnya panik dan melarikan diri dari bak mandi. Untuk menghindari hal ini, selalu perhatikan kondisi wajah kucing, jangan sampai busa sampo mendekat ke mata kucing.


13) Jangan sampai airnya terminum kucing

Pemilik disarankan untuk selalu memperhatikan mulut kucing agar tidak masuk ke dalam air. Air yang dicampur dengan shampo dapat meracuni tubuh kucing jika diminum. (Baca Juga : Cara Mengatasi Kucing Stres)


14) Bilas sampo dengan lembut

Bilas sampo busa secara perlahan di tubuh kucing. Jangan tiba-tiba membilas tubuh kucing, yang bisa mengejutkan dan lari. Bilas busa perlahan-lahan di tubuh kucing, bilas setelah penyemprotan sampai busa benar-benar hilang dari tubuh kucing.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Mengobati Kucing Demam©

15) Selimuti dengan handuk

Setelah dibilas, bersihkan dari busa sampo yang masih menempel. Keluarkan kucing dari bak mandi, lalu tutupi tubuh kucing dengan handuk kering. Saat mengeringkan dengan handuk, terus berikan tekanan relaksasi pada tubuh kucing dengan pijatan tangan kecil.


16) Biarkan kucing di udara sebentar

Setelah kering dengan handuk, biarkan kucing di luar sebentar agar bulunya benar-benar kering. Tetapi awasi kucing agar tidak meninggalkan rumah, karena jika Anda meninggalkan rumah, bulu kucing yang sudah dibersihkan bisa kotor lagi. (Baca Juga : Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas)

Untuk mandi, kucing sebenarnya tidak perlu menunggu seminggu sekali atau setiap dua minggu, jika kucing itu kotor, pemiliknya dapat segera memandikannya, karena kotoran yang menempel pada bulu kucing jika tidak terkontrol, akan sulit untuk bersih dan kemungkinan terburuk adalah menghilangkan kotoran dengan memotong bulunya. yang tentu saja akan mengurangi keindahan si kucing.


Tambahan:

Saya akan menambahkan video untuk cara memandikan yang benar dibawah ini:


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “16 Cara Memandikan Kucing yang Benar Agar Tidak Berontak

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: