√Grooming Kucing©

Diposting pada

Sebagai pecinta binatang, terutama pecinta kucing, Anda tentu tidak pernah tahu tentang perawatan, bukan? Perawatan itu sendiri sebenarnya adalah perawatan makhluk hidup, baik pada manusia itu sendiri maupun pada hewan. Perawatan bisa berasal dari akar mempelai laki-laki, yang berarti merawat, merawat dan merawat. Dandan sendiri memiliki perasaan penampilan yang hebat dan peningkatan diri. Bahkan, hewan dapat melakukan kegiatan perawatan sendiri, termasuk kucing, mereka benar-benar dapat membersihkan bagian tubuh mereka menggunakan kaki atau lidah mereka. Membersihkan bagian tubuh bisa menjadi alternatif pencegahan penyakit kulit pada kucing.

Cara-Grooming-Kucing-Sendiri-Dirumah

Bagian-bagian yang sepenuhnya di luar jangkauan lidah kucing sehingga kucing menggunakan kaki. Perawatan diri adalah istilah asing untuk kemampuan kucing membersihkan dirinya sendiri. Tentunya Anda telah melihat aktivitas menjilati tubuh dengan kucing, bukan? Nah, ini disebut perawatan diri.

Berbagai jenis kucing yang tidak identik akan membutuhkan perawatan yang berbeda dari jenis kucing lainnya. Seperti kucing domestik dan kucing liar yang sering berada di luar, perawatannya tentu tidak akan sama. Tidak hanya masalah perawatan rambut, tetapi juga telinga, kuku gigi juga tidak kebal terhadap aktivitas perawatan. Inilah sebabnya perawatan diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah, termasuk masalah pengelolaan jamur pada kucing.

Seberapa Pentingkah Perawatan Grooming untuk Kucing?

Seperti yang telah kita diskusikan dan kita tahu bahwa kucing dapat benar-benar merawat diri sendiri. Jadi mungkin pertanyaan akan muncul, apakah penting untuk pengantin pria? Tentu saja, perawatan tidak hanya kegiatan membersihkan rambut dan tubuh kucing yang telah dipengaruhi oleh lidah atau kaki, itu pada dasarnya perawatan dapat dilakukan oleh kucing sampai batas tertentu tanpa bantuan manusia. Tetapi kita masih perlu melakukan berbagai jenis perawatan rutin, berikut adalah alasan mengapa perawatan harus selalu dilakukan:

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Cara Merawat Kucing yang Terkena Virus©

1. Menjinakkan dan membiasakan diri

Perawatan akan melibatkan berbagai prosedur yang akan melibatkan kontak fisik antara pemilik dan kucing. Dengan demikian, kucing Anda akan terbiasa melakukan kontak fisik atau menyentuh Anda agar lebih jinak. Meskipun perawatan dan perawatan bagian yang paling sensitif umumnya sulit jika kucing tidak mengenal Anda. Menyikat dan menyikat rambut, membersihkan telinga, dan memotong kuku tentu saja melibatkan kontak fisik.

Baca Juga : Cara Menjinakkan Anak Kucing


2. Pemeriksaan rutin kucing

Tahukah Anda bahwa kadang-kadang perubahan atau penyakit luput dari perhatian kita. Karena tentu saja, manusia tidak mengerti bahasa kucing, tetapi dengan melakukan prosedur perawatan rutin. Tentu saja, kita dapat melihat dari dekat tubuh kucing dan mencari tahu apakah ada tanda-tanda berbahaya, seperti adanya jamur, kutu, rambut rontok atau benjolan yang mungkin merupakan gejala pertama suatu penyakit. serius dan mungkin juga menemukan karakteristik lebih lanjut dari kucing yang stres.


3. Meningkatnya tingkat hubungan antara pemilik dan kucing

Seperti yang kita ketahui bahwa prosedur perawatan akan melibatkan kontak fisik antara pemilik dan kucing. Maka akan meningkatkan tingkat hubungan di antara mereka. Kucing yang telah dijinakkan dan, seperti pemiliknya, biasanya menjilat pemiliknya saat mereka mengelus bulu mereka.


4. Pencegahan kerontokan bulu

Ya, salah satu cara untuk mengatasi kerontokan rambut adalah dengan melakukan perawatan secara teratur. Kami dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dengan menyisir dan menyikat kucing Anda dengan sisir yang baik. Bahkan, ini sangat dianjurkan ketika periode rambut rontok telah tiba pada kucing.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok


5. Mengurangi masalah hairballs

Bulu yang jatuh dapat dihilangkan dengan perawatan rutin. Terutama pada kucing dengan bulu panjang, masalah hairball ini sering terjadi. Sekarang, ini adalah peran perawatan, membantu mengatasi masalah ini.

Ya, itu adalah tujuan dalam perawatan. Tujuan lainnya adalah menjaga penampilan kucing tetap bersih, lucu dan bersih. Ini pasti sangat disayangkan, tidak jika kucing kita tetap terlihat kotor, keriput dan bau.


Cara Grooming Kucing Di rumah

Meskipun kita tahu bahwa perawatan memang diperlukan untuk kucing, kita juga tidak bisa memaksakan kegiatan perawatan. Kucing harus santai saat perawatan. Jadi proses perawatan harus dilakukan dengan santai dan nyaman, kucing tidak mudah beradaptasi dengan orang baru.

Baca Juga : Cara Menjinakkan Kucing Penakut

Inilah sebabnya mengapa Anda, sebagai pemilik, melakukan perawatan di rumah, karena kucing pasti akan lebih mengenal Anda. Berikut adalah 17 cara untuk menerapkan perawatan kucing:


1. Buat rasa percaya diri

Tentu saja, akan sulit untuk merawat kucing yang tidak mengetahui aktivitas ini. Sebelum melakukan aktivitas perawatan untuk pertama kalinya, cobalah untuk lebih dekat dulu. Meskipun tidak mudah, Anda bisa memulainya dengan membuatnya nyaman. Undang dia untuk bermain dulu. Cat dengan lembut bagian belakang sebelum pindah ke bagian perut yang lebih sensitif.


2. Biasakanlah sejak dini

Kucing peliharaan Anda akan lebih mudah melakukan prosedur perawatan jika Anda terbiasa sejak usia dini. Kucing yang terbiasa dengan aktivitas ini akan merespons lebih baik daripada kucing yang belum pernah dirawat. Setidaknya biasakan memandikan kucing karena mereka kecil. Jangan kelelawar kucing dalam cuaca dingin, ya.

Anda bisa mengeringkan bulu segera setelah memandikan kucing. Gunakan pengering rambut atau handuk untuk menjaga bulu kucing cepat kering dan menjaga kucing tetap dingin.


3. Beli peralatan yang tepat

Untuk memulai prosedur perawatan, tentu saja Anda harus memiliki peralatan yang tepat. Karena penggunaan dan peralatan yang tepat akan sekali lagi meluncurkan optimalisasi kegiatan perawatan. Misalnya, Anda membutuhkan sisir gigi pendek untuk rambut pendek di kepala dan sisir gigi panjang untuk rambut kucing panjang, alas perawatan dan pemisah tikar untuk masalah bulu-bulu kusut.


4. Pilih shampo yang tepat

Jangan menggunakan sampo secara sembarangan, pilihlah sampo yang dirancang khusus untuk kucing. Gunakan sampo sesuai dosis dan kebutuhan. Misalnya, kucing yang memiliki kutu atau jamur, disarankan menggunakan shampo untuk mengatasi masalah tersebut. Shampo memiliki berbagai variasi harga dan volume.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Anggora


5. Perhatikan bagian-bagiannya

Periksa setidaknya semua bagian tubuh kucing sebelum mulai memandikannya. Terkadang ada benjolan yang tidak umum atau tanda penyakit yang luput dari mata. Pertama periksa bagaimana merasakan semua bagian tubuh kucing.


6. Catat adanya cedera

Pasti akan sangat menyakitkan jika ada bekas luka atau luka baru yang masih belum sembuh saat Anda memandikannya. Jadi, Anda harus berhati-hati terlebih dahulu jika ada cedera dan mengelola terlebih dahulu jika ada.


7. Sikat dan bulu kucing samping

Disarankan untuk menyikat dan menyikat bulu kucing sebelum mandi. Terutama jika bulu kucing Anda panjang, potong dulu bulu kucing Anda. Rambut kucing panjang cenderung lebih mudah untuk menyapu berbagai kotoran di sekitar dan mudah kusut, jadi rapikan bulunya hingga tidak terlalu panjang.


8. Siapkan air mandi

Sebaiknya gunakan air hangat agar kucing tidak terlalu kaget. Bahkan jika Anda bisa menggunakan air dingin biasa, yang terbaik adalah menggunakan air hangat agar kucing Anda tidak terlalu dingin. Setelah kucing disikat, Anda dapat mulai memandikannya dengan sampo kucing atau sampo khusus jika kucing Anda memiliki masalah tertentu.


9. Catat keberadaan kutu dan jamur

Biasanya jamur menyerang area tubuh kucing, biasanya di sekitar ketiak, selangkangan, selangkangan, ekor, dagu dan telapak kaki. Sedangkan kutu umumnya menyerang dagu, ketiak, kepala bagian atas dan lipatan selangkangan. Tungau debu juga sangat sering menyerang ujung telinga bagian dalam dan telinga bagian luar.


10. Mandi secara merata

Setelah semua langkah awal selesai, Anda harus mulai memandikannya secara merata. Gunakan sampo yang disediakan tanpa meninggalkan bagian penting lainnya.

Baca Juga : Cara Memandikan Kucing


11. Keringkan tubuh kucing

Setelah selesai memandikan tubuh kucing, Anda hanya perlu mengeringkannya. Hanya bisa menggunakan handuk atau peralatan lainnya.


12. Penanganan khusus

Jika kucing Anda adalah kucing hiperaktif yang sulit dimandikan, gunakan kandangnya. Pertama-tama masukkan kucing di kandang, bilas perlahan. Bahkan jika kucing Anda adalah kucing besar, tentu saja, Anda membutuhkan bantuan orang lain, bukan?


13. Perhatikan area mata

Bersihkan area mata dari berbagai kotoran. Usap dengan lembut menggunakan kain yang sebelumnya basah dengan air hangat agar tidak khawatir menghilangkan kotoran. Lihat juga apakah ada perubahan warna mata atau cedera atau bengkak.


14. Potong kuku

Ada banyak cara untuk memotong kuku kucing, termasuk yang menggunakan gunting kuku. Gunakan cat kuku untuk memotong kuku kucing Anda. Memang, kuku kucing tidak harus selalu dipotong jika berada di alam liar, tetapi untuk kucing domestik yang jarang keluar tentu saja, kuku akan lebih panjang dan akan menempatkan Anda dalam bahaya sebagai pemilik, bukankah ini?

Baca Juga : Cara Memotong Kuku Kucing


15. Bersihkan gigi

Penting untuk membersihkan gigi Anda, tetapi Anda harus berhati-hati saat melakukan ini. Sebelum melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan alat seperti pasta gigi dan sikat gigi. Gunakan sikat gigi untuk bayi yang masih kecil. Pegang kepala kucing dengan kuat dan kunci di kedua rahangnya. Tapi jangan terlalu kasar, gosok gigi luar terlebih dahulu. Jika memungkinkan, gosok interior.


16. Bersihkan telinga

Bersihkan telinga kucing Anda menggunakan lotion khusus untuk kapas. Telinga yang terawat dan bersih akan mencegah kucing dari berbagai penyakit.

Baca Juga : Cara Membersihkan Telinga Kucing


17. Perhatikan area ekor

Area ekor dan pangkal ekor juga tidak luput dari perhatian. Cari bekas luka, benjolan atau kutu atau jamur.


18. Tawarkan hadiah

Untuk menjaga aktivitas perawatan sehalus mungkin, kaji setiap kali kucing Anda berhasil dirawat langkah demi langkah. Misalnya, memberinya makanan khusus atau bermain dengannya sepanjang hari.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “18 Cara Grooming Kucing Sendiri Dirumah yang Baik dan Benar

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: