√Penyakit Kulit Pada Kucing Anggora©

Diposting pada

Kulit merupakan bagian tubuh yang sangat menentukan keindahan penampilan dan juga merupakan bagian yang mempengaruhi kenyamanan kucing anggora, karena bulunya tumbuh dari sana dan dalam kehidupan sehari-hari berinteraksi langsung dengan kulitnya.

Penyakit-Kulit-Pada-Kucing-Anggora

Oleh karena itu, setiap pemilik kucing harus menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kucingnya agar terhindar dari risiko 13 penyakit kulit pada kucing Angora berikut ini,


1. Kurap

Ini adalah penyakit kulit yang merupakan infeksi jamur dan berkembang di kepala atau telinga. Ciri khasnya adalah bagian yang terkena akan mengalami lesi melingkar yang akan menyebabkan rambut rontok dan menjadi botak serta bersisik. Penyakit rongworm berbahaya karena bisa menular ke kucing lain, bahkan manusia.

Kurap mudah menyerang kucing anggora yang berada di lingkungan yang kotor, oleh karena itu minimal setiap 2 minggu sekali harus dilakukan pembersihan secara menyeluruh di dalam kandang agar kuman mati dan kuman penyebab infeksi kulit oleh kurap dan penyakit kulit lainnya tidak. terjadi. Bulu kucing angora harus selalu bersih dan kering.


2. Ketombe

Merupakan penyakit kulit pada kucing Angora yang terjadi karena masalah kesehatan pada kucing Angora tersebut, seperti malnutrisi yang menyebabkan kulit tidak sehat. Ketombe pada kucing angora juga bisa disebabkan oleh lingkungan dan kondisi tubuh yang kotor serta tidak cocok untuk menggunakan beberapa shampo.

Cara mengatasinya adalah dengan menyediakan sampo khusus yang mengandung agen antijamur khusus untuk kucing Angora, yang dapat menghilangkan ketombe dan membersihkan bulunya. Perawatan lainnya adalah dengan memberikan vitamin Omega3 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan bulu kucing anggora.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Tanda Tanda Demensia Kucing©

3. Jerawat

Tidak hanya manusia yang bisa berjerawat, namun kucing Angora ternyata bisa, jerawat bisa terjadi pada semua hewan jika kondisi kesehariannya kurang bersih, sehingga sel kulit mati menumpuk. Jerawat pada kucing angora akan terlihat seperti benjolan kecil dan terdapat juga nanah, pengobatan dapat dilakukan dengan memberikan salep antibiotik dan memaksimalkan kebersihan diri.


4. Granuloma eosinofilik

Merupakan penyakit kulit yang dapat terjadi pada kucing anggora akibat kelanjutan dari penyakit kulit sebelumnya, misalnya akibat penyakit kutu atau ketombe yang tidak kunjung sembuh hingga infeksi. terjadi dan memotong kulit. Kulit kucing Angora akan terlihat menipis dan berdarah. Pengobatan sebaiknya dilakukan di dokter hewan dan diberikan antibiotik dosis tinggi.


5. Dermatitis

Merupakan penyakit kulit pada kucing angora yang terjadi karena alergi, gejalanya kulit kemerahan dan kucing sering menggaruk-garuk kaki di area yang terkena. Alergi dapat terjadi akibat bahan kimia, makanan, polusi, atau gigitan kuku. Gaya hidup kucing Angora sehari-hari harus diperhatikan, baik dari segi makanan maupun lingkungannya.


6. Jamur kuping

Seperti namanya, penyakit kulit pada kucing anggora ini terjadi di daerah telinga kucing anggora dan sekitarnya serta disebabkan oleh infeksi jamur. Kucing angora sering menggaruk telinganya dan hal ini disebabkan kebersihan yang buruk. Perawatannya bisa dilakukan dengan minyak kelapa dan salep antibiotik.


7. Stud tall

Yakni penyakit kulit yang bisa terjadi pada kucing Angora akibat infeksi bakteri yang parah, karena juga berkaitan dengan kebersihan tubuh dan kebersihan lingkungan. Gejalanya berupa rambut rontok dan keropeng dan harus disembuhkan dengan keramas secara rutin menggunakan sampo antijamur khusus dan salep antibiotik dosis tinggi serta menggunakan obat oral dari dokter hewan.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Gejala Distemper Pada Kucing©

8. Bulu rontok

Karena kurang gizi dan stres, bisa juga karena penyakit seperti kutu dan ketombe yang parah. Jika tidak segera ditangani akan membuat kulit tampak botak sehingga mudah terserang penyakit kulit lainnya dan daya tahan tubuhnya berkurang, pengobatan akan mendapat manfaat dari perbaikan nutrisi dan akan memastikan kucing Angora jauh dari stres.


9. Infeksi bakteri

Yakni jika kulit kucing anggora menyebabkan penyakit pada akar bulu bagian dalam, maka akan berdampak buruk karena mempengaruhi kulit kucing anggora di dalamnya. Badannya akan terasa gatal dan perih. Pengobatan yang diberikan oleh dokter hewan biasanya adalah pengobatan oral dan pemberian minyak kelapa.


10. Scabies

Ditandai dengan kemerahan pada kulit, seringnya menggaruk area yang terkena dan rambut rontok yang terkena, menyebabkan luka. Perawatan akan dilakukan dengan salep antibiotik. Kebersihan lingkungan harus dijaga, karena scabies disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kotor dan polusi udara atau bahan kimia tertentu.


11. Kutu

Disebabkan oleh infeksi kucing liar atau karena lingkungan yang kotor. Kutu merupakan penyakit kulit yang menyakitkan pada kucing angora karena terkadang menggigit kulit kucing angora dan menimbulkan luka pada kulitnya. Cara penyembuhannya adalah dengan memberikan obat anti kutu atau sampo dan berikan baby oil setiap habis mandi sebagai pencegahan tambahan.


12. Selulitis

Merupakan penyakit kulit yang dapat menyerang kucing Angora yang terjadi karena adanya infeksi bakteri yang menyerang jaringan di bawah kulit hingga penyakit kulit menyebar ke pembuluh darah internal yang ditandai dengan kulit yang kemerahan dan nyeri, yang ditunjukkan dengan fakta bahwa Angora kucing marah saat disentuh, badannya panas. dan nafsu makan menurun drastis. Penyembuhan harus dilakukan di dokter hewan untuk dirawat dan diberikan secara intravena.

Baca Juga Artikel Lainnya :  √Efek Shampo Pada Kucing©

13. Impetigo

Ini adalah penyakit kulit pada kucing Angora yang terjadi karena infeksi bakteri, ditularkan dari anjing liar atau anjing yang tidak dijaga kebersihannya. Gejalanya terdapat lepuh kecil pada kulit kucing angora yang berisi nanah dan cairan yang bila pecah akan membentuk kerak kekuningan. Impetigo harus diobati dengan antibiotik khusus dari dokter hewan dan pemberian obat oral dosis tinggi. Kebersihan dan nutrisi juga harus terjamin.


Sekian Penjelasan Materi Pada Pagi Hari Mengenai “13 Penyakit Kulit Pada Kucing Anggora Harus Dipahami

Semoga Apa yang Disampaikan Bermanfaat Buat Para Pecinta Kucing …!!!


Share this: